Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Payakumbuh 2024 Berlangsung Meriah

InfoLanggam — Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Kota Payakumbuh tahun 2024 yang digelar di halaman Balai Kota Payakumbuh, Sabtu (6/7/2024), berlangsung meriah.

Kegiatan tersebut mengusung tema 'Melalui Jambore Kader PKK Tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2024, Kita Tingkatkan Sinergitas Untuk Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju'.

Pada jambore ini, dimeriahkan dengan lomba yel yel, lomba paduan suara mars PKK dan lagu pilihan, lomba cerdas cermat, lomba jingle gelari pelangi, lomba pengolahan pangan lokal, serta lomba senam kreasi 6 langkah cuci tangan.

Kemudian, pemenangnya akan menjadi delegasi Kota Payakumbuh untuk mengikuti Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Sumatra Barat di Kabupaten Solok pada 16-18 Juli mendatang.

Pada kegiatan itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno mengatakan bahwa kehadiran PKK di Payakumbuh menjadi salah satu faktor penentu kemajuan kota.

Menurutnya, saat ini peran PKK sangat dibutuhkan guna mendukung seluruh program pemerintah daerah, utamanya dalam pencegahan dan percepatan penurunan stunting, pengendalian inflasi, hingga pengelolaan sampah.

"Peran PKK sangat strategis. Jika perannya berjalan dengan baik, Insyaa Allah tujuan masyarakat Payakumbuh yang sejahtera dapat tercapai," bebernya.

Suprayitno mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut PKK yang merupakan mitra dari pemerintah daerah juga perlu berkolaborasi dengan berbagai komponen masyarakat lainnya.

"Mudah-mudahan kegiatan lomba ini tidak dilaksanakan untuk sekedar mengejar juara, namun yang terpenting adalah harus diimplementasikan di lapangan," harapnya.

Ia mengungkapkan, bahwa apabila pengurus PKK memiliki SDM yang handal, hal ini sangat membantu Pemko dalam mempercepat geliat pembangunan.

"Kami yakin, TP PKK Payakumbuh dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk menyongsong Indonesia emas 2045," ucapnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kota Payakumbuh, Elfriza Rida mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh TP PKK Kecamatan se-Kota Payakumbuh beserta jajaran dengan membawa suporter masing masing.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan peserta dalam melaksanakan dan mengimplementasikan 10 program PKK di lapangan," ujarnya.

Ia berharap, TP PKK sebagai mitra pemerintah dapat lebih masif membantu permasalahan yang dihadapi saat ini, yaitu terkait dengan stunting, inflasi, hingga sampah.

"Pada tahun 2023, Pemko Payakumbuh melalui TP PKK telah memfasilitasi bantuan bibit kepada 47 kelompok dasa wisma se-Kota Payakumbuh. Hari ini, ada lomba pengolahan pangan lokal, artinya PKK dan masyarakat mendapat manfaat dari kegiatan PKK," jelasnya. (*)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh menyatakan siap berkolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Rendang Minangkabau (Hipermi) untuk keberlanjutan
Tingkatkan Pasar Ekspor Rendang, Pemko Payakumbuh Siap Berkolaborasi dengan Hipermi
Tiga atlet paralayang dari Kota Payakumbuh yakni Jordi Ansyah R, Abdurrahman Hidayat, Rira Nurhakim berhasil meraih prestasi
3 Atlet Paralayang Asal Payakumbuh Raih Prestasi di Kejuaraan Internasional
Kota Payakumbuh berhasil meraih prestasi di tingkat nasional pada ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXV yang diadakan
Payakumbuh Raih Prestasi pada Ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXV di Mataram
Pj Wali Kota Payakumbuh Suprayitno melepas secara resmi keberangkatan logistik untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD
Lepas Pendistribusian Logistik PSU DPD, Pj Wako Payakumbuh Imbau Warga Gunakan Hak Pilih
Bawaslu masih menemukan calon anggota DPD yang memasang alat peraga kampanye (APK) di beberapa titik di Kota Payakumbuh. Padahal berdasarkan
Bawaslu Bakal Tertibkan 113 APK Calon Anggota DPD yang Masih Terpasang di Payakumbuh
Payakumbuh Botuang Festival (PBF) yang masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf)
Payakumbuh Botuang Festival Dibuka, Pj Wako: Pemko Komitmen Majukan Pariwisata dan Ekraf