Kemensos Bantu Rp1,1 Miliar untuk Warga Terdampak Gempa di Siberut Barat Mentawai

Langgam.id - Kemensos RI menyalurkan bantuan senilai Rp1,1 miliar untuk warga terdampak gempa di Siberut Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Ilustrasi - Warga Siberut mengungsi usai gempa bermagnitudo 6,1 mengguncang Kabupaten Kepualauan Mentawai, Sumbar. [Foto: Dok. BPBD Mentawai]

Langgam.id - Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyalurkan bantuan senilai Rp1,1 miliar untuk warga terdampak gempa di Siberut Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar).

Bantuan senilai Rp1,1 miliar itu berupa makanan siap saji, makanan anak, lauk pauk, sandang dewasa, tenda keluarga dan kasur.

Perwakilan Kemensos RI, Roberto Domintianus Koibor mengatakan, saat ini bantuan tersebut sudah sampai di Teluk Bayur, Kota Padang, menunggu kapal untuk membawa ke Mentawai.

"Saat ini, bantuan sudah sampai di Teluk Bayur. Tinggal menunggu pengiriman ke Mentawai. Mudah-mudahan bantuan bisa meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat yang berada di Siberut Barat,” ujar Roberto saat menyerahkan bantuan secara simbolis ke Pemkab Mentawai di Ruang Rapat Kantor Bupati Kepulauan Mentawai, Jumat (2/9/2022).

Sementara itu, Asisten Pemerintah dan Kesra Mentawai, Nurdin yang menerima bantuan itu mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah pusat melalui Kementrian Sosial yang telah peduli terhadap korban gempa di Mentawai.

Menurut Nurdin, Pemkab Mentawai akan menjamin dan siap membantu menyalurkan bantuan tersebut hingga sampai ke masyarakat.

"Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Presiden melalui Kementrian Sosial yang telah membantu korban bencana gempa di Mentawai. Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat dan mengurangi beban yang dihadapi oleh masyarakat," ujarnya.

Lalu, Kepala Dinas Sosial dan P3A Kepulauan Mentawai, Rosmaida mengatakan, bantuan lumbung sosial selama ini dari Kemensos yang ada di delapan kecamatan sangat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat. Terutama, dalam kondisi cuaca yang tidak menentu yang menyebabkan terlambatnya distribusi bantuan.

Baca juga: Bantuan untuk Warga Terdampak Gempa di Siberut Barat Mentawai Terlambat, Ini Penyebabnya

"Untuk saat ini, bantuan lumbung sosial dari Kemensos sudah bisa di manfaatkan untuk masyarakat di kecamatan yang terdampak gempa di Siberut Barat. Nah, dengan adanya bantuan lanjutan ini, tentunya akan bisa memberikan semangat baru bagi masyarakat terdampak gempa di Siberut Barat,” katanya.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

FK-IJK Sumbar Salurkan Bantuan Senilai Rp243 Juta Lebih untuk Korban Banjir di Pessel
FK-IJK Sumbar Salurkan Bantuan Senilai Rp243 Juta Lebih untuk Korban Banjir di Pessel
Sebanyak 53 kali gempa bumi terjadi di Sumbar selama November 2023. Frekuensi gempa bumi terbesar terjadi pada 12 November sebanyak 6 kali.
Gempa M5,2 Guncang Kepulauan Mentawai
Sebanyak 39 kali gempa terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya selama periode 22-28 Maret 2024. Selama periode ini
Gempa M5,8 Guncang Mentawai, Tak Berpotensi Tsunami
Mensos Risma Sempatkan Kunjungi Batu Malin Kundang, Baru Tahu Lokasinya di Padang
Mensos Risma Sempatkan Kunjungi Batu Malin Kundang, Baru Tahu Lokasinya di Padang
Ahli Geologi Sumatra Barat (Sumbar), Ade Edward meminta masyarakat untuk selalu memantau perkembangan dari gempa terkait dengan evakuasi
Evakuasi Jika Terjadi Gempa, Ade: Cari Shelter Terdekat dan Daerah Ketinggian di Atas 6 Meter
Gempa dengan magnitudo 4,6 mengguncang Air Haji, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (22/4/2024) sekitar pukul 13.05 WIB.
Kata Ahli Geologi Soal Gempa M 6,9 Mentawai: Sudah Diperkirakan Terjadi Sebelumnya