InaRI dan IEMS Expo, Unand Pamerkan Tinta Pemilu dan 100 Produk Inovasi

InaRI dan IEMS Expo, Unand Pamerkan Tinta Pemilu dan 100 Produk Inovasi

Kepala BRIN mengunjungi stand pameran Universitas Andalas. (Foto: Dok. Unand)

Langgam.id - Universitas Andalas kembali hadir pada penyelanggaraan Indonesia Research and Innovation (InaRI) Expo 2023 yang bertepatan dengan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023.

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) sebagai ekspose hasil riset dan inovasi nasional yang berlangsung di ICC Building, KST Soekarno, Cibinong, Jawa Barat pada 20-23 September 2023.

Pada pameran terbesar tahun ini, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyampaikan BRIN bertekat menjadikan Research and Innovation for Better Future menyongsong Indonesia emas 2045.

InaRI Expo 2023 menjadi momentum ilmu pengetahuan dan teknologi, riset, dan inovasi guna memberikan nilai tambah pada perekonomian Indonesia,” ujarnya.

Ketua LPPM UNAND Dr.-Ing. Ir. Uyung Gatot S. Dinata, M.T. bersyukur UNAND dapat mengambil bagian dalam pameran ini untuk menunjukkan pada masyarakat luas produk-produk hasil karya dosen yang lahir dari hasil kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu Direktur Kerjasama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas Dr. Eng. Muhammad Makky, S.TP., M.Si., menyampaikan dengan hadir secara langsung pada kegiatan ini,dapat menunjukkan hasil karya terbaiknya serta turut serta dalam membangun kejayaan bangsa.

“Tinta pemilu yang dihasilkan dari inovasi Universitas Andalas mendapatkan tender pengadaan di 35 provinsi se-Indonesia yang juga turut dihadirkan sebagai inovasi utama tahun ini” katanya, dikutip Kamis (21/9/2023).

Disampaikan Makky, Invensi ini telah terkomersialisasi dengan menggandeng mitra Industri yaitu PT Kudo  Indonesia Jaya. “Pada pembukaan kegiatan INARI EXPO 2023 tadi, kami menyampaikan secara langsung tinta pemilu hasil inovasi Universitas Andalas yang akan digunakan pada pemilu 2024 kepada Kepala BRIN,” tuturnya.

Selain itu, berbagai produk inovasi yang dipamerkan sebanyak lebih dari 100 produk dari berbagai jenis inovasi antara lain, drone deteksi buah sawit, genset air, alat pirolisis, tabung ecoenzimdan produk UMKM binaan Universitas Andalas.

Adapun delegasi Universitas Andalas dalam kegiatan ini yakni Dr. Eng., Muhammad Makky, S.TP., M.Si. (Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset), Daimon Syukri, S.Si, M.Si,Ph.D, (Kasubdit Hilirisasi dan Komersialisasi Hasil Riset), Dr. Eka Candra Lina (Ketua Pusat STP Unand), SP, MSi., Riri Sari Hamdani, A. Md, Danny Hidayat, SE, MM, Hanalde Andre, ST, MT, Prima Fitrhi, ST, MT, Dr. Kiki Yulianto, STP, MP, Cesar Welya Refdi, STP, MSi, Novitri Boy, Yulianita Leoni S.P., Reka Permata Zalen, S.TP, Ardhillah Anggraini Sirtin, S.TP, Fely Oktariani, S.H, dan Juli Arifiansyah, S.TP (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Kenalkan Program 'Kembali ke Surau', Hendri Septa Ingin Lanjutkan Pembinaan Karakter Siswa Pasca Ramadan
Kenalkan Program 'Kembali ke Surau', Hendri Septa Ingin Lanjutkan Pembinaan Karakter Siswa Pasca Ramadan
Sekda Dharmasraya, Adlisman menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah turut membantu kesuksesan penyelenggaraan kegiatan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445
Kegiatan Ramadan Berjalan Sukses, Sekda Dharmasraya Ucapkan Terima Kasih
Dua pelaku pencurian yang pada medio Maret 2024 lalu berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Payakumbuh pada Senin (15/4/2024) sekitar pukul
Kupak Rumah Warga, Dua Pria Diringkus Polres Payakumbuh
Sekda Dharmasraya, Adlisman mengatakan akan menindak tegas PNS yang tidak mengikuti Apel Gabungan ataupun tidak masuk di hari pertama kerja.
Pemkab Dharmasraya Tindak Tegas PNS yang Tak Hadir di Hari Pertama Kerja Pascalebaran
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD Pemprov Sumatra Barat usai libur Lebaran 1445
Pascalibur Lebaran, Tingkat Kehadiran Pegawai Pemprov Sumbar 98 Persen
BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman, memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan di Sumatra Barat akan diwarnai
BMKG Prakirakan Sumbar Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir Sepekan ke Depan