Jenazah Afif, Siswa MAN 1 Pasaman Berhasil Dievakuasi

Langgam.id - Jenazah siswa MAN 1 Pasaman, Afif (17) yang tenggelam di kawasan Air Terjun Murai Bayang Aia berhasil dievakuasi.

Lokasi hilangnya Afif, siswa MAN 1 Pasaman yang hanyut di kawasan Air Terjun Murai Bayang Aia, Pasaman. [Foto: Dok. Marinir TNI Angkatan Laut]

Langgam.id - Jenazah siswa MAN 1 Pasaman, Afif (17) yang tenggelam di kawasan Air Terjun Murai Bayang Aia, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat (Sumbar) berhasil dievakuasi tim gabungan bersama masyarakat sekitar, Selasa (22/11/2022) sekitar pukul 08.15 WIB.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Basarnas Padang, Octavianto mengatakan, jenazah Afif berhasil dievakuasi setelah 10 hari proses pencarian dan evakuasi.

"Diinfrmasikan pada pukul 08.15 WIB hari ini, Selasa (22/11/2022) atau hari ke-10 pencarian, jenazah korban (Afif) berhasil dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia," ujar Octa.

Menurut Octa, setelah jenazah Afif dievakuasi, langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasaman untuk visum. "Setelah visum, jenazah korban langsung diserahkan ke keluarga," ungkapnya.

Dikatakan Octa, janazah Afif diduga terjepit material kayu dan juga bebatuan di Air Terjun Murai Batang Aia. "Dengan telah ditemukannya korban, operasi resmi dinyatakan ditutup," jelasnya.

Evakuasi jenazah Afif, lanjut Octa, dilakukan dengan pengalihan aliran air untuk mengurangi curah air terjun di lokasi penemuan korban.

Lalu, juga dilakukan pembersihan material kayu untuk membuka akses agar korban dapat dievakuasi dari tumpukan material kayu tersebut.

Diketahui, Afif tenggelam dan dinyatakan hilang di kawasan air terjun itu, Minggu (13/11/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

Berbagai upaya telah dilakukan tim gabungan hingga masyarakat setempat untuk bisa menemukan dan mengevakuasi jenazahnya.

Baca juga: Kronologi Mahasiswa Politeknik Meninggal Dunia Tenggelam di Air Terjun Ngungun Tarak Padang

Hari kedua pencarian, lokasi keberadaan Afif telah ditemukan, namun untuk proses evakuasi sangat sulit karena terjepit di material kayu dan bebatuan, dan jenazah Afif berhasil dievakuasi pada hari ke-10 proses pencarian dan evakuasi.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Personel Satpol PP Padang menertibkan lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berada di Kecamatan Tangah pada Sabtu (24/2/2024). Ada belasan lapak PKL
Satpol PP Padang Tertibkan Belasan Lapak PKL di Koto Tangah
Menkes BGS Janji Bantu Alkes untuk RSUD Rasidin
Menkes BGS Janji Bantu Alkes untuk RSUD Rasidin
Muhammad Husni Sabil (28), yang menjadi korban TPPO di Myanmar akhirnya dapat dipulangkan ke tanah air. Sabil sendiri adalah warga Sijunjung,
Pemprov Sumbar Beri Pendampingan Psikologis dan Hukum pada Korban TPPO Asal Sumbar di Jakarta
Jumlah anggota DPRD Kota Padang pada periode 2019-2024 sebanyak 45 orang. Di antara mereka tersebut, ada yang kembali memperebutkan
Berikut Perolehan Suara Sementara Petahana DPRD Padang di Pemilu 2024
Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat (Sumbar) H Andre Rosiade kembali menggelar Jumat Berkah Partai Gerindra, Jumat (23/2/2024).
Andre Rosiade Kembali Gelar Jumat Berkah Gerindra di Padang
Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP) rencananya akan dibuka di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
UNP Bakal Buka Prodi PGSD di Mentawai, Gubernur: Sesuai dengan Kebutuhan Daerah