Koperasi SMR Pasang Target Salurkan DTB Rp2 Miliar Tahun Ini

Koperasi SMR Pasang Target Salurkan DTB Rp2 Miliar Tahun Ini

RAT Koperasi SMR. (Foto: Ist)

Langgam.id – Koperasi Saudagar Minang Raya (SMR) menargetkan bisa menyalurkan pinjaman bergulir atau Dana Titipan Bergulir (DTB) untuk membantu permodalan pelaku usaha mikro hingga Rp2 miliar tahun ini.

Ketua Koperasi SMR Joinerri Kahar menyebutkan dari dana usaha yang disisihkan, penyaluran DTB sudah mencapai Rp500 juta kepada 120 pelaku usaha mikro di Sumatra Barat.

“SMR ini adalah koperasi investasi di mana anggota menghimpun dana untuk membiayai bisnis bersama, tapi sebagian keuntungannya kemi sisihkan untuk membantu permodalan usaha mikro,” katanya, Sabtu (14/3/2020).

Menurutnya, pinjaman itu adalah pinjaman tanpa bunga yang diberikan kepada pelaku usaha mikro dengan nominal Rp1 juta hingga Rp5 juta per orang.

Pinjaman dana bergulir itu juga diprioritaskan bagi pelaku usaha mikro yang terbelit hutang ke rentenir dengan bunga tinggi.

“Kami beri pinjaman untuk melunasi hutangnya, pinjamannya tanpa bunga. Sehingga usaha mikro bisa berkembang dan tidak terlilit hutang ke rentenir lagi,” ujarnya.

Pria yang lebih dikenal dengan nama Joi Kahar ini mengatakan pinjaman dana bergulir yang diberikan itu murni tanpa bunga dan tanpa jasa. Program itu juga bagian dari upaya koperasi yang sebagian besar anggotanya perantau Minang itu untuk membantu pelaku usaha mikro di kampung halaman.

“Pinjaman ini murni tanpa bunga dan tanpa jasa, tetapi peminjam harus konsisten mengembalikan, karena tim kami melakukan pengawasan ketat di lapangan,” ujarnya.

Adapun, sejak berdiri tiga tahun lalu, total anggkota koperasi SMR sebanyak 470 orang yang tersebar di berbagai kota, terutama di Jakarta, Bandung dan Padang.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayinto mengapresiasi keberadaan Koperasi SMR dan upaya membantu pelaku usaha mikro lewat permodalan/

“Selama ini bunga dari rentenir bisa mencapai 50 persen, ini sangat memberatkan usaha mikro, mereka terpaksa. Jika Koperasi SMR membantu terus menerus untuk permodalan ini, tentu usaha mikro di Sumbar akan sehat,” kata Irwan.

Ia berharap program pinjaman bergulir itu bisa terus berkesinambungan, sehingga para pedagang kecil terhindar dari incaran rentenir dan lepas dari jeratan bunga tinggi.

Irwan mengajak para perantau Minang yang sudah sukses ikut membantu bersama-sama membangun kampung halaman. Salah satu yang penting adalah membantu permodalan usaha mikro yang selama ini kesulitan mendapatkan akses modal, sehingga masih bergantung kepada rentenir.

 

Baca Juga

Koperasi Saudagar Minang Pilar Kemajuan UMKM Sumbar di Dunia Internasional
Koperasi Saudagar Minang Pilar Kemajuan UMKM Sumbar di Dunia Internasional
Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar mengunjungi rumah kelahiran Wali Kota Padang ke-2 yang juga merupakan pahlawan nasional, Bagindo Aziz Chan yang berada di Alang Laweh, Padang.
Pj Wako Padang Kunjungi Rumah Kelahiran Bagindo Aziz Chan di Alang Laweh
Baliho Audy Joinaldy Bakal Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) mulai muncul di sejumlah titik jalanan di Kota Padang. Baliho itu memakai
Usai Mahyeldi dan Vasco Duet, Muncul Baliho Audy Balon Gubernur Sumbar
Presiden Joko Widodo melantik Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di Istana Kepresidenan
Dilantik Jadi Wamen Investasi, Yuliot Tanjung Merupakan Putra Asli Padang Panjang
Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 perpindahan ibu kota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Basung disemarakkan dengan adanya arak-arakan ratusan bundo kanduang sambil manjujuang
Semarakkan HUT ke-31 Ibu Kota Agam, Ratusan Jamba Diarak Menuju Rumah Dinas Bupati
UNAND Kembali Raih Penghargaan IKU 5 dari Kemendikbudristek
UNAND Kembali Raih Penghargaan IKU 5 dari Kemendikbudristek