Ketua APPSI Keluhkan Kecilnya Gaji Gubernur ke Wapres

Ketua APPSI Keluhkan Kecilnya Gaji Gubernur ke Wapres

Ketua APPSI, Longki Djanggola (kanan), Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (tengah) dan Irwan Prayitno, Gubernur Sumbar (kiri) dalam acara Rapat Kerja Nasional APPSI di Padang (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Longki Djanggola keluhkan kecilnya gaji gubernur ke Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, Jusuf Kalla, Kamis (21/02/2019).

Longki menyebutkan, gaji gubernur tidak imbang dengan gaji anggota dewan. “Jujur saja, di daerah saya, dengan APBD-nya tidak terlalu besar. Tapi, gaji anggota DPRD sampai Rp70 juta, ada biaya transportasi, perumahan dan lainnya. Terus, kami sebagai gubernur kapan bisa dapat seperti itu,” ujar Gubernur Sulawesi Tengah itu.

Keluhan tersebut, disampaikan langsung di hadapan Wakil Presiden dan gubernur atau perwakilan seluruh Indonesia dalam acara rapat Kerja Nasional APPSI di Hotel Grand Inna Muara, Padang.

Longki menilai, kecilnya gaji kepala daerah juga menjadi salah satu penyebab adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Selain itu, Longki juga mengeluhkan pelaporan biaya operasional yang harus disertai kwitansi-kwitansi pengeluaran. “Biaya operasional tersebut, jadinya bukan hanya untuk kami, tapi untuk orang lain juga,” jelasnya.

Keluhan itu, kata Longki agar pemerintah pusat tahu bagaiamana sebenarnya kondisi gubernur. “Ini kami suarakan agar pemerintah pusat tahu gaji kami sangat kecil,” ungkap Longki.

Menanggapi hal itu, Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla menyebutkan bahwa menjadi gubernur itu merupakan sebuah kehormatan dan pengabdian kepada masyarakat, dan itu merupakan langkah yang berani, meskipun dengan gaji kecil.

Karena persoalan gaji, kata Jusuf Kalla bukanlah tujuan utama menjadi gubernur. “Walaupun gaji kecil, tetap saja banyak yang berjuang mati-matian untuk menjadi gubernur,” ujarnya.

Jika menjadi gubernur tujuannya gaji, lebih baik kerja swasta saja, kata Jusuf Kalla.

Dikatakan Jusuf Kalla, tidak hanya gubernur bergaji kecil. Tapi, presiden dan wakil, gajinya juga kecil dibandingkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. “Presiden dan wakilnya dengan kewenangan yang lebih besar, gajinya mungkin hanya setengah gaji anggota dewan,” ungkapnya.

Jusuf Kalla berharap agar semua gubernur menjalankan tugas dengan baik demi kemajuan bangsa san negara.

“Gubernur harus memajukan bangsa dengan adil dan meningkatkan harapan dari seluruh masyarakat. Itu adalah tanggungjawab semua gubernur,” kata Jusuf Kalla. (Rahmadi/FZ)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla mengenang bagaimana terbentuknya Persatuan Sumando Seluruh Indonesia (PSSI).
Jusuf Kalla Cerita Awal Terbentuknya Persatuan Sumando Seluruh Indonesia
Langgam.id - Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla turut hadir dalam sidang paripurna istimewa hari ulang tahun Sumatra Barat (Sumbar).
Jusuf Kalla di Momen Hari Jadi Sumbar ke-77: Orang Minang Selalu Pakai Otak, Bukan Otot
Berita Bukittinggi - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Wapres Ma'ruf Amin, meluncurkan Gernas BBI di Bukittinggi.
Luncurkan Gernas BBI di Bukittinggi, Ma'ruf Amin: UMKM Jangan Sampai Stunting, Kerdil Terus
Dulu Diresmikan Bung Hatta, Masjid di Bukittinggi Ini Kini Diresmikan Jusuf Kalla
Dulu Diresmikan Bung Hatta, Masjid di Bukittinggi Ini Kini Diresmikan Jusuf Kalla
Berita Bukittinggi - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini:  Jusuf Kalla resmikan pemakaian Masjid Tablighiyah Garageh, Kota Bukittinggi.
Jusuf Kalla Resmikan Pemakaian Masjid Tablighiyah Garageh Bukittinggi
Berita Bukittinggi - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Jusuf Kalla bakal resmikan pemakaian Masjid Tablighiyah Garegeh besok.
Dulu Diresmikan Bung Hatta, Kini Jusuf Kalla Bakal Resmikan Pemakaian Masjid Tablighiyah Garegeh