HMP PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN IB Padang Gelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar

Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar

Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar yang digelar Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK). [foto: dktv.uinib.ac.id]

InfoLanggam - Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), Minggu (9/6/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa Prodi PAI memiliki jiwa kepemimpinan yang baik serta bisa menjadi pemimpin yang amanah dan bisa dipercaya oleh masyarakat nantinya dan memiliki rasa kepemimpinan yg sudah ada dalam Alquran dan hadist.

Ketua umum HMP-PAI Ilham Akbar Maulana menyampaikan, kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) berlangsung selama dua hari, Sabtu sampai Minggu, 8-9 Juni 2024.

"Pelatihan Kepemimpinan Dasar merupakan program dari Pembinaan Aparatur Organisasi (PAO) sebagai wadah yang tersedia untuk melatih jiwa kepemimpinan dari mahasiswa Pendidikan Agama Islam," ujarnya dilansir dari dktv.uinib.ac.id.

Akbar menambahkan, tujuan diadakannya kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan yaitu untuk meningkatkan skill mahasiswa PAI dalam bidang kepemimpinan, manajemen organisasi, dan administrasi birokrasi.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan Pelatihan Dasar kepemimpinan rutin diadakan setiap tahunnya. Terdapat beberapa perbedaan kegiatan tahun 2023 dengan 2024.

"Dilihat dari jumlah pesertanya lebih banyak pada tahun 2024 karena persiapan yang cukup matang dari SC dan panitia sehingga peserta cukup antusias dengan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar," beber Akbar.

Ia mengatakan, yang menjadi pemateri dikegiatan PKD yaitu Yogi Liswanto sebagai pemateri administrasi organisasi dan manajemen aksi, Muchsin Fikri sebagai pemateri administrasi birokrasi.

"Kemudian, Rezi Rahmat sebagai pemateri Kepemimpinan, dan Hendrix sebagai pemateri Teknik Sidang, ungkap Akbar.

Akbar berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat mengasah skill dan kemampuan kepemimpinan mahasiswa PAI dalam berorganisasi dan mendapatkan ilmu yang jarang didapatkan di kelas. (*)

Baca Juga

Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Imam Bonjol Padang, Naila Hayati, mengantarkan mahasiswa yang akan melaksanakan PPL,
MAS Saning Bakar Sambut Mahasiswa PPL UIN Imam Bonjol Padang
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati menerima Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri di lantai II Rektorat Kampus III
UIN Imam Bonjol Jalin Kerja Sama dengan Politeknik Negeri Padang
LPM UIN Imam Bonjol Padang menggelar Workshop Pengisian Risk Register Manajemen Resiko di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang.
LPM UIN Imam Bonjol Padang Gelar Workshop Pengisian Risk Register Manajemen Resiko
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati melepas 20 mahasiswa untuk mengikuti Program Student Mobility di Istanbul Foundation, Turkiye
Rektor UIN IB Padang Lepas 20 Mahasiwa Ikuti Program Student Mobility ke Turkiye dan Australia
Kementerian Agama dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Forum Interfaith and Intercivilizational Reception
Rektor UIN Imam Bonjol Padang Sambut Baik Digelarnya Forum Intercivilizational Reception
UIN Imam Bonjol Padang akan menggelar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Ujian ini akan dilaksanakan
UM-PTKIN UIN Imam Bonjol Padang Digelar 24-25 Juni 2024