Jembatan Siguntur – Siluluak Bernilai Rp.21,7 M Mulai Dikerjakan

Jembatan Siguntur – Siluluak Bernilai Rp.21,7 M Mulai Dikerjakan

Foto: Humas Pemkab Dharmasraya

InfoLanggam - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri Syukuran Pembangunan Jembatan Gantung Sungai Batanghari yang menghubungkan Siguntur sampai ke Siluluak Sungai Langsek Kecamatan Sitiung. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, (29/04/24).

Dihadiri oleh anggota Forkopimda Kabupaten Dharmasraya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Plt. Kepala Dinas PU PR, Camat Sitiung beserta unsur Forkopimca, Wali Nagari Siguntur beserta seluruh perangkat,

Rajo Siguntur, Sutan Henri Bagindo Ratu beserta seluruh Unsur Ninik Mamak, Cadiak Pandai, tokoh masyarakat dan kaum Bundo Kanduang serta unsur Pemuda, Pimpinan PT. Fatma Nusa Mulia sebagai kontraktor pengerjaan jembatan gantung ini.

Sutan Riska mengucapkan terima kasih yang sebesar–besarnya dan sangat bangga kepada Pemerintah Pusat. Dalam hal ini Kementerian PUPR, yang telah mengabulkan permohonan pembangunan jembatan gantung ini.

“Permohonan ini kita sampaikan kepada Menteri PU PR, Bapak Basuki Hadimulyono pada saat peresmian Masjid Agung pada tahun lalu. Dan alhamdulillah direalisasikan pada tahun ini. Dengan nilai kontrak sebesar Rp.21,7 Milyar rupiah yang dikerjakan oleh PT. Fatma Nusa Mulia. Dengan panjang jembatan 150 meter,” kata Bupati.

Jembatan ini merupakan penghubung dari Jorong Siguntur ke Jorong Siluluak dan Sungai Langsek. Serta urat nadi untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat Siguntur. Dimana warganya berdomisisli di Siguntur, sementara kebun ladang berada diseberang Batanghari.

“Selama ini akses ke seberang Batanghari menggunakan ponton, apabila air Batanghari besar ponton tidak bisa dioperasionalkan dan kadang kadang pontonnya hanyut. Dengan dibangunnya jembatan ini mudah mudahan aksesnya bisa lancar dan meningkatkan mobilitas masyarakat untuk meningkatkan roda perekonomian. Dan juga menjadi ikon menuju lokasi wisata budaya Candi Pulau Sawah dan Padang Roco,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati berharap kepada Wali Nagari dan Ninik mamak, tokoh masyarakat serta segenap warga Siguntur mari bantu dan diberi kemudahan kepada kontraktor dalam pelaksanaan pembangunan jembatan.

“Kepada kontraktor kita harapkan pekerjaan jembatan ini bisa diselesaikan tepat waktu. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Nagari Siguntur,” pungkas Bupati.

Baca Juga

Pemkab Dharmasraya menerima tujuh unit ambulans yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Kesehatan Tahun 2024.
Pemkab Dharmasraya Terima 7 Unit Ambulans dari Pemerintah Pusat
Pemkab Dharmasraya memperoleh penghargaan dari BPJS. Penghargaan itu diterima Pemkab Dharmasraya atas keberhasilan kepesertaan 100
100 Persen Penduduk Terlindungi Jaminan Kesehatan, Dharmasraya Raih Penghargaan BPJS
Bupati Dharmasraya, Sutan Riskan Tuanku Kerajaan melepas sebanyak 248 jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Dharmasraya untuk melaksanakan
Lepas 248 JCH Asal Dharmasraya, Bupati Sutan Riska: Jaga Kesehatan
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan melantik dan mengambil sumpah janji jabatan fungsional sebanyak 486 PPPK) di Lingkungan
Bupati Dharmasraya Lantik 486 PPPK Formasi Tahun 2023
Sekda Dharmasraya, Adlisman mengukuhkan Panitia Penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XII tingkat Kabupaten Dharmasraya.
Digelar Juni Nanti, Sekda Kukuhkan Panitia MTQ XII Tingkat Dharmasraya
Bupati Dharmasraya Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir Bandang
Bupati Dharmasraya Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir Bandang