HKBN 2024 di Padang, Evakuasi Mandiri Jadi Fokus Utama

Berita Gempa Pasaman Barat terbaru dan terkini hari ini: BMKG minta agar jalur evakuasi dan shelter dicek kembali.

Salah satu rambu jalur evakuasi yang tak terawat di salah satu daerah di Mentawai, Sumatra Barat. (Foto: Zulfikar/Langgam.id)

Langgam.id - Kota Padang bersiap menjadi tuan rumah Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024 pada 26 April mendatang. Persiapan matang terus dilakukan demi kelancaran acara yang akan diikuti 17 provinsi dan 30 kabupaten/kota secara live streaming.

Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Pangarso Suryotomo, mengunjungi Padang pada Kamis (18/4/2024) untuk meninjau kesiapan acara dan memfinalkan rundown. Gedung Youth Center akan menjadi pusat kegiatan, dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Kepala BMKG, Ketua Komisi VIII DPR RI, dan unsur terkait lainnya dijadwalkan hadir.

"Persiapan fisik di Youth Center hampir rampung, termasuk internet untuk live streaming dan simulasi evakuasi mandiri," ujar Kalaksa BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton, dikutip dari Infopublik, Jumat (19/4/2024).

Evakuasi mandiri menjadi fokus utama dalam HKBN 2024. Pada tanggal 26, sirine akan dibunyikan dan kelurahan tangguh bencana yang diakui UNESCO akan menggelar simulasi evakuasi di sekolah, rumah ibadah, pasar, dan tempat lainnya.

Lima poin kegiatan HKBN 2024 meliputi kampanye keselamatan dan sosialisasi publik, peningkatan kapasitas dan keterampilan masyarakat, pengecekan protap/SOP dan kesiapan personel dan logistik kebencanaan, latihan penyelamatan diri dan evakuasi mandiri, serta uji alat peringatan dini, tempat evakuasi, jalur evakuasi, dan pemasangan rambu-rambu

    HKBN 2024 diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. (*/Fs)

    Tag:

    Baca Juga

    Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekrat) sudah mengumumkan 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang ADWI 2024.
    Selamat! 3 Desa Wisata di Sumbar Masuk 50 Besar ADWI 2024
    65 Anggota DPRD Sumbar berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih tersisa hingga akhir masa jabatan periode 2019-2024 berakhir.
    65 Anggota DPRD Sumbar Komitmen Selesaikan Pekerjaan Tersisa hingga Akhir Masa Jabatan
    Eks Personil JKT48 Elaine Hartanto Meriahkan Festival Budaya Jepang Bunkasai XXI di UBH
    Eks Personil JKT48 Elaine Hartanto Meriahkan Festival Budaya Jepang Bunkasai XXI di UBH
    Gubernur Mahyeldi Libatkan Semua Pihak Tangani Bencana Sumbar
    Gubernur Mahyeldi Libatkan Semua Pihak Tangani Bencana Sumbar
    HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
    HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
    Hebatnya kampus itu ditandai dengan mahasiswanya berprestasi. Dosen dan pimpinan yang hebat, karena mahasiswanya berprestasi.
    UIN IB Padang Ciptakan Mahasiswa Berprestasi Lewat Pelatihan Student Literacy Camp 2024