Hasil Pemeriksaan 1.073 Sampel, 2 Warga Sumbar Dilaporkan Positif Covid-19

18 Warga Sumbar Sembuh dari Corona, mutasi lokal

Ilustrasi (Foto: Fernando Zhiminaicela/pixabay.com)

Langgam.id - Berdasarkan hasil pemeriksaan sebanyak 1.073 sampel sejak Kamis (21/5/2020) hingga Jumat (22/5/2020) dini hari, sebanyak 2 orang warga Sumatra Barat (Sumbar) dilaporkan positif Virus Corona (Covid-19). Sehingga total warga Sumbar yang telah dinyatakan positif corona sebanyak 438 orang, Jumat (22/5/2020) pukul 15.00 WIB.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, laporan penambahan kasus positif itu berdasarkan pemeriksaan di Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang dan Balai Veteriner Bukittinggi.

"Hal ini merupakan prestasi luar biasa, dan mendapatkan apresiasi dari Balitbang Kemenkes RI, karena dengan sample sebanyak itu, kita telah menjadi pemeriksa sample nomor 1 terbanyak di Indonesia," ujar Jasman kepada Langgam.id, Jumat (22/5/2020).

2 kasus positif Covid-19 yang dilaporkan hari ini, jelas Jasman, keduanya berasal dari Kabupaten Dharmasraya. Keduanya juga merupakan warga Pulau Punjung.

Pertama, yaitu seorang wanita berumur 34 tahun. Ia berprofesi sebagai tenaga kesehatan. Diduga terpapar corona di tempat kerja. Saat ini ia telah menjalani isolasi mandiri.

Kedua, yaitu seorang wanita berumur 36 tahun, bekerja sebagai wiraswasta. Diduga terinfeksi corona karena kontak dengan pasien positif, dan saat ini ia juga menjalani isolasi mandiri.

Kemudian, juga dilaporkan pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia, yaitu seorang pria berumur 59 tahun, warga Lubuk Kilangan, Kota Padang, ia merupakan seorang petani. Meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang.

Dengan demikian, total yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai hari ini, Jumat (22/5/2020 sebanyak 438 orang, dengan rincian 135 orang dirawat di berbagai Rumah Sakit, isolasi mandiri 38 orang, isolasi daerah 3 orang, Bapelkes 11 orang dan di BPSDM 59 orang, BPP Padang 11 orang, meninggal dunia 24 orang dan sembuh 157 orang. (Rahmadi/ZE)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: KPU juga meminta agar Pemprov Sumbar menghibahkan tanah untuk membangun kantor KPU.
5 Anggota KPU Sumbar Terpilih Diumumkan, Nihil Keterwakilan Perempuan
Pengumuman Seleksi Bakal Calon Direksi PT Grafika Jaya
Pengumuman Seleksi Bakal Calon Direksi PT Grafika Jaya
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Erupsi Gunung Marapi, BKSDA Sumbar Pantau Pergerakan Satwa
Erupsi Gunung Marapi, BKSDA Sumbar Pantau Pergerakan Satwa
Erupsi Gunung Marapi, BKSDA Sumbar Pantau Pergerakan Satwa
27 Kali Erupsi, Kolom Abu Gunung Marapi Condong ke Timur-Tenggara
Respons Pernyataan Presiden, Ini Kata Gubernur Soal Tol Padang-Pekanbaru
Respons Pernyataan Presiden, Ini Kata Gubernur Soal Tol Padang-Pekanbaru