Investasi di IKN Menggali Potensi Pertumbuhan Ekonomi

Investasi di IKN Menggali Potensi Pertumbuhan Ekonomi

Nabila Khairani. (Foto: Dok. Pribadi)

Ibu Kota Negara (IKN) telah menjadi pusat perhatian nasional maupun internasional, IKN mengacu kepada proyek Pembangunan Ibu Kota Negara baru Indonesia yang menggantikan wilayahnya dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Proyek IKN ini bertujuan untuk mengatasi terjadinya kepadatan penduduk, kemacetan lalu lintas serta kerusakan lingkungan yang terjadi di Jakarta. Selain itu, IKN juga bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan menawarkan Investasi kedalam proyek IKN ini.

Proyek IKN telah memiliki beberapa rencana pembangunan infrastuktur seperti pusat pemerintahan, perkantoran, transportasi, tempat tinggal serta fasilitas lainnya. Dengan melihat prospek Pembangunan infrastruktur dan keoptimisan Pembangunan IKN ini dapat memberikan peluang yang besar dalam sektor investasi.

Pemindahan ibu kota negara Indonesia juga memberikan peluang dalam sektor pariwisata. Dimana terdapat potensi dengan pertumbuhan populasi serta aktivitas Masyarakat dalam maupun luar negeri yang saat ini menjadi pusat perhatian akan menarik minat Masyarakat terhadap IKN ini. Sehingga investasi kedalam infrastruktur sektor pariwisata dan bisnis seperti Mall, Hotel, bandara, pusat hiburan serta ruangan terbuka akan menghadirkan keuntungan bagi para investor.

Tak hanya investasi dalam infrastruktur, IKN juga menawarkan investasi dalam sektor Pendidikan. Pengembangan IKN tentu saja menyediakan sektor Pendidikan seperti sekolah internasional, Universitas, pusat pelatihan dan Pendidikan lainnya. Dengan bertujuan untuk menghadirkan peradaban baru bagi Indonesia tentu saja kita juga membutuhkan Pendidikan yang berkualitas untuk mendukung pembanhunan manusia yang berkualitas pula. Institusi Pendidikan yang berkualitas dapat menarik minat siswa serta mahasiswa dari berbagai wilayah serta mengundang keuntungan bagi investor.

Perkembangan IKN juga dapat memberikan keuntungan investasi pada sektor ekonomi. Lingkungan IKN mendukung pertumbuhan teknologi yang tinggi, yaitu dengan adanya infrastruktur yang modern serta dukungan dari pemerintah. Investasi kedalam sektor teknologi dapat mencakup teknologi informasi, Artificial Intelligence, Blockchain, Internet of Things (IoT) dan teknologi lainnya. investasi ini juga dapat dimasukkan kedalam Pembangunan pusat penelitian, pengembangan produk teknologi dan lainnya yang juga akan memberikan riset terbaru, pengembangan serta menciptakan lapangan kerja baru.

Namun perlu diperhatikan tantangan dan resiko yang perlu dipertimbangkan dengan cermat, tantangan dan resiko tersebut dapat mencakup perubahan kebijakan serta resiko dalam sektor lingkungan. Namun dengan pengurusan yang cermat, investor dan IKN dapat mengambil langkah yang strategis untuk mampu mengelola tantangan dan resiko yang didapatkan serta mencari peluang terhadap investasi.

Keberhasilan dalam pembangan Ibu Kota Negara (IKN) tentunya akan memberikan dampak yang positif pada ekonomi regional Indonesia, hal ini akan memberikan peluang investasi tambahan dalam pengembangan dalam sektor ekonomi yang menguntungkan IKN serta investor, sehingga terciptanya lingkungan ekonomi yang kondusif.

*Penulis: Nabila Khairani (Mahasiswi Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas)

Tag:

Baca Juga

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekrat) sudah mengumumkan 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang ADWI 2024.
Selamat! 3 Desa Wisata di Sumbar Masuk 50 Besar ADWI 2024
65 Anggota DPRD Sumbar berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih tersisa hingga akhir masa jabatan periode 2019-2024 berakhir.
65 Anggota DPRD Sumbar Komitmen Selesaikan Pekerjaan Tersisa hingga Akhir Masa Jabatan
Eks Personil JKT48 Elaine Hartanto Meriahkan Festival Budaya Jepang Bunkasai XXI di UBH
Eks Personil JKT48 Elaine Hartanto Meriahkan Festival Budaya Jepang Bunkasai XXI di UBH
Gubernur Mahyeldi Libatkan Semua Pihak Tangani Bencana Sumbar
Gubernur Mahyeldi Libatkan Semua Pihak Tangani Bencana Sumbar
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
Hebatnya kampus itu ditandai dengan mahasiswanya berprestasi. Dosen dan pimpinan yang hebat, karena mahasiswanya berprestasi.
UIN IB Padang Ciptakan Mahasiswa Berprestasi Lewat Pelatihan Student Literacy Camp 2024