Klub Sepak Bola Payakumbuh Wakili Sumbar ke Piala Soeratin Tingkat Nasional

Dua klub sepak bola Payakumbuh sukses memborong prestasi gemilang dengan meraih juara 1 pada Piala Soeratin tingkat Provinsi Sumatra Barat.

Penyambutan klub Minang Sejagat di Kantor Wali Kota Payakumbuh.

Langgam.id - Dua klub sepak bola dari Kota Payakumbuh sukses memborong prestasi gemilang dengan meraih juara 1 pada Piala Soeratin tingkat Provinsi Sumatra Barat.

Klub Minang Sejagat U-13 dan Minang Sejagat U-15 dari Kota Randang itu berhak untuk mewakili Sumbar ke tingkat Nasional.

Pada pertandingan final di bulan Desember 2022 lalu, U-13 Minang Sejagat sukses menumbangkan PSP Padang. Sementara U-15 Minang Sejagad sukses menundukkan PS Pasaman Barat.

Penyambutan Klub Minang Sejagat sekaligus penyerahan Piala Best Player dan Piala Top Scorer U-15 Soeratin Zona Sumbar yang diboyong oleh Rendi, Piala Best Player U-13 Soeratin Zona Sumbar yang diraih oleh Ahmad Ridho, serta Piala Liga Sentra Indonesia dilaksanakan di Kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat (13/1/2023).

Hadir dalam acara tersebut Penjabat Wali Kota Rida Ananda, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Nofriwandi dan jajaran, Pembina sekaligus Ketua Kontingen H. Wan, Pelatih Minang Sejagad U-15 Zulka Hendra dan Pelatih Minang Sejagad U-13 Kasril Kamil, para pemain, dan orang tua pemain.

Dalam paparannya, Kepala Disparpora Nofriwandi menyampaikan Kejuaraan Piala Soeratin mempertandingkan tiga cabang, yakni U-13, U-15, dan U-17.

Kota Payakumbuh terangnya, sukses mendapatkan juara 1 untuk dua cabang melalui klub Minang Sejagat. Sementara itu juara U-17 diraih oleh Klub PSP dari Kota Padang.

"Artinya prestasi sepak bola kita lebih baik, luar biasa kali ini, Kota Payakumbuh sukses menjadi kiblat sepak bola tingkat Sumbar. Bahkan di Liga Sentra Indonesia anak-anak SSB kita meraih juara," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Official Kasril Kamil mengatakan keberhasilan ini tak lepas dari dukungan pelatih, official, ternasuk orang tua sehingga terciptalah tim yang solid. Persiapan tim ini sudah dilaksanakan 1 tahun lalu, dimulai dari selesainya Kejuaraan Soeratin tahun 2021 kemarin.

"Kami melalui perjalanan yang cukup panjang, ahkan sudah mengikuti Liga Sentra Indonesia, dengan Klub Minang Sejagad masuk ke final untuk kategori U-15 dan U-13. Bahkan Minang Sejagat U-13 juga menjuarai Panca Prima Cup Zona Riau dan Sumatra Barat," ujarnya.

Ia menambahkan, bagi Klub Minang Sejagad U-13, ini sudah yang kedua kalinya juara bertahan sejak tahun lalu. Sementara untuk Minang Sejagad U-15 baru kali ini melaju ke tingkat Nasional.

Kasril mengatakan, melirik perjalanan sepak bola Sumbar, khususnya dalam Soeratin, PSP Padang merupakan kiblatnya karena diisi oleh pemain diklat, semuanya sudah terbantahkan, pembinaan itu sudah beralih kiblatnya ke Kota Payakumbuh.

"PSP Padang yang berisi pemain berbakat di Sumbar bisa dikalahkan. Maka harapan kami kepada Pemda, kami butuh motivasi, bagaimana memasuki zona nasional, hingga bisa menjadi yang terbaik," terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Rida Ananda menyampaikan apresiasi atas semangat Klub Minang Sejagat, mereka menjadi tim yang tak terkalahkan selama babak penyisihan sampai puncaknya di final pada kejuaraan Soeratin tingkat Sumbar.

"Kota Payakumbuh menjadi kiblat sepak bola Sumatra Barat, lapangan sepakbolanya saja sudah berkelas internasional. Lapangan Kapten Tantawi yang berada di kawasan Batang Agam ini diperuntukkan untuk pemain sepakbola untuk bertanding," beber Rida.

Rida juga menyebut prestasi ini merupakan buah dari semangat pemain serta tim dalam dan luar lapangan yang kuat, semua bergerak dalam satu kekuatan.

"Selamat kepada Klub Minang Sejagat dan terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang berperan aktif memberikan kontribusi demi kemajuan pesepakbolaan di Kota Payakumbuh, sehingga mengangkat nama Kota Payakumbuh di tingkat nasional," ucapnya.

"Kepada pemain, fokuslah dalam latihan dan teruslah berbuat banyak untuk Kota Payakumbuh. Insyaallah kami akan beri dukungan dengan bonus dan ikut menyaksikan pertandingan nanti," ujarnya.

Tag:

Baca Juga

FGD Kuatkan Penilaian Indeks Keterbukaan Informasi Publik 2024
FGD Kuatkan Penilaian Indeks Keterbukaan Informasi Publik 2024
Mengapa Maek Menjadi Penting Untuk Kita Bicarakan
Mengapa Maek Menjadi Penting Untuk Kita Bicarakan
Antisipasi Kasus Hukum, Pj Sekda Padang Ingatkan OPD Pengampu Proyek Konsultasi ke Kejari
Antisipasi Kasus Hukum, Pj Sekda Padang Ingatkan OPD Pengampu Proyek Konsultasi ke Kejari
Penerapan Bus Listrik, Pemko Padang Jajaki Kerjasama dengan GIZ dan Shenzen Bus Group
Penerapan Bus Listrik, Pemko Padang Jajaki Kerjasama dengan GIZ dan Shenzen Bus Group
Satpol PP Padang mengamankan enam pelajar SMK yang sedang asyik bermain biliar di Kecamatan Padang Barat dengan mengunakan pakaian sekolah
6 Pelajar Diamankan Satpol PP Padang saat Asyik Main Biliar
Usai Muncul Baliho Bacagub, Audy Joinaldy dan Sutan Riska Makan Siang Bareng
Usai Muncul Baliho Bacagub, Audy Joinaldy dan Sutan Riska Makan Siang Bareng