Kejuaraan Inkanas di Padang, Persiapan Menuju Olimpiade Tokyo 2020

karate

Ilustrasi karate. (pixabay,com)

Langgam.id- Pengurus Besar Institut Karate Do Nasional (PB Inkanas), mengadakan Kejuaraan Nasional Inkanas, memperebutkan Piala Kapolri ke VIII 2019 di Gedung Olahraga Universitas Negeri Padang (UNP), Padang, Sabtu (9/3/2019) dan Minggu, (10/3/2019).

Kejuaraan kali ini diikuti oleh 1199 atlet berasal dari 34 Pengurus Daerah (Pengda) Inkanas provinsi seluruh Indonesia. Kejuaraan dibuka oleh Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri, Irjen Pol Umar Septono, mewakili Kapolri.

Dalam amanat Kapolri yang disampaikan Umar, dikatakan bahwa kejuaraan Nasional Inkanas merupakan sarana memgembangkan prestasi agar bisa menuju kejuaraan yang lebih tinggi.

Dalam kejuaraan ini diharapkan terlahir atlet-atlet karate pilihan yang berkualitas. Kejuaraan juga sarana bagi atlet karate mempersiapkan diri menuju Olimpiade 2020 di Tokyo Jepang.

"Untuk menuju olimpiade ini merupakan pekerjaan rumah yang berat, karena akan membawa nama baik bangsa Indonesia," kata Umar membacakan amanat Kapolri.

Kapolri juga meminta setiap pengurus daerah mampu menciptakan atlet karate berkualitas. Dengan begitu diharapkan muncul dari Kejuaraan Inkanas atlet yang bisa ikut ditingkat lebih tinggi seperti tingkat Asia Tenggara, atau Asia dan olimpiade 2020.

"Selamat bertanding, kejarlah prestasi untuk Inkanas emas. Secara resmi kejuaraan Inkanas ini saya nyatakan dibuka," ucap Umar disambut tepuk tangan peserta dan penonton.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Inkanas, Jendral (purn) Polisi Badrodin Haiti, dalam sambutannya mengatakan Kejuaraan Nasional merupakan agenda rutin dua tahunan PB Inkanas.

Acara bertujuan untuk menjaring atlet yang berkualitas sehingga bisa diikutkan pada kejuaraan yang lebih tinggi baik nasional maupun internasional. Dari hasil kejuaraan dapat menjadi bahan evaluasi menghadapi kejuaraan selanjutnya.

"Ke depan kita masih menghadapi kejuaraan lainnya seperti, piala kasat, kejuaraan Piala Kemendagri, dan kejuaraan lainnya sehingga diharapkan dari atlet inkanas ini bisa ikut juga nanti, kami siap mempromosikan atlet yang berkualitas pada kejuaraan ini nantinya," ujar mantan kapolri tersebut..

Selain untuk atlet, kejuaraan juga ajang bagi wasit mengupdate kemampuannya terutama dengan adanya regulasi-regulasi yang baru.

"Saya titip pesan pada wasit dan pada juri, agar bekerja secara profesional dan fair untuk menilai atlet kita yang benar- benar berkualitas. Semoga bisa bersaing secara positif dan fair seperti aturan yang ada, semoga penyelenggaraan acara bisa berjalan dengan lancar dan aman sampai selesai," ujarnya.

Ketua Pengda Inkanas Sumatra Barat Irwan Prayitno yang juga gubernur Sumbar, mengatakan, ajang kejuaraan diharapkan melahirkan tunas muda yang bisa jadi atlet berprestasi hingga tingkat internasional. Ia juga mengingatkan agar semua atlet menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding.

"Kita harus terus menerus latihan, karena atlet yang hebat tidak diciptakan secara instan. Jagalah semangat berprestasi walau belum tentu menjadi juara," katanya. (Rahmadi/HM)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Kontingen Inkanas Sumbar A Juara Umum Kejurprov Karate-Do Piala Andre Rosiade
Kontingen Inkanas Sumbar A Juara Umum Kejurprov Karate-Do Piala Andre Rosiade
atlet sumbar kejurnas
31 Atlet Karate Sumbar Ikuti Kejurnas di Bandung
Langgam.id-Andre Rosiade
Raih 2 Perak di PON, Andre Rosiade Sambut Rombongan Karateka Sumbar
Langgam.id-karate Andre Rosiade
Raih Perak di PON, Andre Rosiade Siapkan Bonus Bagi 2 Karateka Sumbar
8 Atlet Karate Sumbar Optimis Raih Emas di PON Papua, Bonus Menanti
8 Atlet Karate Sumbar Optimis Raih Emas di PON Papua, Bonus Menanti
Baru Seumur Jagung, Atlet Dojo Bintang Kopa Payakumbuh Ukir Banyak Prestasi
Baru Seumur Jagung, Atlet Dojo Bintang Kopa Payakumbuh Ukir Banyak Prestasi