HUT ke 66 Pengambilalihan dari Belanda, Dirut Semen Padang: Tetap Semangat Hadapi Tantangan

HUT ke 66 Pengambilalihan dari Belanda, Dirut Semen Padang: Tetap Semangat Hadapi Tantangan

Upacara HUT ke 66 pengambilalihan PT Semen Padang dari Belanda. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - Tanggal 5 Juli 2024, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Pengambilalihan Pabrik PT Semen Padang dari tangan Belanda. Memaknai peristiwa bersejarah itu, PT Semen Padang seperti tahun-tahun sebelumnya menggelar upacara di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang pukul 07.00 WIB.

Direktur Utama PT Semen Padang Indriffouny Indra dalam amanah upacara menyampaikan, momen bersejarah ini diperingati setiap tahunnya sebagai wujud penghormatan kepada para pendahulu yang telah memperjuangkan PT Semen Padang yang merupakan aset-aset vital negara, kembali kepada negara Republik Indonesia.

"Maka dari itu, semangat juang pantang menyerah yang dilandasi rasa kecintaan itu yang perlu kita teladani dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai insan Semen Padang Grup. Dan, momen pengambilialihan ini juga menjadi sejarah awal industri di Indonesia dikelola oleh putra-putri bangsa Indonesia," katanya.

Perjalanan PT Semen Padang sebagai perusahaan semen pertama di Asia Tenggara yang telah berusia lebih dari satu abad, kata Indrieffouny melanjutkan, tentunya tidak selalu melalui jalan yang mulus. Dinamika yang terjadi dari internal maupun eksternal turut mewarnai.

"Oleh sebab itu, memaknai HUT pengambilalihan PT Semen Padang tahun ini, kami berharap agar seluruh insan perusahaan tetap semangat untuk terus berusaha sekuat tenaga dalam menghadapi berbagai tantangan di tengah ketatnya persaingan industri semen saat ini," ujarnya.

Pada upacara tersebut, PT Semen Padang juga memberikan apresiasi kepada karyawan yang menjadi Employee of The Year tahun 2024 sebanyak 3 orang. Ketiga karyawan itu adalah Benny Dwi Putra dari Unit Maintenance Reliability, Neneng Oktatafia dari Unit Safety Health & Environment (SHE), dan Rikawarni dari Unit Quality Assurance.

"Employee of The Year ini merupakan predikat yang diberikan perusahaan kepada karyawan dengan kinerja terbaik dan prilaku yang sesuai dengan budaya Perusahaan AKHLAK. Kami dari manajemen, mengucapkan selamat kepada karyawan yang menerima penghargaan Employee of The Year," kata Indrieffouny.

Selain penghargaan Employee of The Year, PT Semen Padang pada kesempatan itu juga memberikan apresiasi kepada karyawan yang menjadi Inventor Paten Sederhana kepada 5 tim yang telah menghasilkan 5 paten sederhana untuk PT Semen Padang di tahun 2024.

Lima paten itu adalah Peralatan Purifikasi Oli Transformator dengan inventor terdiri dari Benny Dwi Putra, Yudistira Hadi Pratama, Muharmansyah, M Udrizak dan Eko Tri Saputra. Kemudian Paten Sistem Ventilasi Udara Proses Pada Penggilingan Semen dengan inventor Ujang Friatna, Algazali, Novan Andy Bachtiar, Maman Wahyudi, Sunato dan Herwin.

Selanjutnya Paten Metode Pembuatan Seal Aktuator Menggunakan Limbah Ban Dump Truck dengan inventor Sigit Ari Wibowo, Fathul Mausil, Doche Delson, Sabrimen, Suroso dan Ibnul Ghufron. Paten Suatu Sistem untuk Penggantian Kanvas dari Socket Katup Silo dengan inventor Fery Sarvino, Irwan dan Janedi.

Kemudian yang terakhir adalah paten Forumulasi Bakteri Sphingobium untuk Memulihkan Keretakan Semen Beton dan Mortar dengan inventornya adalah Juke Ismara, Nuralib, Febri Maulana, Ahmad Subekti, Yulmidawati, Depi Putra, Ardistal, dan Elmas Dopri.

Usai memberikan apresiasi, upacara HUT Nasionalisasi itu diakhiri dengan pelepasan balon ke udara oleh jajaran Direksi PT Semen Padang yang disaksikan para staf pimpinan di lingkungan perusahaan, serta ratusan insan Semen Padang Group. Pada balon itu, juga tersedia kupon dengan hadiah puluhan zak semen.

SPORTALYMPIC Kembali Digelar

Selain menggelar upacara, momen HUT ke-66 pengambilalihan dari Belanda juga ditandai dengan pembukaan Semen Padang Sport & Art Olympic atau SPORTALYMPIC. Kegiatan pekan olahraga dan seni ini digelar bertujuan untuk mempererat tali silahturahim antar insan Semen Padang Group, disamping untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Sportalympic ini digelar sekaligus untuk mengembangkan minat dan bakat serta meningkatkan produktifitas perusahaan. Untuk itu, dia berharap semua insan perusahaan untuk bisa ikut serta aktif dalam kegiatan SPORTALYMPIC ini, sehingga tujuannya dapat tercapai.

"Mari kita jadikan semangat dari SPORTALYMPIC ini sebagai energi positif yang terus mengalir dalam setiap langkah kita di perusahaan ini. Semoga semangat kebersamaan ini terus menyala di hati kita semua," kata Indrieffouny.

Ketua Panitia SPORTALYMPIC Tahun 2024 Ricky Aprinaldo mengatakan, rangkaian pertandingan SPORTALYMPIC dimulai pada 8 Juli 2024 dan ditutup pada tanggal 17 Agustus 2024.

Ada 6 cabang olahraga yang dipertandingkan. Selain sepakbola, juga ada bulutangkis, bola basket, tenis meja, serta tenis lapangan eksibisi (One Day Game). Kemudian, juga ada lomba seni dan kegiatan lainnya dalam event SPORTALYMPIC tahun 2024.

Di antaranya, Tabligh Akbar yang nantinya akan digelar di Masjid Raya Jabal Rahmah PT Semen Padang, Band Competition dan Jam Session sekaligus Bazar oleh UMKM lingkungan dan binaan PT Semen Padang, dan Semen Padang Fun Run dengan Kategori 3K untuk keluarga, 5K Umum, 5K Master dan 10K.

"Kemudian, juga ada lomba foto dan konten, serta kegiatan Jelajah Semen Padang yang diikuti oleh penggiat media sosial di Kota Padang dengan mengunjungi spot PT Semen Padang seperti Cagar Budaya Indarung I, penangkaran rusa, pembibitan Ikan Bilih, Taman Kehati Semen Padang, serta wisata goa kelelawar Padayo," katanya.

Hadir pada upcara itu Direktur Keuangan, Oktoweri, Direktur Operasi, Pri Gustari Akbar, Penasehat dan Pengurus FKIKSP, Staf Pimpinan PT Semen Padang, Staf Pimpinan APLP, Karyawan/Karyawati PT Semen Padang dan Semen Padang Grup serta para Penerima Beasiswa BANGSA. (*/Fs)

Baca Juga

50 Penggiat Media Sosial Eksplorasi Semen Padang
50 Penggiat Media Sosial Eksplorasi Semen Padang
Fukratuz Zakiah, Atlet Binaan PT Semen Padang Sabet Juara III di Kejurnas Soft Tennis 2024
Fukratuz Zakiah, Atlet Binaan PT Semen Padang Sabet Juara III di Kejurnas Soft Tennis 2024
Dirut Resmikan Kantor Perkumpulan Keluarga Pensiunan Semen Padang
Dirut Resmikan Kantor Perkumpulan Keluarga Pensiunan Semen Padang
Donor Darah HUT ke-66, PT Semen Padang Serahkan 429 Kantong Darah ke PMI
Donor Darah HUT ke-66, PT Semen Padang Serahkan 429 Kantong Darah ke PMI
Temukan Balon di Pohon Karet, Penyadap dapat Hadiah 30 Zak Semen
Temukan Balon di Pohon Karet, Penyadap dapat Hadiah 30 Zak Semen
Semen Padang Bantu 6 Unit Alat Tenun untuk Dolas Songket di Sawahlunto
Semen Padang Bantu 6 Unit Alat Tenun untuk Dolas Songket di Sawahlunto