Ini 4 Daerah di Sumbar yang Wajib Terdaftar di MyPertamina untuk Bisa Beli BBM Subsidi

Langgam.id - Warga Kota Padang mengeluhkan langkanya Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite sejak beberapa hari belakangan.

Ilustrasi. (Foto: Bere Moonlight0/pixabay.com)

Langgam.id - Pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Biosolar bersubsidi bakal diwajibkan terdaftar di aplikasi atau website MyPertamina, kebijakan itu bakal diterapkan mulai 1 Juli 2022, termasuk di Sumbatra Barat (Sumbar).

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution mengatakan, konsumen yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi itu diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

"Jadi, pengguna BBM bersubsidi harus terdaftar untuk bisa bertransaksi atau mendapatkan BBM subsidi tersebut," ujar Alfian melaui keterangan tertulisya, Selasa (28/6/2022).

Masyarakat yang merasa berhak untuk mendapatkan Pertalite dan Solar bersubsidi itu, sebut Alfian, bisa langsung mendaftarkan identitas diri melalui laman yang telah disediakan.

"Kami sudah sediakan laman https://subsiditepat.mypertamina.id/. Jika data yang dimasukkan itu sesuai, sistem akan otomatis memunculkan konfirmasi kendaraan dan identitas pengguna tersebut di aplikasi," jelasnya.

Bagi yang sudha terdaftar, lanjut Alfian, akan menerima pemberitahuan melalui email yang didaftarkan. "Pengguna yang terdaftar juga akan mendapatkan QR Code khsus untuk bisa membeli Pertalite dan Solar subsidi tersebut," ucapnya.

Berikut daftar daerah di Sumbar yang wajib terdaftar di MyPertamina untuk bisa membeli BBM bersubsidi:

  • Bukittinggi
  • Agam
  • Padang Panjang
  • Tanah Datar

Baca juga: Polres Dharmasraya Tangkap Pelaku Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

Selain empat daerah itu, juga ada beberapa daerah lain di Indonesia yang juga bakal menerapkan wajib terdaftar di MyPertamina untuk bisa mendapatkan BBM bersubsidi mulai 1 Juli 2022, ini daftarnya:

  • Banjarmasin
  • Bandung
  • Tasikmalaya
  • Ciamis
  • Manado
  • Yogyakarta
  • Sukabumi

Baca Juga

Semen Padang FC akan menghadapi PSPS Riau di laga kedua Liga 2 2022/2023 pada Senin. Laga tandang perdana Semen Padang FC pada musim
Manajemen Semen Padang FC Kantongi 3 Calon Pelatih, Ada dari Sumbar
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Sumbar
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Harga cabai di Pasar Raya Padang mengalami kenaikan jelang Ramadan. 
Siapkan Kebijakan Strategis, Gubernur Yakin Harga Pangan Sumbar Terkendali Saat Ramadan
Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024