Kuliah Umum di Unand, Wakapolri: Mahasiswa Mesti Kritis Tapi Jangan Anarkis

Kuliah Umum di Unand, Wakapolri: Mahasiswa Mesti Kritis Tapi Jangan Anarkis

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, saat memberi kuliah umum di Unand. (Foto: Polda Sumbar)

Langgam.id - Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengisi kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Jumat (14/2/2020). Kuliah umum itu bertemakan "Persatuan Bangsa untuk Indonesia Maju.

Ia menyebutkan, Indonesia ditakdirkan lahir dengan segala perbedaan. Berbeda budaya, bahasa, suku, etnis dan agama. Tapi para founding father menyingkirkan perbedaan itu dan bersatu untuk satu tujuan, Indonesia yang merdeka.

"Mahasiswa sebagai generasi penerus mesti memahami persatuan dan kesatuan yg telah dibangun founding father dengan segala perbedaan. Singkirkan perbedaan untuk Indonesia maju." ujar jenderal bintang tiga itu Jumat (14/2/2020).

Mahasiswa, katanya, merupakan penjaga nilai-nilai kebhinekaan dan kemerdekaan. Mahasiswa mesti pintar, tapi tetap dengan menjaga persatua  dan kesetuan.

"Tak hanya kuasai banyak ilmu, tapi juga jangan lupa jaga persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan hebat sendiri, tapi bangsa terbelah," katanya.

Pria kelahiran Solok itu juga mengajak seluruh mahasiswa untuk kritis terhadap persoalan yang terjadi. Namun, kritikan itu harus diiringi solusi. Tidak dengan anarkis.

Apalagi, menurutnya, peran mahasiswa di era teknologi ini makin berat. Mahasiswa harus unggul dalam setiap kompetisi.

"Perguruan tinggi juga harus bisa menciptakan sumber daya manusia yang hebat. Mahasiswa yang hebat disiapkan menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendatang," ujarnya. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Sebanyak 5.100 mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun ini. Lokasi KKN para mahasiswa ini
5.100 Mahasiswa Universitas Andalas Ikuti KKN ke Berbagai Daerah
Rektor Universitas Andalas (UNAND) Efa Yonnedi memastikan bahwa tidak ada kenaikan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tahun ajaran baru
Rektor UNAND Pastikan Tidak Ada Kenaikan UKT
Universitas Andalas (Unand) akan menerima mahasiswa baru untuk Program Doktor Ilmu Akuntansi (PDIA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Unand Buka Program Doktor Ilmu Akuntasi, Tahun Ini Terima Mahasiswa Baru
Mengembangkan UMKM Sagun Bakar: Inovasi Pengolahan Ubi Jalar oleh Fateta Unand dan KWT Lurah Saiyo
Mengembangkan UMKM Sagun Bakar: Inovasi Pengolahan Ubi Jalar oleh Fateta Unand dan KWT Lurah Saiyo
Langgam.id - Lembaga SURI menggelar pameran Pemanfaatan Iluminasi Naskah Kuno Menjadi Motif Kain Minangkabau di Unand.
53 Proposal PKM UNAND Lolos Pendanaan Kemendikbudristek
RS Unand Bertekad Menjadi Destinasi Wisata Medis di Asia Tenggara
RS Unand Bertekad Menjadi Destinasi Wisata Medis di Asia Tenggara