Jalur Sicincin-Padang Lua Uji Coba Sistem Satu Arah Sabtu Ini

Jalur Sicincin-Padang Lua Uji Coba Sistem Satu Arah Sabtu Ini

Peta penerapan sistem satu arah antara Sincincin dan Padang Lua di jalur Padang-Bukittinggi. (Gambar: IG Ditlantas Polda Sumbar)

Langgam.id - Rekayasa lalu lintas sistem satu arah (one way) antara Sincincin dan Padang Lua maupun sebaliknya di jalan lintas Padang-Bukittinggi, akan diuji coba pada Sabtu (8/4/2023) ini selama empat jam.

"Uji coba one way selama 4 jam Sabtu ini, mudah-mudahan dapat secara signifikan menurunkan kemacetan," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatra Barat Dedy Diantolani, sebagaimana dirilis situs resmi Pemprov, Kamis (6/4/2023) malam.

Akun instagram resmi Direkorat Lalu Lintas Polda Sumbar pada Jumat (7/4/2023) merilis, uji coba sistem satu arah akan dilaksanakan oleh Polda Sumbar pada pada Sabtu (8/4/2023) pukul 12.00 - 16.00 WIB.

Selama empat jam tersebut, bila anda dari arah Padang ke Bukittinggi, dari Simpang Tiga Pasar Sicincin tetap seperti biasa melewati Kayu Tanam, Lembah Anai, Padang Panjang, Aie Angek sampai Simpang Empat Padang Lua, Agam.

Sebaliknya, yang dari arah Bukittinggi sampai di Simpang Padang Lua menuju ke arah kanan ke Simpang Tiga Malalak, tempat dimulainya sistem satu arah, terus melewati Malalak, Pasar Tandikek dan finish di Simpang 3 Koto Mambang, Pariaman.

Untuk yang akan ke Padang, dari sini bisa menuju Simpang Tiga Sicincin atau ke arah Pariaman. Menurut info Ditlantas Polda Sumbar, pemberlakuan sistem satu arah akan dimulai H-3 Lebaran Idul Fitri sampai dengan H+3 Lebaran.

Baca Juga: Pemudik ke Sumbar Diperkirakan Naik 4 Kali Lipat Dibanding Tahun Lalu

Pemprov Sumbar memperkirakan arus mudik ke provinsi ini naik 4 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Asisten II Setdaprov Sumbar Wardarusmen mengatakan, pemudik yang masuk ke Sumbar didominasi jalur udara dan darat.

Yang melalui udara, akan masuk ke Sumbar sekitar 100 ribu orang melalui Bandara Minangkabau. Sementara, melalui jalur darat meski tak menyebut jumlah, pemprov juga memprediksi akan naik empat kali lipat dibanding tahun 2022.

"Pemudik akan didominasi dari Pekanbaru, Jambi dan Jakarta," kata Kadis Perhubungan Dedy Diantolani. (*/SS)

Baca Juga

Ilustrasi kekerasan seksual
Seorang Gadis Asal Sumbar Berhasil Lolos dari Perdagangan Manusia di Jakarta
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
Pemilu 2024, KPU Sumbar Catat 6 Petugas Meninggal Dunia dan 50 Orang Sakit
Marapi Kembali Erupsi
Marapi Kembali Erupsi
Meski Kalah Telak dari Anies, 6 Daerah di Sumbar Ini Masih Dikuasai Prabowo
Meski Kalah Telak dari Anies, 6 Daerah di Sumbar Ini Masih Dikuasai Prabowo
KPU terus memperbarui hasi hitung suara atau real count untuk Pemilu 2024. Berdasarkan real count sementara, PKS masih unggul dalam pemilihan
PKS dan Gerindra Bersaing Ketat, Ini Perkiraan 10 Kursi Caleg Dapil I DPRD Sumbar
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-Perjuangan Sumatra Barat, Alex Indra Lukman menyebut ada 3 nama dari Ranah Minang yang dipertimbangkan
PDI Perjuangan Kembali Raih Kursi DPR Dapil Sumbar I