Jaga Stabilitas Harga, Pemko Payakumbuh Gelar Pasar Murah

Pemko Payakumbuh menggelar pasar murah di pelataran parkir Dinas Koperasi dan UKM yang dilaksanakan selama dua hari, Selasa-Rabu.

Pasar murah yang digelar di pelataran parkir Dinas Koperasi dan UKM Payakumbuh. [foto: Pemko Payakumbuh]

Langgam.id - Pemko Payakumbuh menggelar pasar murah di pelataran parkir Dinas Koperasi dan UKM yang dilaksanakan selama dua hari, Selasa-Rabu (10-11/10/2023).

Pasar murah ini digelar Pemko Payakumbuh guna menjaga stabilitas harga bahan pokok dan mengendalikan inflasi,

"Pasar murah merupakan salah satu program kita dalam menjaga stabilitas harga dan mengendalikan inflasi di Kota Payakumbuh," ujar Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman saat meninjau langsung pelaksanaan pasar murah, Selasa (10/11/2023).

Ia mengatakan bahwa pasar murah yang dilakukan kali ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan di Kota Payakumbuh.

"Alhamdulillah masyarakat merasa sangat terbantu dengan pelaksanaan pasar murah ini, bahkan masyarakat meminta hal ini sering dilakukan," katanya.

Menurutnya, stabilitas harga bahan pokok merupakan hal yang sangat penting sehingga masyarakat, pedagang, dan petani tidak ada yang dirugikan.

"Semoga apa yang kita lakukan ini dapat membantu masyarakat. Jangan lupa besok (Rabu) masih ada, bagi masyarakat yang belum datang pada hari pertama silahkan datang," ajaknya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh M Faizal mengatakan komoditi yang disediakan pada pasar murah kali ini seperti beras, minyak goreng, gula, dan telur dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasar.

"Untuk pelaksanaan dua hari ini yang kita sediakan itu beras dua ton, minyak goreng 2000 liter, gula 1000 kg, dan telur 1000 tray," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa harga komoditi di pasar murah jauh lebih murah dari yang dijual di pasar. Seperti beras yang dijual dengan harga Rp120 ribu untuk sepuluh kilogram.

"Sementara untuk harga di pasar itu Rp160 ribu untuk 10 kilogram. Di pasar harga telur sekitar Rp48 ribu satu tray dan di pasar murah Rp40 ribu untuk satu tray," katanya.

Ia mengatakan antusias masyarakat datang ke pasar murah sangat tinggi terbukti 1,5 ton beras yang disediakan di hari pertama telah habis menjelang siang.

"InsyaAllah nantinya kita dapat melaksanakan pasar murah di lokasi-lokasi lain. Kita ada tiga lagi pelaksanaan sampai akhir tahun," ujarnya. (*)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan atas hasil pemeriksaan Laporan Keuangan
Pemko Payakumbuh Raih Opini WTP ke-10 Berturut-turut
Dinas Koperasi dan UKM Payakumbuh menggelar pasar murah, Kamis (14/4/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh.
Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Kembali Gelar Pasar Murah
Pemko Payakumbuh kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Pelataran Parkir Kantor Balai Kota Payakumbuh, Senin (1/4/2024).
Jaga Stabilitas Harga Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Gelar Gerakan Pangan Murah
Baznas Payakumbuh menyerahkan bantuan kepada 62 orang dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan non-ASN di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.
62 Tenaga Pendidik dan Kependidikan Non-ASN Payakumbuh Terima Bantuan dari Baznas
Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman melakukan monitoring pengawasan obat dan makanan ke Pasar Pabukoan Jalan Soetan Usman Payakumbuh
Monitoring Pasa Pabukoan Bersama BPOM, Jasman: Makanan yang Dijual Aman Dikonsumsi
Tim Safari Ramadan (TSR) Kota Payakumbuh menyerahkan total bantuan sebesar Rp325 juta pada bulan Ramadan 1445 H yang terbagi ke dalam 7
Tim Safari Ramadan Kota Payakumbuh Serahkan Total Bantuan Rp325 Juta