ITP Jalin MoU dengan CamTech University Kamboja, Perkuat Kerjasama Akademik dan Riset Internasional

ITP Jalin MoU dengan CamTech University Kamboja, Perkuat Kerjasama Akademik dan Riset Internasional

ITP jalin kerjasama dengan CamTech University Kamboja. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - Institut Teknologi Padang (ITP) menjalin kerjasama internasional dengan Cambodia University of Technology and Science (CamTech University), Kamboja.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan pada Kamis (2/5/2024) ini menjadi penanda dimulainya kolaborasi strategis di bidang akademik dan riset antara kedua institusi tersebut.

MoU ditandatangani oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITP, Firmansyah David, Ph.D dan Founding President CamTech University, Prof. Dr. Sothy Khieng.

Saksi penting dalam momen bersejarah ini adalah Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Kamboja, Dr. Santo Darmosumarto dan H.E. Prof. Dr. Chhem Kieth Rethy, Senior Minister, Chair of Economics, Social, and Cultural Council (ECOSOCC) The Royal Government of Cambodia.

Firmansyah mengatakan kerjasama dan kolaborasi ini diharapkan membuka gerbang peluang baru bagi ITP dan CamTech University dalam berbagai aspek, termasuk program pertukaran mahasiswa yang akan memungkinkan para mahasiswa ITP dan CamTech University untuk merasakan pengalaman belajar di lingkungan yang berbeda dan memperluas wawasan global mereka.

"Para akademisi dan peneliti dari kedua universitas dapat bekerja sama dalam proyek penelitian bersama, menghasilkan solusi inovatif untuk berbagai tantangan global," katanya, dikutip dari laman kampus, Selasa (7/5/2024).

Selain itu, juga sinergi dalam bidang riset yang akan memungkinkan ITP dan CamTech University untuk berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di kancah internasional, serta kolaborasi ini membuka peluang bagi mahasiswa ITP untuk mendapatkan pengalaman kerja di industri global melalui proyek atau riset bersama mitra industri internasional.

Penandatanganan MoU ini merupakan langkah penting bagi ITP dalam mewujudkan visinya untuk meningkatkan reputasi dan daya saingnya di tingkat internasional.

"Dengan jalinan kerjasama yang erat dengan CamTech University, ITP siap untuk berkontribusi pada kemajuan pendidikan tinggi dan riset di kawasan Asia Tenggara," jelasnya.

Penandatanganan MoU ini dilakukan bersamaan dengan rangkaian the 2nd Cambodia-Indonesia Symposium on “Foresting Academic-Industry Partnerships and Collaboration” yang digelar di CamTech University. Acara ini menghadirkan akademisi dan pimpinan stakeholder industri dari Kamboja dan Indonesia untuk membahas strategi kolaboratif dalam menciptakan inovasi dan memperluas daya saing global.

Melalui simposium ini, ITP dan CamTech University menunjukkan komitmen mereka untuk tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di kawasan.

Kerjasama ITP dengan CamTech University merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan memperkuat daya saing internasional. Kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan berbagai manfaat bagi kedua institusi, termasuk pertukaran mahasiswa, kolaborasi proyek, riset bersama, dan peluang kerja di industri global. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Penerimaan Mahasiswa Baru 2022, ITP Sediakan Kuota 1.000 Orang
Penerimaan Mahasiswa Baru 2022, ITP Sediakan Kuota 1.000 Orang
Wako Hendri Septa dinilai sangat peduli terhadap dunia pendidikan, termasuk ITP. Karena itulah penghargaan itu diberikan.
Bawa Perubahan untuk Kota Padang, Hendri Septa Terima "Leadership Achievement Award" dari ITP
Rektor ITP: Prospek Kerja Bidang Teknik Tak Terpengaruh Pandemi
Rektor ITP: Prospek Kerja Bidang Teknik Tak Terpengaruh Pandemi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekrat) sudah mengumumkan 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang ADWI 2024.
Selamat! 3 Desa Wisata di Sumbar Masuk 50 Besar ADWI 2024
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
Jalan Pasar Lubuk Buaya Sudah Mulus, Pj Wako: Mari Kita Rawat Bersama
Jalan Pasar Lubuk Buaya Sudah Mulus, Pj Wako: Mari Kita Rawat Bersama