Harimau Sumatra Sambangi Halaman Masjid Alisma Alius Lubuk Selasih Solok

Harimau Sumatra Sambangi Halaman Masjid Alisma Alius Lubuk Selasih Solok

Tangkapan layar dari rekaman CCTV yang dikirim ke Infosuumbar.net, dimana terlihat harimau Sumatra menyambangi halaman Masjid Alisma Alius, Lubuk Selasih, Solok.

Langgam.id - Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) tertangkap kamera video (CCTV) sambangi halaman Masjid Alisma Alius Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Kamis (30/5/2024).

Dalam rekaman video (CCTV) masjid itu, terekam jelas aktivitas harimau dalam durasi 31,4 detik. Harimau itu muncul dari arah Solok, lalu masuk pekarangan (halaman) masjid. Berdiam sejenak. Lalu berjalan ke arah Padang. Dan kemudian kembali lagi ke halaman masjid tersebut. Dan kemudian harimau itu berlalu, hilang dari tangkapan kamera.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) Lugi Hartanto mengatakan, tim di lapangan mendapat laporan pada Kamis, 30 Mei 2024 sekira pukul 02.00 dini hari.

Lalu, sebutnya, Tim Balai KSDA Sumbar bersama Tim Pagari langsung turun melakukan upaya mitigasi dan mengedukasi agar masyarakat tenang.

"Dilihat dari cctv dapat dianalisa kemana arah pergerakannya sehingga tim mulai dari pagi kemarin hingga saat ini sangat inten mengantisipasi keberadaan harimau tersebut dengan cara membunyikan meriam Karbit agar satwa tidak mendekati lagi wilayah tersebut dan mengedukasi masyarakat agar tetap waspada dalam beraktifitas," terangnya.

"Tim melakukan upaya penggiringan satwa ke habitatnya yang berbatasan langsung dengan habitatnya di kawasan hutan. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tenang dan tidak terdapat korban jiwa baik dari pihak manusia maupun satwa," ujar Lugi lagi.

Dia menambahkan, tim pun berkoordinasi dengan Polsek Gunung Talang, Polres, Bhabinsa dan Pemerintahan Nagari untuk membantu melakukan penggiringan. Hingga ttadi malam Tim gabungan masih melakukan penghaluan bersama. (*/Yh)

Baca Juga

Daftar 11 Rekrutan Anyar Semen Padang FC, Ramaikan Liga 1 2024/2025
Daftar 11 Rekrutan Anyar Semen Padang FC, Ramaikan Liga 1 2024/2025
Langgam.id - Kongres Kebudayaan 2022 resmi dilaunching dalam acara yang digelar di Hotel Santika, Kota Padang, Sumbar, Selasa (9/8/2022).
Irman Gusman Serahkan Dokumen Mantan Terpidana ke KPU Sumbar
PWM Sumatra Barat memberikan rekomendasi dukungan kepada calon Anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Sumbar pada Pemilihan Suara Ulang
Muhammadiyah Dukung Irman Gusman Jadi Anggota DPD RI pada PSU 13 Juli 2024
Roni Nazra Resmi Dikukuhkan Sebagai Kepala Perwakilan OJK Sumbar
Roni Nazra Resmi Dikukuhkan Sebagai Kepala Perwakilan OJK Sumbar
Pilgub Sumbar 2024: Mahyeldi Teratas di 4 Lembaga Survei, Epyardi Melejit
Pilgub Sumbar 2024: Mahyeldi Teratas di 4 Lembaga Survei, Epyardi Melejit
Calon siswa yang dinyatakan diterima di tahap I PPDB SMP negeri di Padang jalur zonasi, sudah diumumkan pada Rabu (19/6/2024).
Daya Tampung 6 SMP Negeri di Padang Ini Belum Terpenuhi di PPDB Tahap I, Apa Saja?