Kota Padang Raih Nominasi Penghargaan Internasional UCLG - Mexico City - Culture 21

Kota Padang lama 1870

Potret kawasan Muara Padang sekitar tahun 1870. [Woodbury & Page/KITLV]

Langgam.id – Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Yudi Indra Syani, mengumumkan bahwa Kota Padang berhasil masuk dalam nominasi 88 kota terpilih di Penghargaan United Cities and Local Governments (UCLG) - Mexico City - Culture 21.

Penghargaan bergengsi ini diberikan kepada kota dan individu yang menunjukkan komitmen luar biasa dalam mempromosikan hak-hak budaya untuk pembangunan berkelanjutan lokal.

Menurut Yudi, penghargaan ini diadakan setiap dua tahun oleh United Cities and Local Governments (UCLG), organisasi global yang mewakili dan membela kepentingan pemerintah lokal di seluruh dunia. "Penghargaan ini diraih berkat proyek inovatif 'Padang Old City: A Cultural Bridge to The World'," tutur Yudi, dicuplik dari InfoPublik Padang, Jumat (5/7/2024).

Proyek ini bertujuan untuk merevitalisasi kawasan Kota Tua Padang sebagai pusat budaya dan ekonomi kreatif.

"Kota Tua Padang memiliki potensi luar biasa untuk menjadi destinasi wisata unggulan. Dengan proyek ini, kami ingin melestarikan warisan budaya, meningkatkan ekonomi kreatif, dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kawasan," ujar Yudi, didampingi Kepala Bidang Destinasi, Diko Riva Utama.

Proyek Padang Old City tidak hanya fokus pada revitalisasi fisik tetapi juga pada pengembangan kapasitas masyarakat dan penerapan praktik wisata berkelanjutan.

"Kami ingin memastikan bahwa pengembangan kawasan Kota Tua Padang tidak hanya bermanfaat bagi wisatawan, tetapi juga bagi masyarakat lokal," jelasnya.

Keberhasilan Kota Padang masuk dalam nominasi Penghargaan UCLG - Mexico City - Culture 21 merupakan bukti nyata dari komitmen dan upaya keras Pemko Padang serta masyarakatnya dalam mengembangkan budaya dan membangun masa depan yang berkelanjutan. Yudi menilai, penghargaan ini bukan hanya tentang pengakuan, tetapi juga tentang menginspirasi dan berbagi praktik terbaik.

"Ini merupakan upaya kita menunjukkan kepada dunia bahwa budaya Indonesia, terutama Kota Padang, memiliki potensi luar biasa untuk mendorong perubahan positif," pungkasnya. (*/Yh)

Baca Juga

Ketua DPP PPP Bidang Politik dan Pemerintahan, Audy Joinaldy mengantarkan bakal calon legislatif (bacaleg) partainya ke KPU Sumbar
Jelang Pilkada 2024, Audy Joinaldy Mundur dari PPP
Dampak Covid-19 sumbar
OJK Cabut Izin BPR Lubuk Raya Mandiri, Nasabah Diminta Tenang
progres-mencapai-39-persen-pembangunan-gedung-dprd-padang-butuhkan-rp1174-miliar
BPK Temukan Kelebihan Pembayaran Pembangunan Gedung DPRD Padang Senilai Rp.1,7 Miliar
Partai Gerindra dan PKS akhirnya resmi mengusung pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Vasko Ruseimy pada Pilgub Sumbar 2024 nanti.
Pilgub Sumbar 2024: PKS Buka Peluang Partai Lain Gabung Koalisi Mahyeldi-Vasko
Hari Ini, Jalur Lembah Anai Resmi Dibuka dan Boleh Dilewati
Hari Ini, Jalur Lembah Anai Resmi Dibuka dan Boleh Dilewati
Tiga Jemaah Haji Debarkasi Padang yang Dirawat di Tanah Suci Telah Kembali
Tiga Jemaah Haji Debarkasi Padang yang Dirawat di Tanah Suci Telah Kembali