HUT Satpol PP, Wagub Sumbar: Ingat, Harus Humanis dalam Bertindak

HUT Satpol PP, Wagub Sumbar: Ingat, Harus Humanis dalam Bertindak

Wagub Sumbar Audy Joinaldy menghadiri HUT Satpol PP Sumbar. (Foto: Sumbarprov)

Langgam.id - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat, Audy Joinaldy instruksikan jajaran Satpol PP, Damkar dan Satlinmas untuk mengedepankan langkah persuasif dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda) terkait ketentraman dan ketertiban umum di Provinsi Sumatera Barat (Prov. Sumbar). Ia menilai hal tersebut adalah hakikat dari pengabdian seorang aparatur sipil negara untuk melayani bukan memerangi.

"Jadilah Satpol PP yang humanis, yang disegani masyarakat dengan mengedepankan tindakan-tindakan persuasif dan jangan represif," tegas Audy, dikutip dari Kominfo Sumbar, Rabu (15/3/2023).

Demikian disampaikan Wagub Audy dalam acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP ke - 73, Damkar ke - 104 dan Satlinmas Ke - 61 tahun 2023 tingkat Provinsi Sumatera Barat di lapangan Kantor Gubernur, Padang, Selasa(14/03/2023) lalu.

Audy meyakini, cara yang santun dan humanis akan menjadi solusi untuk menjaga ketentraman dan ketertiban ditengah masyarakat. 

Menurutnya, tegas itu tidak mesti keras karena tindak kekerasan dalam penegakan disiplin, tidak akan menyelesaikan masalah bahkan malah bisa membuatnya menjadi lebih rumit.

"Saya minta Kepala Satpol PP, terus mengingatkan para anggotanya yang bertugas dilapangan untuk mengedepankan sisi humanis. Tidak perlu ada kekerasan dan arogansi, tapi harus tegas dalam menjalankan tugasnya," tegasnya.

Selain itu, Wagub Audy mengapresiasi dedikasi yang telah ditunjukkan oleh Jajaran Pemadam Kebakaran saat bertugas di lapangan. Berdasarkan data Laporan dari Kantor Pemadam Kebakaran se Sumbar sepanjang Tahun 2022, mereka telah berkontribusi untuk menangani 1.529 kasus kejadian kebakaran dan 2.547 kali operasi penyelamatan.

"Saya apresiasi apa yang telah dikerjakan Jajaran Pemadam Kebakaran di Sumbar. Diharapkan kedepan, kita tidak hanya hadir pada saat penanganan tetapi juga bisa membantu pencegahan,"ucap Wagub Audy.

"Bravo dan selamat HUT Satpol PP ke - 73, Damkar ke - 104 dan Satlinmas Ke - 61 tingkat Provinsi se Sumbar tahun 2023," tutupnya.

Hadir dalam upacara HUT Satpol PP tersebut Bupati dan Walikota se-Sumbar, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumbar, Kasatpol PP se Sumbar dan Kepala Damkar se Sumbar. (*/FS)

Baca Juga

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan bahwa faktor keluarga dan kepedulian masyarakat berperan sangat penting untuk mengatasi berbagai
Gubernur: Keluarga dan Kepedulian Masyarakat Berperan Atasi Masalah Sosial Kependudukan
Personel Satpol PP Padang menertibkan lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berada di Kecamatan Tangah pada Sabtu (24/2/2024). Ada belasan lapak PKL
Satpol PP Padang Tertibkan Belasan Lapak PKL di Koto Tangah
Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP) rencananya akan dibuka di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
UNP Bakal Buka Prodi PGSD di Mentawai, Gubernur: Sesuai dengan Kebutuhan Daerah
Pemprov Sumbar mengundang perwakilan dari lima kementerian untuk rapat bersama guna membahas sejumlah permasalahan Mentawai
Rumuskan Strategi Percepatan Pembangunan, Pemprov Undang 5 Kementerian ke Mentawai
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menghadiri perayaan HUT ke-21 SMAN 14 Padang yang berlokasi di Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan
HUT ke-21 SMAN 14 Padang, Gubernur: Ini Jadi Ajang Refleksi Untuk Peningkatan Prestasi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, akan segera menetapkan Tim Verifikasi Tanah terkait Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik
Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik, Gubernur Akan Segera Tetapkan Tim Verifikasi Tanah