KPU Padang Panjang Luncurkan Tahapan Pilkada 2024

KPU Padang Panjang Luncurkan Tahapan Pilkada 2024

Foto: Kominfo Padang Panjang

Langgam.id - Suasana penuh semangat mewarnai Gedung M. Sjafei, Kota Padang Panjang, pada hari Senin (27/5/2024). Dalam acara yang dihadiri oleh Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Winarno, Forkopimda, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilkada) 2024.

Peluncuran tahapan Pilkada ini menandakan dimulainya proses demokrasi di Kota Padang Panjang untuk memilih pemimpin baru untuk periode selanjutnya. Momen penting ini diharapkan dapat menjadi titik awal terselenggaranya Pilkada yang damai, jujur, dan adil.

Plh. Wali Kota Padang Panjang Winarno, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pilkada 2024 merupakan agenda krusial bagi kelanjutan pemerintahan dan pembangunan di Kota Padang Panjang.

"Merupakan tanggung jawab dan kewajiban kita bersama untuk menyukseskan Pilkada ini dengan penuh rasa damai dan persatuan," ujar Winarno.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan bertanggung jawab. "Mari kita jaga kondusifitas dan hindari isu SARA serta berita bohong yang dapat memecah belah persatuan," tegasnya.

Ketua KPU Kota Padang Panjang, Puliandri, dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa KPU membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan Pilkada 2024.

"Dukungan dari Pemda, Forkopimda, perguruan tinggi, organisasi masyarakat, tokoh agama dan masyarakat, serta media massa sangatlah penting," jelas Puliandri.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu negatif dan selalu menjaga kerukunan.

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) KPU Sumbar, Medo Patria, menyampaikan harapannya agar partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 dapat meningkat dibandingkan dengan Pilkada 2018.

"Pada Pilkada 2018, angka partisipasi mencapai 71%. Diharapkan pada Pilkada 2024 ini, angka partisipasi dapat meningkat seperti pada Pemilu Presiden dan Legislatif 2019 yang mencapai 84%," harapnya.

Peluncuran tahapan Pilkada ini menjadi tonggak awal bagi terciptanya pesta demokrasi yang sehat dan berkualitas di Kota Padang Panjang. Mari kita bersama-sama dukung dan awasi jalannya Pilkada 2024 agar berjalan dengan lancar, jujur, dan adil. (*/Yh)

Baca Juga

KPU Kota Padang Buka Lowongan 2.854 Formasi Petugas Pantarlih, Berikut Jadwal Pendaftarannya
KPU Kota Padang Buka Lowongan 2.854 Formasi Petugas Pantarlih, Berikut Jadwal Pendaftarannya
Partai Gerindra Usung Vasko Ruseimy di Pilgub Sumbar
Partai Gerindra Usung Vasko Ruseimy di Pilgub Sumbar
PDIP Deklarasi Koalisi Bersama PPP, PKB dan Ummat di Pilkada Padang
PDIP Deklarasi Koalisi Bersama PPP, PKB dan Ummat di Pilkada Padang
KPU Padang Panjang memastikan tidak ada calon perseorangan atau independen yang akan maju pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)
Pilkada Padang Panjang 2024 Tanpa Calon Independen
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan bahwa tidak ada ada perubahan waktu terkait penyelenggaraan Pilkada
Pilkada Sumbar Dipastikan Nihil Calon Perseorangan