Humas dan Tim Teknis Akademik UIN IB Padang Hadiri Bimtek Pendaftaran UM-PTKIN 2024

InfoLanggam - Humas dan Tim Teknis Akademik Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang menghadiri bimbingan teknis pendaftaran dan sosialisasi UM-PTKIN tahun 2024.

Mereka terdiri dari Penanggung Jawab Humas, Mardius M dan Teknis Akademik, Rosalina, dan Joni Ramadhan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa baru (PMB) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ini, dihadiri 59 perguruan tinggi se-Indonesia.

Acara digelar di Hotel Harris Vertu Jakarta Jalan Hayam Wuruk Nomor 6 Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Ketua Panitia, Nyayu Khodijah mengatakan, bahwa pendaftaran sudah dimulai dari 17 April sampai 15 Juni 2024. Ia menjelaskan bahwa, sudah lebih dari 30 persen calon mahasiswa baru memilih PTKIN sebagai pilihan utama.

"Jadi terkait dengan tata cara pendaftaran sebetulnya sudah terealisasi dan selanjutnya diupayakan mengoptimalkan untuk mensosialisasikannya," bebernya.

Sementara itu Ketua Forum Rektor PTKIN, Masnun Tahir mengingatkan seluruh stakeholder yang terlibat untuk melakukan hal yang terkait dengan sosialisasi secara maksimal.

Untuk itu perangkat dan media yang digunakan sangat penting dioptimalkan. Ia mencontohkan salah satu media seperti Tiktok sekarang menjadi daya tarik tersendiri, di samping media lainnya untuk sosialisasi penerimaan mahasiswa baru.

“Humas punya peranan penting untuk menggunakan instrument media secara optima,” tuturnya.

Wibowo Prasetyo sebagai Staf Khussus Menag RI Bidang Media dan Komunikasi publik sekaligus juga narasumber mengatakan bahwa, dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 278 juta jiwa, jika masing-masingnya mempunyai 2 HP dan memiliki koneksi dengan internet, lalu lintas komunikasi melalui dunia internet akan semakin padat dan diminati.

"Asosiasi jasa internet Indonesia 2024 merilis capaian pengguna internet semakin meningkat, rata-rata pengguna internet di Indonesia tahun ke tahun meningkat. Data tahun 2024 79,5% naik 1,3%. Juga rata-rata menggunakan internet sekitar 6-7 jam perhari," ujarnya.

Hal ini terangnta, akan membuat kesempatan terbuka lebar jika pengguna internet ini dimanfaatkan untuk membranding PTKIN. Tantangannya adalah bagaimana aktivitas itu dilakukan untuk mensosialisasikan, tidak saja ketika saat penerimaan mahasiswa baru, tapi juga terus menerus sepanjang tahun.

“Harapan ke depan PTKIN terus berkembang dan meningkat dengan memanfaatkan media secara optimal dan menarik, sehingga perlu langkah-langkah yang tepat bagaimana cara menggunakan media secara optimal,” sebutnya. (*)

Baca Juga

Lembaga Penjamin Mutu Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Pelaksana Mutu Internal
LPM UIN IB Padang Gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Pelaksana Mutu Internal
Sebanyak 20 mahasiswa terpilih ajang Student of Imam Bonjol Academic Community – Smart Internship Program (SIBac-sip) 2024.
20 Mahasiswa UIN IB Padang Lolos SIBac-sip 2024, Bakal Berangkat ke Turki dan Australia
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang mengadakan workshop untuk peningkatan layanan fakultas. Kegiatan ini dibuka oleh
FEBI UIN Imam Bonjol Padang Adakan Workshop Peningkatan Layanan Fakultas
UIN Imam Bonjol Padang menggelar Workshop Peninjauan Standar Mutu yang bertajuk “Memperkuat Standar Mutu melalui Peninjauan Standar Mutu
Tingkatkan Standar Mutu Dosen, UIN IB Padang Gelar Workshop Peninjauan Standar Mutu
Sebagai regulator, Kementerian Agama Republik Indonesia tidak sebatas menyusun berbagai regulasi dan kebijakan yang menitikberatkan pelayanan
Haji Ramah Lansia: Fokus Kementerian Agama RI Tahun 2024
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar kegiatan yang bertajuk “Optimalisasi Penyusunan Juknis: Strategi dan Implementasi
Tingkatkan Kualitas Layanan, UIN Imam Bonjol Padang Gelar Kegiatan Penyusunan Juknis