Jamaah Haji Kloter 9 Debarkasi Padang Sudah Pulang ke Sumbar

Pesawat yang membawa sebanyak 393 jemaah haji kloter 1 Debakarsi Padang sudah mendarat di Bandara International Minangkabau (BIM), Senin

Para jemaah haji kloter 1 Debakarsi Padang saat tiba di Bandara International Minangkabau (BIM). [: foto: Kemenag Sumbar]

Langgam.id - Di tengah terik matahari pada Rabu (3/7/2024) pukul 11.33 WIB, pesawat Garuda Boeing 777 Seri 300 ER dengan nomor penerbangan GA3409 yang membawa jemaah haji Kloter 9 Debarkasi Padang telah mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Pesawat tersebut bertolak dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah pada Selasa pukul 22.55 WAS dengan membawa 388 jemaah dan 5 orang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter.

"Secara umum, kondisi jemaah saat turun dari pesawat dalam keadaan baik, namun ada tiga orang jemaah yang harus dibawa dengan mobil ambulans karena kondisi kesehatan yang kurang baik," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Mahyudin.

Mahyudin menjelaskan bahwa jemaah Kloter 9 Padang berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 138 orang, Kabupaten Dharmasraya 248 orang, dan Kota Padang 1 orang.

Ketua Kloter adalah Yossef Yuda, dengan Pembimbing Ibadah Santoso, Dokter Abdurrahman Afa Haridhi, Paramedis Sovia Eliza dan Yuhelmi Zainuddin Taharuddin, serta Pemandu Haji Daerah (PHD) Dedi Afdal.

Meskipun cuaca sangat panas, para jemaah tetap bergembira. Beberapa jamaah terlihat sangat gembira dan tersenyum saat turun dari pesawat, bahkan ada yang langsung sujud syukur saat menginjakkan kaki di BIM Padang Pariaman.

Menurut laporan PPIH Debarkasi Padang, jamaah haji lansia pada Kloter 9 berjumlah 117 orang. Terdapat satu jemaah haji PDG-9 yang wafat di Madinah atas nama Retnoyarni Syafei Adam, berusia 61 tahun, asal Kabupaten Pesisir Selatan, yang dimakamkan di Baqi.

Selain itu, ada satu jemaah mutasi masuk, Mansyar Jaman bin Jaman, usia 82 tahun, asal Kota Padang dari kloter PDG-13 karena sakit, dan satu jemaah mutasi keluar karena meninggal.

Setelah proses imigrasi selesai, 10 buah bus DAMRI yang berisi jemaah haji meninggalkan BIM. Iring-iringan rombongan jemaah Kloter 9 Padang sampai di Asrama Haji Debarkasi Padang, disambut oleh PPIH dan P3IH dengan lantunan shalawat. Seluruh jemaah kemudian memasuki aula utama untuk prosesi serah terima.

Ketua PPIH Mahyudin menyerahkan jamaah kepada pemerintah daerah yang diterima oleh Bupati Kabupaten Dharmasraya, yang diwakili oleh Sekda Adlisman, didampingi Kakankemenag Dharmasraya dan Pesisir Selatan. Selanjutnya, panitia memberikan kalungan bunga dan menyerahkan sertifikat penghargaan kepada petugas Kloter 9 yang telah melaksanakan tugas dengan sukses, melayani jamaah dari Tanah Air, selama proses ibadah di Tanah Suci, dan kembali dengan selamat ke Tanah Air.

Tag:

Baca Juga

Pemko kembali menggelar napak tilas memperingati gugurnya pahlawan nasional asal Kota Padang, Bagindo Aziz Chan pada Kamis (18/7/2024).
Pemko Padang Kembali Gelar Napak Tilas Memperingati Gugurnya Bagindo Aziz Chan
Satpol PP Padang mengamankan 21 muda-mudi di salah satu hotel di Kecamatan Padang Utara pada Selasa dini hari (16/7/2024).
Terjaring Razia di Hotel, 21 Muda-mudi Diamankan Satpol PP Padang
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengungkapkan bahwa dari tahun 2017, kategori SAKIP Kabupaten Dharmasraya tidak
Evaluasi SAKIP, Bupati Sutan Riska Harap Dharmasraya Dapat Nilai BB
Dinkes Kota Padang Targetkan 95 Persen Cakupan Imunisasi PIN Polio
Dinkes Kota Padang Targetkan 95 Persen Cakupan Imunisasi PIN Polio
Diakomodir Disdikprov, Siswa yang Tak Tertampung Kini Bisa Bersekolah di SMA Negeri
Diakomodir Disdikprov, Siswa yang Tak Tertampung Kini Bisa Bersekolah di SMA Negeri
Imunisasi PIN Polio, Pemko Padang Targetkan Cakupan Minimal Capai 95 Persen
Imunisasi PIN Polio, Pemko Padang Targetkan Cakupan Minimal Capai 95 Persen