Ketua Forikan Padang: Konsumsi Ikan Membuat Anak Sehat dan Cerdas

Ketua Forikan Padang: Konsumsi Ikan Membuat Anak Sehat dan Cerdas

Ketua Forikan Padang Genny Hendri Septa menghadiri lomba pengolahan kuliner ikan. (Foto: Prokopim Padang)

Langgam.id - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perikanan dan Pangan, kembali menggelar Lomba Masak Serba Ikan tingkat Kota Padang di tahun ini.

Lomba yang dilangsungkan di Gelanggang Pantai Puruih, Kamis (2/5/2024) ini, diikuti perwakilan dari 11 Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kecamatan se-Kota Padang.

Masing-masing peserta pun saling berlomba memasak berbagai jenis makanan berbahan baku ikan dengan 3 (tiga) kategori lomba diantaranya menu kudapan, keluarga dan balita.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Alfiadi mewakili Wali Kota Padang mengatakan, lomba masak serba ikan ini dilakukan untuk mengkampanyekan gemar memakan ikan kepada masyarakat, terutama generasi muda.

"Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang mengandung protein tinggi dan asam lemak serta omega 3. Mengkonsumsi ikan merupakan jawaban yang tepat untuk penyediaan gizi yang sehat, halal dan baik untuk keluarga. Selain meningkatkan kecerdasan sekaligus mencegah terjadinya stunting pada anak," ujarnya sembari membuka kegiatan.

Senada dengan itu, Ketua Forikan Kota Padang Genny Hendri Septa menyampaikan apresiasi kepada setiap peserta lomba yang saling unjuk kebolehan menyajikan beragam menu makanan berbahan baku ikan.

"Lomba ini sangat bagus, karena dapat menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan kuliner sebagai sumber pendapatan keluarga," imbuh Genny.

Ia mengatakan konsumsi ikan sangat baik bagi anak-anak, karena akan membuat anak-anak menjadi lebih sehat dan cerdas.

Istri Wali Kota Padang itu juga mengungkapkan rasa syukur mengingat terjadinya peningkatan konsumsi makan ikan bagi warga Kota Padang.

"Berdasarkan hasil survey ekonomi nasional (Susenas) yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), angka konsumsi ikan warga Kota Padang pada skala rumah tangga di tahun 2023 berada pada angka 45,58 kg/kapita/tahun."

"Alhamdulillah, angka ini meningkat dibandingkan tahun 2022 yang berada di angka 43,25 kg. Ini semua tidak terlepas dari upaya yang kita lakukan bersama sejauh ini," tukas Ketua Forikan Kota Padang didampingi Wakil Ketua II Ny. Vanny Andree Algamar.

Di dalam Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Padang Tahun 2024 ini, Ketua Forikan Kota Padang Genny Hendri Septa juga melakukan pengukuhan bagi sejumlah Ketua Forikan Kecamatan di Kota Padang. (*/Fs)

Baca Juga

Lomba Masak Serba Ikan: Padang Selatan Tampilkan 3 Olahan Ikan Tuna
Lomba Masak Serba Ikan: Padang Selatan Tampilkan 3 Olahan Ikan Tuna
Sebanyak 34 desa wisata Sumbar masuk dalam 500 besar ADWI 2024 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
34 Desa Wisata di Sumbar Masuk 500 Besar ADWI 2024, Apa Saja?
Pameran Foto Kadir van Lohuizen 'Rising Tide' di Erasmus Huis Soroti Krisis Iklim
Pameran Foto Kadir van Lohuizen 'Rising Tide' di Erasmus Huis Soroti Krisis Iklim
Satpol PP Padang menertibkan sebuah warung makan di Jalan Bypass Km 7, Kecamatan Pauh, pada Selasa (21/5/2024). Penertiban itu dilakukan
Bangunan Menutupi Halte Trans Padang, Sebuah Warung Makan di Bypass Ditertibkan
Presiden Joko Widodo (Jokowi)) memerintahkan Kementerian PUPR untuk menambah jumlah sabo dam di Sumatra Barat (Sumbar). Hal itu dilakukan untuk mencegah bencana banjir bandang
Butuh 56 Sabo Dam Atasi Banjir Lahar Dingin di Sumbar, Jokowi: Sekarang Baru Ada Dua
Jokowi mengatakan, bahwa akibat bencana banjir bandang yang melanda Sumbar beberap waktu lalu, menyebabkan 625 rumah warga mengalami
159 Rumah Rusak Berat Akibat Banjir di Sumbar, Jokowi: Ada 100-an Sudah Setuju untuk Relokasi