Komunitas Senyum Anak Nusantara Tanamkan Nilai Pancasila di SDN 057 Air Dingin

Komunitas Senyum Anak Nusantara Tanamkan Nilai Pancasila di SDN 057 Air Dingin

Kegiatan Seribu Senyum Nusantara di SDN 057 Air Dingin. (Foto: Ist)

Langgam.id - Semarak Hari Lahir Pancasila diwarnai dengan keceriaan di SDN 057 Air Dingin. Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) Padang menyelenggarakan kegiatan "Seribu Senyum Nusantara" untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda.

Lebih dari sekadar peringatan, SSN tahun ini menjadi momen spesial bagi SDN 057 Air Dingin. Berbagai kegiatan kreatif dan edukatif mewarnai hari para siswa, mengantarkan mereka pada pemahaman dan penghayatan pancasila yang lebih mendalam.

Ketua Pelaksana SSN, Ahmad Mulyadi, mengungkapkan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap pendidikan dan penanaman nilai-nilai Pancasila.

"Kegiatan SSN tahun ini diadakan di SDN 057 Air Dingin sebagai implementasi dari nilai Pancasila, khususnya sila kedua dan kelima," jelas Aldi, dikutip Sabtu (15/6/2024).

Kegiatan ini tak hanya menjadi momen berbagi keceriaan, tetapi juga kesempatan untuk membantu. Komunitas SAN Padang memberikan donasi untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar di SDN 057 Air Dingin.

Mengusung tema "Langkah Kecil untuk Menciptakan Generasi Muda Berjiwa Besar", SSN mengajak para siswa untuk mengenal dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila melalui berbagai aktivitas menarik.

Semangat kebangsaan dan persatuan digelorakan dalam senam pagi bersama, dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh tokoh penggiat sosial. Mural berwarna-warni menjadi simbol dukungan dan semangat para siswa dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

Kepala Sekolah SDN 057 Air Dingin, Agusyadi, menyambut baik kegiatan SSN dan berharap dapat menjadi tradisi yang membawa dampak positif bagi sekolah dan masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan baru di SDN 057, semoga dapat terus berlanjut dan membangun lingkungan yang lebih baik lagi kedepannya," ujar Agusyadi.

Miko Kamal, tokoh penggiat sosial yang hadir dalam acara, mengapresiasi dedikasi para relawan SAN dan berharap kegiatan serupa dapat terus digalakkan.

"Saya terkesan dengan para relawan yang sudah meluangkan waktu mereka. Mudah-mudahan ke depan semakin banyak lagi generasi Z yang terlibat aktif dalam kegiatan sosial," ungkap Miko Kamal.

SSN: Bukti Nyata Semangat Pancasila

"Seribu Senyum Nusantara" di SDN 057 Air Dingin telah menjadi bukti nyata bagaimana peringatan Hari Lahir Pancasila dapat dirayakan dengan penuh makna dan semangat.

Kegiatan ini bukan hanya tentang keceriaan, tetapi juga tentang menanamkan benih-benih Pancasila pada generasi muda, menumbuhkan rasa cinta tanah air, dan memperkuat persatuan bangsa.

Semangat Pancasila yang diwariskan para pahlawan harus terus dikobarkan dalam diri generasi penerus. "Seribu Senyum Nusantara" menjadi pengingat bahwa masa depan bangsa terletak di tangan generasi muda yang berjiwa besar dan berkarakter Pancasila. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Diakomodir Disdikprov, Siswa yang Tak Tertampung Kini Bisa Bersekolah di SMA Negeri
Diakomodir Disdikprov, Siswa yang Tak Tertampung Kini Bisa Bersekolah di SMA Negeri
Dukung GLN, SD Islam Kreatif Makkah Raih Predikat Sekolah Aktif Literasi Nasional
Dukung GLN, SD Islam Kreatif Makkah Raih Predikat Sekolah Aktif Literasi Nasional
Muhammad Nasir
Antara Yang Sekarang dan Yang akan Datang (Catatan Diskusi Zelfeni Wimra dan Fajar R. Vesky)
M. FAJAR RILLAH VESKY
"Kerbau Punya Susu, Sapi Punya Nama"(Jawaban Mengapa Kabupaten Limapuluh Kota Tidak Memiliki Perguruan Tinggi?)
Lestarikan Bahasa Daerah, SMP 28 Korong Gadang Padang Peragakan 'Babako Babaki'
Lestarikan Bahasa Daerah, SMP 28 Korong Gadang Padang Peragakan 'Babako Babaki'
Aksi Kolaborasi Bangun Pondok Literasi Rosihan Anwar di Solok
Aksi Kolaborasi Bangun Pondok Literasi Rosihan Anwar di Solok