Koalisi dengan PKS, Ketua PKB Sumbar: Dibantu Irwan Prayitno

pkb pilgub sumbar | Faldo-Febby Poros Baru | Soal Koalisi PKB-PKS

Ketua DPW PKB Sumbar, Febby Dt. Bangso (Foto: Zulfikar/Langgam.id)

Langgam.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus melakukan komunikasi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menjajaki koalisi menghadapi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar).

Ketua DPW PKB Sumbar, Febby Dt. Bangso mengatakan pihaknya telah bersilaturahmi ke Kantor DPW PKS Sumbar, Selasa (10/3/2020). Pertemuan itu, untuk membicarakan kemungkinan koalisi di Pilgub maupun di kabupaten/kota.

"Kita juga telah menyampaikan apa saja yang telah dilakukan PKB untuk menjalin koalisi dan melakukan komunikasi dengan Pak Riza Falepi dan Pak Irwan Prayitno," ujarnya kepada Langgam.id, Rabu (11/3/2020).

Febby mengaku, pihaknya juga akan menunggu keputusan resmi dari DPP PKS, apakah menunjuk pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy atau Riza Falepi- Febby dt Bangso. Ia akan menerima apapun keputusan DPP PKS nantinya.

Dari DPP PKB, katanya, sudah menyetujui pencalonan Riza Falepi-Febby Dt Bangso. Sekarang tinggal menunggu keputusan PKS. DPW PKS Sumbar menurutnya akan mendukung penuh jika nanti DPP PKS memutuskan menunjuk pasangan Riza Falepi-Febby Dt Bangso.

"InsyaAllah jika DPP PKS memutuskan Riza Falepi, DPW PKS Sumbar akan bekerja 100 persen untuk memenangkannya, itu komitmen PKS saat pertemuan itu," ucapnya.

Terkait juga adanya PPP yang berusaha menjalin koalisi dengan PKS, dia berpandangan itu adalah hal biasa dalam dinamika politik. Namun, PKB memiliki pandangan sendiri dengan meyakini bisa berkoalisi dengan PKS.

"Kita tidak memikirkan antara PPP dengan PKS, yang kita pikirkan itu bagaimana PKB dan PKS," ungkapnya.

Menurutnya, proses komunikasi antara DPP PKS dengan DPP PKB juga dibantu oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Sehingga PKB meyakini bahwa Riza Falepi nantinya yang akan ditunjuk DPP PKS.

"Pak IP itu terdepan melakukan komunikasi politik kepada elit PKB maupun elit PKS, Pak IP ini kan juga tokoh sentral di PKS," jelasnya.

Baca Juga: Ditanya Soal Cagub Dari PKS, Irwan Prayitno: Jangan Bahas Politik

Febby menilai, Irwan Prayitno akan berbuat maksimal untuk membuat keputusan politik untuk daerah Sumbar. Irwan juga tokoh senior di PKS, karena sudah berkarir sejak PKS didirikan.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ketika ditanya soal calon gubernur dari PKS, ia tidak mau menjelaskan.

"Gak usah, jangan bahas politik," ujarnya di Padang, Selasa (10/3/2020).

Sebelumnya, juga sudah ditanyakan soal pencalonan gubernur dari PKS, namun ia juga tidak mau menjelaskan. Alasannya karena dia memegang jabatan gubernur, sehingga tidak tepat bicara soal politik. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka acara tabligh akbar peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan doa bersama jelang Pemilu
Pilgub Sumbar 2024: PKS Beberkan Sosok Pendamping Mahyeldi
Cawagub Pendamping Mahyeldi: PKS Jajaki Audy, Fadly Amran, Hingga Sutan Riska
Cawagub Pendamping Mahyeldi: PKS Jajaki Audy, Fadly Amran, Hingga Sutan Riska
PKS Usung Reido Deskumar Maju di Pilkada Agam
PKS Usung Reido Deskumar Maju di Pilkada Agam
Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan sampai orasi dalam rangka apel siaga kader PKS se-Sumatra Barat
Hadiri Apel Siaga Kader PKS se-Sumbar, Anies Panaskan Mesin Partai
Wakil Ketua DPW PKB Sumbar Firdaus menargetkan partainya optimistis meraih suara penuh dan bertekad meraih kemenangan di Pemilu 2024
PKB Targetkan Jadi Pimpinan DPRD Sumbar di 2024
Langgam.id - DPW PKS Sumatra Barat (Sumbar) menolak secara tegas keputusan pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).
Tolak Pemerintah Naikkan Harga BBM, PKS Sumbar Pasang Baliho hingga Turun ke Jalan