Hasil Rapid Test Positif, Swab 13 Warga Dharmasraya Dipastikan di Labor Unand

Labor Unand Covid-19 Sumbar

Ilustrasi tes covid-19. (Foto: Fernando Zhiminaicela/pixabay.com)

Langgam.id - Sebanyak 13 warga Kabupaten Dharmasraya terindikasi positif terjangkit Covid-19 berdasarkan hasil rapid test. Untuk memastikan positif atau negatif, sampel swab mereka dikirim ke laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas untuk diperiksa.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, dr. Rahmadian, mengatakan, 13 orang tersebut positif dari hasil rapid test dari 33 orang yang diambil sampel darahnya pada Rabu (22/4/2020).

Para warga tersebut tersebar di beberapa kecamatan, yakni di Kecamatan Koto Baru, Kecamatan Tiumang dan Kecamatan Pulau Punjung. "Untuk memastikan 13 orang ini positif terinfeksi Covid-19 atau tidak, akan segera dilakukan pemeriksaan lanjutan, yakni swab test," katanya, sebagaimana dirilis Humas Pemkab Dharmasraya.

Sebagaimana diketahui, hasil rapid test belum bisa dijadikan patokan untuk memastikan seseorang positif atau negatif terjangkit virus Corona. Untuk kepastian, harus dengan tes swab.

Di sisi lain, juga ada kabar gembira. Karena, hasil tes swab terhadap 5 warga Dharmasraya lainnya yang diterima dari labor Unand dinyatakan negatif. Lima orang tersebut adalah orang-orang yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 di Dharmasraya, yakni Tn. J dan TN R.

Kondisi kedua warga yang positif tersebut, menurutnya, semakin membaik.
"Kondisinya sudah semakin membaik dan sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Kita doakan, semoga pasien Positif Covid-19 ini segera pulih kembali," ujar Rahmadian.

Menurutnya, di Dharmasraya saat ini ada 1.230 orang PPT yang masih berada dalam pengamatan petugas kesehatan. Dari 1.230 orang tersebut, 126 orang diantaranya adalah para santri yang baru kembali dari Temboro Jawa Timur. (*/SS)

Baca Juga

Bupati Dharmasraya Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir Bandang
Bupati Dharmasraya Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir Bandang
Kuli Bangunan di Padang Simpan Lima Paket Sabu Siap Edar
Operasi Antik Singgalang 2024, Polres Dharmasraya Ringkus 3 Pelaku Pengguna Narkotika
Jembatan Siguntur – Siluluak Bernilai Rp.21,7 M Mulai Dikerjakan
Jembatan Siguntur – Siluluak Bernilai Rp.21,7 M Mulai Dikerjakan
Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Pasar rakyat berkonsep modern akan segera hadir di Kabupaten Dharmasraya. Pelaksanaan groundbreaking proyek pembangunan Pasar Dharmasraya
Gandeng PT Adhi Perkasa Gedung, Pasar Rakyat Dharmasraya Dibangun di Lahan 5 Ha
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia