Jemaah Haji Disarankan Suntik Vaksin Influenza dan Pneumonia

Langgam.id - JCH asal Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat (Sumbar) Bangun Wahid Lubis (59) yang meninggal dunia Madinah dimakamkan di Baqi.

Keberangkatan JCH Embarksi Padang ke Tanah Suci. (Foto: Dok. Kemenag Sumbar)

Langgam.id - Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Lilik Mahendro Susilo menyarankan jemaah haji 2024 melakukan suntik vaksin influenza dan pneumonia.

"Sebelum berangkat ke Tanah Suci jemaah haji Indonesia 2024 disarankan melakukan suntik vaksin influenza dan pneumonia. Hal ini penting untuk menjaga agar jemaah tetap sehat dan mencegah transmisi penyakit menular," ungkap Lilik, dicuplik dari rilis yang diterima Langgam.id, Senin (25/3/2024).

Dikatakan Lilik, pemerintah Arab Saudi mensyaratkan jemaah haji untuk melakukan suntik vaksin meningitis. "Nanti jamaah menjelang visa akan mendapatkan vaksin gratis meningitis ketika pemvisaan," terangnya.

Selain meningitis, lanjut Lilik, jemaah haji juga dianjurkan untuk disuntik vaksin influenza dan pneumonia. Sebab, selama ini sering terjadi kasus pneumonia pada jemaah haji.

"Ini adalah upaya menjaga jamaah haji kita aman. Ketika berangkat terlindungi, maka pulang mudah-mudahan aman," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Lilik juga berpesan kepada calon  jemaah haji Indonesia untuk beristirahat total selama satu minggu menjelang keberangkatan ke Tanah Suci.

"Hal ini penting untuk menjaga kebugaran jemaah di awal-awal kedatangan di Tanah Suci. Perjalanan ke Tanah Suci cukup melelahkan. Selama perjalanan itu, jemaah juga akan kurang tidur," katanya mengingatkan.

Untuk itu, sambung Lilis, kondisi kesehatan jemaah harus prima. Salah satu cara menjaganya, dengan melakukan istirahat total menjelang keberangkatan," pungkasnya. (*/Yh)

Baca Juga

Seragam batik jemaah Indonesia pada musim haji 2024 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun ini, jemaah Indonesia akan mengenakan
Jemaah Haji Indonesia Kenakan Seragam Batik Baru Tahun Ini
Bimtek PPIH: Petugas Diminta Membersamai Jemaah 24 Jam
Bimtek PPIH: Petugas Diminta Membersamai Jemaah 24 Jam
Pemerintah Republik Indonesia (RI) bersama Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan perhajian (Ta'limatul Hajj)
Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji di 2024, Menag: Terbesar Sepanjang Sejarah 
Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan Arab Saudi tahun 1445H/2024M sudah dimulai. Seleksi ini dilaksanakan secara
Seleksi Petugas Haji 2024 Dimulai, Cek Syarat dan Kuota Sumbar
Keputusan Presiden (Keppres) tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi yang bersumber dari Biaya Perjalanan Ibadah
Panja Sepakati Biaya Haji 2024 Sebesar Rp93,4 Juta
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan rata-rata Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) per jemaah tahun depan Rp105.095.032,34.
Rapat di DPR, Menag Usul Biaya Haji 2024 Rp105 Juta Per Jemaah