Ketahui Skincare yang Aman untuk Kulit Berjerawat

Ketahui Skincare yang Aman untuk Kulit Berjerawat

Skincare untuk kulit berjerawat. (Foto: pixabay)

Langgam.id - Skincare pada umumnya membantu kulit terhindari dari berbagai masalah kulit seperti kulit kering, berminyak, komedo, berjerawat, breakout, noda hitam, dan lain sebagainya. Meski masalah-masalah tersebut bisa ditutupi oleh make-up, tapi ini hanya bisa bertahan sebentar. Meski tidak instan seperti make-up, pemakaian skincare yang rutin dan dilakukan dengan benar, bisa membantu mengatasi berbagai sumber masalah-masalah di kulit.

Dilansir dari halodoc.com Kamis (16/11/2023) Mengobati jerawat memang bukanlah proses yang instan. Di luar sana, banyak dijual skincare untuk kulit berjerawat. Namun, sebaiknya jangan asal pilih, karena justru jerawat bisa saja makin meradang. Kita harus tahu bahwa skincare yang tidak berlabel Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selanjutnya, pilih kandungan yang aman dan tidak melukai kulit, serta sesuaikan dengan jenis kulit yang kamu miliki. Bahan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Aman
Skincare untuk kulit berjerawat bekerja dengan cara yang berbeda, tergantung pada kandungannya. Beberapa bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Nah, dengan banyaknya pilihan produk skincare di pasaran, penting untuk kamu ketahui kandungan yang aman untuk kulitmu. Ada beberapa rekomendasi kandungan skincare untuk kulit berjerawat:

Pertama Salicylic acid adalah kandungan yang umum dalam banyak produk skincare untuk mengatasi kulit berjerawat atau berminyak. Bahan ini mengobati jerawat dengan cara membuka pori-pori yang tersumbat akibat sebum. Selain mengatasi jerawat, salicylic acid juga berfungsi sebagai exfoliant, yaitu produk untuk mengikis sel kulit mati. Menggunakannya dapat membantu mengatasi bruntusan, komedo, dan hiperpigmentasi.

Selanjutnya Sulfur atau belerang sudah mampu mengatasi berbagai jenis masalah kulit termasuk jerawat. Dengan sifatnya yang antijamur dan antibakteri, sulfur dapat mengurangi bakteri penyebab jerawat seperti bakteri propionibacterium. Kandungan itu juga cocok untuk mengatasi komedo dan mengangkat sel kulit mati. Produk bekerja dengan cara mengurangi produksi minyak dalam wajah. Bahan ini cocok untuk pemilik kulit sensitif dan berjerawat.

Ketiga Azelaic acid
skincare untuk kulit berjerawat selanjutnya adalah azelaic acid. Bahan ini masih relatif jarang dalam produk skincare lokal. Padahal, azelaic acid tidak kalah efektif untuk mengatasi jerawat, lho. Di dalamnya terkandung sifat antimikroba dan antiinflamasi. Cara kerjanya dengan cara membersihkan pori-pori dari bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Bahan ini juga dapat mengeksfoliasi kulit secara lembut. Selain itu, kandungan ini juga mampu mencerahkan wajah, sehingga dapat membantu dalam memudarkan bekas jerawat. Pastikan untuk menggunakan sunscreen setelahnya, ya. Sebab bahan ini membuat kulit lebih sensitif.

Lanjut AHA dan BHA dalam skincare untuk kulit berjerawat
Alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA) memiliki komposisi berbeda, tapi berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit. AHA berfungsi untuk menangani masalah kulit seperti bekas jerawat, hiperpigmentasi, pori-pori besar, garis halus, dan warna kulit yang tidak rata. Kandungan AHA relatif lebih lembut di kulit. Sementara itu, BHA mampu mengatasi jerawat dan mengobati kerusakan kulit akibat sinar matahari. Cara kerjanya dengan cara masuk jauh ke dalam folikel rambut dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Selajutnya Tea tree oil, adalah minyak esensial yang cukup populer untuk mengobati jerawat. Di dalamnya bersifat antiinflamasi dan antimikroba, sehingga mampu menenangkan kemerahan, bengkak, dan peradangan. Untuk mengurangi jerawat ringan, kamu bisa menggunakan gel dengan kandungan tea tree oil sebanyak 5 persen. Selain jerawat, bahan ini juga dapat mencegah dan mengurangi bekas jerawat.

Selain tea tree oil Ekstrak lidah buaya juga bisa untuk kulit berjerawat selanjutnya adalah yang mengandung ekstrak lidah buaya. Bahan alami ini bersifat antiinflamasi dan antimikroba, yang membantu meredakan jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit berjerawat.

Terakhir Benzoyl peroxide, kandungan skincare untuk kulit berjerawat. Bahan ini efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Namun, penggunaan benzoyl peroxide perlu diawasi dengan hati-hati, karena dapat menyebabkan iritasi pada beberapa orang. Selain jerawat, komedo jadi salah satu masalah kulit yang umum dialami pria maupun wanita.

Nah,, itulah beberapa skincare yang dapat membantu kulit yang berjerawat, tunggu apalagi teman-teman bisa dilakukan dirumah. (Dwi/Fs)

Tag:

Baca Juga

Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Jabatan Gusti Chandra sebagai Direktur Kredit dan Syariah merangkap tugas Pjs Direktur Utama (Dirut) dan seluruh Direksi Bank Nagari,
Bank Nagari Klaim Selama Libur Lebaran Layanan Perbankan Berjalan Baik dan Lancar
Amazing Grace Production dan Yayasan Rumah Film Indonesia (YARFI) bekerja sama dengan BNN RI sedang mempromosikan film baru
Film Start Up Never Give Up Segera Tayang di Bioskop, Ricky Yanuarfi: Mantan Pecandu Berpeluang Sukses
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan