IBMC Gelar Diklat Mediator Bersertifikat

Langgaminfo - Imam Bonjol Mediation Centre (IBMC) Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang berkerjasama dengan Fatahillah Mediation Centre (FMC) UIN Syarif Hidayatullkah Jakarta, menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Mediator Bersertifikat dari Mahkamah Agung RI, di Hotel Hayam Wuruk Padang, pada 20-23 September 2022.

Ketua umum IBMC yang juga ketua panitia Pelaksana Dr. Yusnita Eva, S.Ag, M.Hum menyebutkan, dasar terselenggaranya Diklat Mediator adalah berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung (Perma) No. 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan. "Kita bersyukur karena mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah diklat kali ini," katanya.

Sedikitnya, 16 orang dari Sumbar, Riau dan Sumut. Sedangkan narasumber yang terlibat dalam diklat ini sebanyak sembilan orang, terdiri dari Hakim Agung Mahkamah Agung (MA) RI, yakni Dr. H. Yasardin, SH, M.Hum.

Yasardin dalam materinya menjelaskan bahwa diperlukan standar kompetensi bagi seorang mediator di Pengadilan dengan menerapkan aturan dasar dalam proses mediasi. Menjelaskan dasar hukum mediasi di pengadilan dan praktik penerapan dalam proses mediasi. Mediator juga harus punya kemampuan menjelaskan tata kelola mediasi dan administrasi mediasi. Dan yang tidak kalah pentingnya lagi, perlu diterapkan aturan-aturan dasar selama proses mediasi seperti menunjukkan ketidakberpihakan dan sifat sukarela dalam memediasi sebuah perkara di luar pengadilan.

Ditambahkannya, arah pengaturan (legal policy), berpedoman kepada dua hal pokok, pertama menjadikan mediasi sebagai pilihan penyelesaian sengketa yang terjadi dan dialami oleh pasangan suami istri dalam berbagai hal, seperti kasus ancaman perceraian dan sengketa ekonomi dan warisan. "Kedua, mendorong secara efektifitas pelaksanaan mediasi di pengadilan dengan regulasi yang ada diperadilan umum, agama," katanya.

Sebelumnya Dekan Fakultas Syariah Dr. Ikhwan, SH, M.Ag, yang juga peserta dalam diklat Mediator Bersertifikat, mengatakan bahwa pada prinsipnya kita akan melahirkan mediator baru dan profesional di bidangnya masing-masing. Hal ini juga sejalan dengan Perma No. 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan.

“Kerjasama antara Fatahillah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan IMBC Fakultas Syari’ah Padang, dan sudah terjalin ini diharapkan punya kontribusi positif bagi penanganan masalah penyelesian sengketa dengan mewujudkan perdamain bagi pasangan suami istri yang terancam bubar perkawinannya. Kita juga menyadari sepenuhnya kalau tumpukan perkara di beberapa pengadilan Agama khususnya, kiranya mampu diminimalisir oleh pihak mediator yang ada di Fakultas Syariah khususnya. Apalagi kita sudah punya empat orang mediator di UIN IB Padang saat ini, seperti Dr. Yusnita Eva, S.Ag, M.Hum, Dr. Azhariah Khalida, M.Ag, Dra. Nailul Rahmi, M.Ag serta Dr. Ridha Mulyani, SH, M.H. Maka ke depan akan lahir lagi mediator baru setelah diklat ini digelar. Insya Allah terwujud,” kata Ikhwan optimistis.

Rektor UIN IB Padang diwakili Warek Bidang Akademik & Kelembagaan Dr. Yasrul Huda, M.A, di hadapan para peserta diklat dan narasumber dari Fatahillah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menyebutkan, bahwa kegiatan ini disambut baik dan layak diberikan apresiasi. “Dukungan positif ini layak saya sampaikan kepada Fakultas Syari’ah. Kegiatan ini memang dilaksanakan oleh Fakultas Syari’ah tapi Indikator Kinerja Utama (IKU) adalah bagi Rektor," katanya. (Advertorial)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Agung Fainendo, Penyandang Disabilitas Netra Pertama Raih Gelar Doktor UIN IB Padang
Agung Fainendo, Penyandang Disabilitas Netra Pertama Raih Gelar Doktor UIN IB Padang
Rektor UIN Imam Bonjol Lantik 4 Dosen untuk Jabatan Fungsional
Rektor UIN Imam Bonjol Lantik 4 Dosen untuk Jabatan Fungsional
288 Mahasiswa UIN IB Praktek di 15 Pengadilan Agama
288 Mahasiswa UIN IB Praktek di 15 Pengadilan Agama
FTK UIN IB Jalin Kerja Sama dengan STAI Tanjung Pura
FTK UIN IB Jalin Kerja Sama dengan STAI Tanjung Pura
Pascasarja UIN IB Tindaklanjuti Hasil Tinjauan Kurikulum
Pascasarja UIN IB Tindaklanjuti Hasil Tinjauan Kurikulum
UIN Imam Bonjol Padang Lakukan Penjajakan Kerjasama dengan Lipia Jakarta
UIN Imam Bonjol Padang Lakukan Penjajakan Kerjasama dengan Lipia Jakarta