Kebakaran Pasar Lubuk Alung, 150 Kios Berubah Jadi Puing

Kebakaran Pasar Lubuk Alung, 150 Kios Berubah Jadi Puing

Puing-puing Pasar Lubuk Alung. (Foto: Irwanda)

Langgam.id - Kebakaran melanda Pasar Lubuk Alung di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Tercatat sebanyak 150 kios hangus terbakar dalam peristiwa yang terjadi pada Kamis (11/7/209) malam sekitar pukul 21.00 WIB itu.

Ratusan kios itu terdiri dari berbagai pedagang yang berjualan di Pasar Lubuk Alung. Mereka dari pedagang pakaian, kuliner, kasur, hingga salon.

Dari pantauan langgam.id di lokasi kejadian, tampak para pedagang yang menjadi korban hanya bisa pasrah melihat dagangannya habis menjadi arang. Para pedagang juga mengais sisa puing kebakaran yang mungkin saja bisa digunakan.

Padahal, garis polisi tampak terbentang mengelilingi area lokasi kebakaran. Sekali-kali polisi mengimbau pedagang agar tidak memasuki area kebakaran. Hal ini guna sterilisasi kawasan yang terbakar.

Ketua dan Penanggungjawab Pasar Lubuk Alung, Jhonserli Datuk Marajo mengatakan, dari 150 kios yang terbakar, tak seberapa barang dagangan milik pedagang yang berhasil diselamatkan.

Sebab, kata dia, beberapa kios milik pedagang saat kejadian sedang tutup. Para pedagang tahu setelah api sudah berkobar besar. Sehingga tak dapat lagi menyelamatkan barang-barang di dalam kios.

"Kalau dari beberapa yang melihat, api muncul di kios salon yang berada di tengah itu. Memang kios salon ini sedang tutup. Nah setelah api hidup di sana (kios salon) baru api semakin membesar," kata Jhonserli kepada langgam.id

Jhonserli tidak bisa merinci berapa luas area yang menjadi lokasi kebakaran. Begitupun untuk total kerugian. Sebab hingga kini, pihak kepolisian masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Di pasar ini ada yang tugas ronda mulai satpam pasar dua orang dan juga ditambah pedagang suka rela juga ikut ronda. Saat kebakaran memang api dilihat oleh seseorang pedagang," katanya. (Irwanda/HM)

Baca Juga

Gudang Kain di Bukittingi Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar
Libur Lebaran di Agam, 3 Peristiwa Kebakaran 1 Orang Meninggal Dunia
Satu unit rumah dan dua warung hangus terbakar di kawasan Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (15/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB
Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan 2 Warung di Agam
Si Jago Merah Hanguskan 5 Toko di Pasar Ombilin Pinggiran Danau Singkarak
Si Jago Merah Hanguskan 5 Toko di Pasar Ombilin Pinggiran Danau Singkarak
Kebakaran di Pasar Kuliner, Pemko Padang Panjang Siapkan Pengungsian Bagi Korban
Kebakaran di Pasar Kuliner, Pemko Padang Panjang Siapkan Pengungsian Bagi Korban
Kebakaran menghanguskan empat petak kedai di Jalan Adinegoro Tangah Jua, Kelurahan Aur Kuning, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh,
Kebakaran Hanguskan 4 Petak Kedai di Bukittinggi, Kerugian Rp500 Juta
Sebuah rumah di Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumbar, terbakar pada Kamis (21/9/2023)
Kebakaran Landa Rumah Warga di Payakumbuh, Satu Orang Meninggal Dunia