Komit Kembangkan Ekonomi Syariah, Sumbar Juara Umum Anugerah Adinata Syariah 2024

Komit Kembangkan Ekonomi Syariah, Sumbar Juara Umum Anugerah Adinata Syariah 2024

Gubernur Sumbar Mahyeldi terima penghargaan dari Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Adp Sumbar)

Langgam.id - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah nasional. Pada ajang Anugerah Adinata Syariah 2024 yang digelar di Menara Syariah, Pantai Indah Kapuk, Tangerang, Senin (20/5/2024), Sumbar berhasil menggaet 7 penghargaan bergengsi alias juara umum.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, selaku Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Anugerah Adinata Syariah 2024 merupakan bentuk apresiasi bagi pemerintah daerah yang menunjukkan komitmen kuat dalam mengembangkan potensi ekonomi syariah di wilayahnya.

Sumbar menunjukkan dominasinya dengan meraih Juara 1 di tiga kategori, yaitu Program Inovasi sektor Ekonomi Syariah, Industri Halal, dan Kelembagaan Daerah yang fokus pada pengembangan Ekonomi Syariah Tingkat Provinsi.

Prestasi gemilang ini tak berhenti di situ, Sumbar juga berhasil mengamankan Juara 2 di dua kategori, yakni Sektor Ekonomi Hijau dan Berkelanjutan serta Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (HAS). Di kategori lainnya, Sumbar meraih Juara 3 Keuangan Mikro Syariah dan Juara 4 Program Inkubasi Usaha Syariah.

“Pencapaian ini merupakan buah dari komitmen bersama seluruh elemen masyarakat Sumbar. Kami terus berupaya membina lembaga keuangan syariah hingga ke tingkat kelurahan/nagari/desa, mendorong UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal, menggelar berbagai acara dan festival produk halal, serta memanfaatkan potensi perantau dan diaspora Minang yang tersebar di seluruh dunia,” ujar Gubernur Sumbar, Mahyeldi, dikutip Selasa (21/5/2024).

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yang juga Ketua KNEKS, menyampaikan bahwa Anugerah Adinata Syariah merupakan hasil sinergi dan kerja sama semua pihak dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah di daerah masing-masing. Hal ini sekaligus menjadi bagian dari upaya memperkuat Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia.

“Penyelenggaraan Anugerah Adinata Syariah ini penting untuk memberikan apresiasi kepada semua pihak, terutama pemerintah daerah. Saat ini, masih ada 8 provinsi di Indonesia yang belum memiliki Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS). Diharapkan ke depan, seluruh provinsi dapat memiliki KDEKS, sehingga potensi besar ekonomi dan keuangan syariah dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat,” tutur Wapres Ma’ruf.

Pencapaian membanggakan ini menjadi bukti nyata komitmen dan kerja keras pemerintah daerah dan masyarakat Sumbar dalam mengembangkan ekonomi syariah. Diharapkan prestasi ini dapat terus menginspirasi daerah lain untuk turut berkontribusi dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah global. (*/Fs)

Baca Juga

Pilgub Sumbar 2024: Mahyeldi Teratas di 4 Lembaga Survei, Epyardi Melejit
Pilgub Sumbar 2024: Mahyeldi Teratas di 4 Lembaga Survei, Epyardi Melejit
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, akan segera menetapkan Tim Verifikasi Tanah terkait Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik
Kepuasan Masyarakat Capai 82,4 Persen di Survei Katadata, Begini Respons Mahyeldi
Sumbar Terpilih Sebagai Nominasi TPID Berkinerja Terbaik Kawasan Sumatera
Sumbar Terpilih Sebagai Nominasi TPID Berkinerja Terbaik Kawasan Sumatera
Dikunjungi Dubes Australia, Mahyeldi Harapkan Peningkatan Kerjasama Pariwisata
Dikunjungi Dubes Australia, Mahyeldi Harapkan Peningkatan Kerjasama Pariwisata
Pemprov Sumbar mengundang perwakilan dari lima kementerian untuk rapat bersama guna membahas sejumlah permasalahan Mentawai
PSU DPD RI di Sumbar, Mahyeldi: Pemprov Siap Sukseskan Pelaksanaan
Survei Katadata: Mahyeldi Unggul di Pilgub Sumbar 2024
Survei Katadata: Mahyeldi Unggul di Pilgub Sumbar 2024