Kapolda: Operasi Ketupat Singgalang Dimulai 29 Mei 2019

Kapolda: Operasi Ketupat Singgalang Dimulai 29 Mei 2019

Suasana rakor pengamanan lebaran. (Foto: Humas Polda/tribratanews.sumbar.polri.go.id)

Langgam.id - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat menggelar operasi kepolisian dengan sandi 'Ketupat Singgalang 2019' mulai 29 Mei mendatang. Operasi untuk pengamanan lebaran tersebut akan berlangsung selama 13 hari sampai dengan 10 Juni 2019.

"Kita ingin memberi rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat dalam merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah," kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal. Ia menyampaikan itu dalam rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral pengamanan lebaran Idul Fitri 1440 H (2019) di Mapolda Sumbar, Rabu, (15/5/2019).

Hadir dalam rapat itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar, Danlantamal II Padang, Danlanud Sutan Syahrir, Kasiops Korem 032/WBR Wakapolda Sumbar, pejabat utama Polda Sumbar, para Kapolres sejajaran dan instansi terkait lainnya.

Kapolda mengatakan, pada perayaan Idul Fitri, mobilitas masyarakat akan meningkat dan kebutuhan masyarakat terus bertambah.

“Hal ini memerlukan persiapan pemerintah dan kita semua untuk mengantisipasi. Sehingga dapat dicegah dan diminimalisir setiap kemungkinan timbulnya permasalahan dalam masyarakat”, katanya, sebagaimana dirilis tribratanews di situs resmi Polri.

Hal lain yang perlu juga mendapat perhatian, menurut Kapolda, adalah terkait rekapitulasi perhitungan suara tingkat nasional yang juga dapat berpengaruh pada situasi Kamtibmas.

“Di samping itu melihat perkembangan maka kita tentu juga harus mewaspadai ancaman dan gangguan Kamtibmas lainnya yang akan muncul seperti adanya ancaman teror, makar maupun adanya gangguan akibat bencana alam”, ujar Irjen Pol Fakhrizal.

Kapolda menuturkan, bagi kepolisian operasi pengamanan lebaran, merupakan agenda tahunan yang masuk dalam kalender Kamtibmas.

Karena itu, pada rakor tersebut Kapolda meminta saran dan masukan dari seluruh peserta. "Kita berharap pelaksanaan Idul Fitri 1440 H di wilayah Sumatera Barat dapat berjalan lancar. Masyarakat juga dapat dengan tenang melaksanakan aktivitas. Dan, semoga dijauhkan dari permasalahan dan persoalan yang dapat merugikan kita semua”, ujarnya.

Kepada wartawan, di sela rakor, Kapolda mengatakan pihaknya sudah sudah menyiapkan rencana pengamanan. Polda juga akan mendirikan 62 pos pengamanan dan 34 pos pelayanan.

"Dua pertiga (personel) kita libatkan dalam pengamanan ini. Tadi juga setiap instansi terkait sudah menyampaikan peta kerawanan masing-masing dan bagaimana antisipasinya," ujarnya.

Menurut Kapolda, kerawanan yang biasa terjadi dan perlu diantisipasi adalah kecelakaan lalu lintas, kemacetan, lalulintas, kemudian kriminalitas, gangguan kamtibmas dan bencana alam."

"Itu yang perlu kita antisipasi. Untuk daerah kita, sampai saat ini dan menjelang lebaran situasi masih sangat kondusif. Mudah-mudahan menjelang selesainya Hari Raya Idul Fitri ini situasi tetap kondusif seperti sekarang," katanya.

Irjen Fakhrizal menyebut, sampai saat ini tidak ada penanganan khusus dan masih sama seperti tahun sebelumnya. Hal tersebut karena kondisi keamanan di Sumbar masih sangat kondusif. "Untuk perlakuan khusus tidak ada, karena untuk keamanan sangat kondusif. Tapi kita tidak boleh juga underestimate, walaupun daerah kita ini aman kita tetap waspada," tuturnya. (*/Rahmadi/HM)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah turut menanggapi soal pencabutan izin lembaga kemanusian Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).
Perputaran Uang Selama Lebaran di Sumbar Diperkirakan Capai Rp2 Triliun
Ratusan sembako dari anggota DPR RI yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade dibagikan kepada warga.
Ratusan Paket Sembako dari Arndre Rosiade Dibagikan di Kabupaten Solok
Forkopimda Padang Pastikan Kesiapan Pengamanan Selama Lebaran
Forkopimda Padang Pastikan Kesiapan Pengamanan Selama Lebaran
Berita terbaru dan terkini hari ini: Zakat Fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim menjelang Idul Fitri.
Perlu Dicatat, Ini Orang-orang yang Berhak Terima Zakat Fitrah
Langgam.id - Pemko Payakumbuh kembali memfasilitasi pelaksanaan Salat Idul Fitri berjamaah di halaman Balai Kota Payakumbuh.
Pemko Payakumbuh Kembali Fasilitasi Pelaksanaan Salat Idul Fitri Berjamaah
Apel Siaga Idul Fitri, Dirut PLN Pastikan Keandalan Pasokan Listrik
Apel Siaga Idul Fitri, Dirut PLN Pastikan Keandalan Pasokan Listrik