Kabupaten Dharmasraya Raih Penghargaan Nirwasita Tantra

kabupaten-dharmasraya-raih-penghargaan-nirwasita-tantra

Penghargaan Nirwasita Tantra.

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan untuk kategori pemerintah daerah kabupaten kecil itu, diserahkan di Auditorium Dr. Ir. Soejowo, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Wakil Menteri LHK, Alue Dohong atas Nama Presiden Joko Widodo kepada Bupati Sutan Riska Tunku Kerajaan yang diwakili Asisten II Yefrinaldi, didampingi Plt Kapala Dinas Lingkungan Hidup Silaturrahim.

Sutan Riska yang juga Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu mengatakan, penghargaan itu bukan pertama kalinya diraih Kabupaten Dharmasraya.

Bupati mengucap syukur atas penghargaan yang kembali diraih. Bupati juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada perangkat daerah, masyarakat dan seluruh pihak terkait lainnya yang sudah ikut mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Dharmasraya.

"Alhamdulillah, semoga prestasi ini tetap dapat kita pertahankan. Bukan sebagai target untuk mengejar prestise, tapi wujud kepedulian dan komitmen untuk tetap menjaga dan memperbaiki kualitas lingkungan demi kelangsungan hidup dan memberi manfaat untuk generasi di masa datang," tandas bupati.

Pelaksana Tugas (Plt)Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dharmasraya Silaturahim, menambahkan Nirwasita Tantra merupakan penghargaan untuk kepala daerah bersama legislatif yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di setiap daerahnya.

Penghargaan Nirwasita Tantra dimulai sejak Tahun 2016 sampai sekarang. Pada tahun 2021 provinsi kabupaten kota yang memberikan usulan total sebanyak 1.127 dokumen, masing2 untuk provinsi 145, kabupaten 691, dan kota sebanyak 301.
Proses penghargaan telah melewati beberapa tahapan mulai dari mengirimkan dokumen, penapisan tahap awal, penapisan tahap dua, dan tahap akhir pengiriman video untuk penetapan pemenang.

Penghargaan ini dipisahkan dalam beberapa kategori, tingkat provinsi, tingkat kabupaten besar, sedang, kecil, dan tingkat kota besar, dan sedang kecil. Kabupaten Dharmasraya meraih kategori pemerintah daerah untuk kabupaten kecil.

Ditambahkannya tiga kabupaten yang menerima penghargaan yang sama, yaitu Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bangka Tengah, dan Kabupaten Siak.

Dapatkan update berita Dharmasraya - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

kuliah-umum-ini-strategi-pelestarian-budaya-menurut-bupati-dharmasraya
Kuliah Umum, Ini Strategi Pelestarian Budaya Menurut Bupati Dharmasraya
Bupati Dharmasraya Imbau Warga Giatkan Donor Darah di Nagari
Bupati Dharmasraya Imbau Warga Giatkan Donor Darah di Nagari
Mutasi Bergulir, Sutan Riska Lantik Dua Pejabat Tinggi Pratama
Mutasi Bergulir, Sutan Riska Lantik Dua Pejabat Tinggi Pratama
Pemda Dharmasraya Gelar Tabligh Akbar Menyambut Tahun Baru Islam
Pemda Dharmasraya Gelar Tablig Akbar Menyambut Tahun Baru Islam
Pemkab Dharmasraya akan menjalin kerja sama dengan Kantor Imigrasi Padang untuk membuka UKK Imigrasi Kabupaten Dharmasraya pada 2022.
UKK Imigrasi Bakal Dibuka di Dharmasraya, Sutan Riska: Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah
Kabupaten Dharmasraya telah melakukan pencarian dana desa tahap kedua mencapai 100 persen pada Juni lalu. Dana tersebut sudah ditransfer
Dharmasraya Kabupaten Pertama Cairkan Dana Desa Tahap II 100 Persen