Kapolda: Setiap Hari Rata-rata 2 Orang Meninggal Dunia Akibat Lakalantas di Sumbar

Kapolda: Setiap Hari Rata-rata 2 Orang Meninggal Dunia Akibat Lakalantas di Sumbar

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal (tengah) dalam acara Milenial Road Safety Festival di Padang (Foto: Humas Polda Sumbar)

Langgam.id - Kepala Kepolisian Derah (Kapolda) Sumatra Barat, Irjen Pol Fakhrizal sebut angka Kecelakan Lalu Lintas (Lakalantas) di Sumbar terus meningkat, rata-rata mencapai delapan kasus setiap harinya, 1-2 orang diantaranya meninggal dunia.

Polda Sumbar mencatat, kasus lakalantas didominasi usia 16-35 tahun. "Usia ini sekarang disebut generasi milenial. Karena itu, harus ada perhatian besar sebagai upaya meningkatkan kesadaran dalam berlalu lintas," ujarnya dalam kegiatan Milenial Road Safety Festival 2019 di area Car Free Day, Khatib Sulaiman, Minggu (10/03/2019).

Menurut Fakhrizal, menekan angka kecelakan lalu lintas merupakan komitmen Polri sebagai pelindung, pengayom, pelayanan masyarakat dan penegak hukum.

"Program keselamatan juga merupakan program pemerintah jangka menenengah nasional tahun 2015-2019," ungkap Fakhrizal.

Adanya Perkumpulan Gerakan Kebangsaan serta Lima Pilar sebagaimana yang ada dalam intruksi presiden nomor 4 tahun 2003, dikatakan Fakhrizal, Polda Sumbar mendukung hal itu.

"Kita dukung kegiatan ini sebagai upaya menekan angka lakalantas di Sumbar, yang digelar dalam kegiatan Milenial Road Safety Ferstival 2019," ungkapnya.

Fakhrizal menilai, adanya kegiatan Milenial Road Safety Festival, akan membangun budaya tertib berlalu lintas, khusunya di kalangan milenial.

"Semoga kedepannya angka lakalantas berkurang. Kita juga berharap ini dapat menjadi ikon kepekaan, kepedulian dan bela rasa demi keselamatan dan meningkatnya kualitas hidup manusia," jelasnya. (*/FZ)

Baca Juga

Polda Sumbar melaksanakan upacara serah terima jabatan (sertijab) beberapa Pejabat Utama (PJU) dan Kapolres di jajaran Kepolisian Daerah
Kapolda Sumbar Pimpin Sertijab 4 Pejabat Utama dan 6 Kapolres
Polda Sumbar menggelar (rakor lintas sektoral dalam rangka persiapan Operasi Lilin Singgalang 2023. Rencananya, Operasi Lilin Singgalang ini
Kapolda Sumbar Sebut 5 Potensi Kerawanan Hadapi Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024
Kecelakaan maut terjadi di Jalan Sumbar-Riau tepatnya Lubuk Bangku, Jorong Air Putih, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Limapuluh Kota
3 Orang Meninggal, Begini Kronologi Kecelakaan Maut di Limapuluh Kota
Kecelakaan maut terjadi di Jorong Batang Gadih, Nagari Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar pada Senin (9/10/2023)
Kecelakaan Maut di Batipuh Tanah Datar, 1 Pengendara Motor Meninggal
Rem Truk dari Solok ke Padang Blong di Indarung, Satu Orang Meninggal
Rem Truk dari Solok ke Padang Blong di Indarung, Satu Orang Meninggal
Patgulipat Koperasi Sawit di Air Bangis
Patgulipat Koperasi Sawit di Air Bangis