Kemendes PDTT Buka Lowongan Duta Digital, Ada 7 Kuota untuk Sumbar

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Dari 200 kuota Dita Digital yang disediakan, ada tujuh untuk Sumbar, Padang Pariaman dan Pessel.

Ilustrasi. (Foto: jmexclusives/pixabay.com)

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Dari 223 kuota Duta Digital yang disediakan, ada tujuh untuk Sumbar, yaitu di Padang Pariaman dan Pessel.

Langgam.id - Kementerian Desa, Pembabangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) membuka lowongan untuk Duta Digital, ada tujuh kuota untuk Sumatra Barat (Sumbar).

Dikutip dari laman kemendesa.go.id, Duta Digital merupakan personel yang berkedudukan di kabupaten dan bertugas mendampingi pelaksaan program Desa Cerdas.

Disebutkan, masing-masing Duta Digital akan mengampu 4-6 dessa di lokasi program Desa Cerdas.

"Duta Digital bertugas melakukan koordinasi, sosialisasi dan advokasi serta melakukan pendampingan penyusunan rencana kerja dan implementasi pelaksanaan Pembangunan Desa Cerdas bersama Kader Digital di lokasi Program Desa Cerdas," tertulis dalam laman tersebut.

Duta Digital, juga melakukan pendampingan dalam prioritas kegiatan peningkatan literasi digital dan program pemberdayaan digital melalui ruang komunitas digital desa.

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Dari 200 kuota Dita Digital yang disediakan, ada tujuh untuk Sumbar, Padang Pariaman dan Pessel.

Pengumuman Rekrutmen Duta Digital. (Foto: IG Kemendes PDTT)

"Termasuk menjalin kemitraan dan inovasi desa sesuai dengan kebutuhan lokal desa," jelasnya.

Dijelaskan juga, bahwa Duta Digital berkedudukan di kabupaten dan bertugas mendampingi pelaksanaan program Desa Cerdas.

Lalu, disebutkan juga, untuk tahun 2022, Kemendes PDTT kan merekrut sebanyak 223 orang, dengan jumlah desa dampingan mencapai 1.115.

Dari 223 kuota yang disediakan itu, ada tujuh kuota untuk Sumbar, yaitu empat orang untuk Kabupaten Padang Pariaman dan tiga orang untuk Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Baca juga: Upaya Keluar dari 3T, Kemendes PDTT Akan Bantu Program Wisata untuk Mentawai

Ini kualifikasi Duta Digital untuk program Desa Cerdas dari Kemendes PDTT:

  • Latar belakang Pendidikan minimum D3, keilmuan Manajemen, Ekonomi, Sosial, Administrasi, Ilmu Komunikasi, Studi Pembangunan, dan Teknik Komputer dan Informatika (yang diutamakan adalah Studi Pembangunan dan Sosial).
  • Pengalaman minimum 2 tahun di bidang pemberdayaan masyarakat dan diutamakan pernah membidangi pemberdayaan teknologi berbasis digital.
  • Diutamakan yang memiliki pengalaman sebagai pelatih/memberikan bimbingan teknis terkait digital literacy.
  • Diutamakan pernah bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga Pemerintahan dan Non Pemerintahan (LSM, swasta/CSR, start-up dan mitra pembangunan lainnya).
  • Memiliki kemampuan berorganisasi, kewirausahaan dan kemampuan dalam memecahkan masalah.
  • Bersedia mengikuti pelatihan sebagai Duta Digital.
  • Dapat mengoperasikan Microsoft Office meliputi meliputi: Word, excel dan power point, dll.
  • Mempunyai ketertarikan yang tinggi terhadap pemanfaatan teknologi dan pemberdayaan masyarakat berbasis digital.
  • Diutamakan pernah terlibat dalam program digital seperti pengembangan desa digital, pembuatan applikasi, pembuatan konten digital seperti foto, video atau tulisan karya pribadi dengan topik pemberdayaan masyarakat atau infomasi tentang desa.
  • Berdomisili di lokasi kabupaten

Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Semen Padang FC akan menghadapi PSPS Riau di laga kedua Liga 2 2022/2023 pada Senin. Laga tandang perdana Semen Padang FC pada musim
Manajemen Semen Padang FC Kantongi 3 Calon Pelatih, Ada dari Sumbar
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Sumbar
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Harga cabai di Pasar Raya Padang mengalami kenaikan jelang Ramadan. 
Siapkan Kebijakan Strategis, Gubernur Yakin Harga Pangan Sumbar Terkendali Saat Ramadan
Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024