Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Alur pelayanan dan kejelasan informasi di Kemenkumham Sumbar dinilai sangat baik.
Langgam.id - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI memuji inovasi pelayanan publik yang ada di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatra Barat (Sumbar).
Pujian itu dolontarkan usai kunjungan dan tinjauan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB RI, Diah Natalisa, Rabu (19/1/2022). Penyediaan sarana-prasarana pelayanan publik disebut telah berjalan dengan baik.
"Kami mengapresiasi sistem pelayanan publik yang sudah dilakukan oleh Kemenkumham Sumbar," ujar Diah.
Menurut Diah, alur pelayanan dan kejelasan informasi di Kemenkumham Sumbar sangat baik. Dalam hal penyediaan sarana dan prasarana pelayanan publik tidak perlu menonjolkan kemewahan.
"Yang terpenting apik, ditata dengan baik, bersih, serta membantu pihak yang dilayani. Terpenting adalah jelas kapan akan dilayani, dimana akan dilayani, dan mengedepankan akuntabilitas. Hal itu sudah berjalan di sini," ungkapnya.
Selain itu, menurut Diah, sistem pengelolaan pengaduan masyarakat juga sudah diterapkan dengan baik. Termasuk aplikasi lapor yang dikelola oleh Kemenpan-RB.
"Kita minta Kanwil Kemenkumham Sumbar terus berinovasi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Terutama pelayanan yang berbasis digital," imbaunya.
Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya mengatakan, perubahan-perubahan akan terus dilakukan, guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Pihaknya mensyukuri bahwa pada Desember 2021 berhasil menyabet predikat zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kemenpan-RB. Namun, ia menggarisbawahi predikat tersebut bukanlah misi utama.
Baca juga: Kemenkumham Sumbar Fokus Kesejahteraan Perempuan dan Anak Soal HAM di 2022
"Misi utama kita meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat sesuai arahan Menteri Hukum dan HAM," katanya.
—