Ketua DPD RI Minta Pemerintah Jaga Pertumbuhan Pedagang Eceran

Langgam.id-DPD

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. [foto: DPD RI]

Langgam.id - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengharapkan pemerintah menjaga pertumbuhan perdagangan eceran. Menurutnya, hal tersebut turut berpengaruh terhadap kinerja ekonomi nasional.

"Tingkat konsumsi masyarakat terhadap barang dan jasa menjadi faktor penggerak yang signifikan dalam memberikan pertumbuhan yang positif terhadap perekonomian. Momentum itu harus dijaga dengan baik," ujar LaNyalla dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/12/2021).

Upaya yang harus dilakukan terangnya, melalui stabilisasi harga dan peningkatan pelayanan juga jasa. Hal ini untuk menekan potensi pelambatan dalam pertumbuhan ekonomi.

"Kinerja penjualan eceran perlu terus didorong lebih massif melalui momentum libur Natal dan Tahun Baru. Terutama konsumsi pokok dan domestik kebutuhan rumah tangga," bebernya.

Baca juga: Menhub Instruksikan Pengetatan Prokes di Sektor Penerbangan Jelang Libur Nataru

LaNyalla mengungkapkan, meski berupaya menggenjot penjualan eceran memanfaatkan momen Nataru, namun pemerintah tetap harus waspada terjadinya potensi penyebaran wabah.

"Varian baru covid-19, yaitu Omicron, masih menjadi ancaman. Bukan cuma ancaman terhadap kesehatan tapi juga bagi pemulihan ekonomi pada kuartal empat tahun 2021 ini," tuturnya.

Baca Juga

Puluhan lapak pedagang di Pasar Raya Padang ditertibkan oleh tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perdagangan dan TNI, Polri,
Langgar Aturan, Puluhan Lapak Pedagang di Pasar Raya Padang Ditertibkan Petugas
Personel Satpol PP Padang menertibkan lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di atas badan jalan yang berada di Kecamatan Pauh,
Jualan di Fasum, 6 Lapak PKL Diangkut dan 1 Bangli Dibongkar Satpol PP Padang
Pohon Enau, Peluang Ekonomi Baru di Sumatera Barat
Pohon Enau, Peluang Ekonomi Baru di Sumatera Barat
Memperingati Hari Bumi, WALHI dan Ford Foundation Dorong Ekonomi Nusantara untuk Pulihkan Indonesia
Memperingati Hari Bumi, WALHI dan Ford Foundation Dorong Ekonomi Nusantara untuk Pulihkan Indonesia
Cerint Iralloza Tasya
Hasil Pileg DPD RI Sumbar, 2 Petahana Kembali ke Senayan
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023