Hari Ini Ulang Tahun ke-75, Begini Jejak Karir Luhut Binsar Pandjaitan

Langgam.id - Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan merayakan ulang tahunnya ke-75 hari ini.

Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. [Foto: IG @sekretariat.kabinet]

Langgam.id - Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan merayakan ulang tahunnya ke-75 hari ini, Rabu (28/9/2022).

Pentolan TNI Angkatan Darat (AD) yang telah melanglang buana ke dunia birokrasi itu ternyata umurnya tak jauh beda dengan Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin. Usia mereka hanya berselisih empat tahun.

Diketahui, Luhut lahir di Toba Samosir, 28 September 1947 dengan nama lengkap Luhut Binsar Pandjaitan.

1970, dia menamatkan pendidikan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Lalu melanjutnya studi Master in Public Administrasi di George Washington Univesity, Amerika Serikat.

Luhut juga merupakan tamatan National Defense University Amerika Serikat.

Jejak karir Luhut sejak 1996 sampai 1997, ia menjadi Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri TNI AD. Kemudian, 1997 sampai 1998, ia dipercayai sebagai Komandan Pendidikan dan Latihan TNI AD.

Setelah bergelut di dunia militer, Luhut diangkat menjadi Duta Besar RI Berkuasa Penuh untuk Singapura tahun 1999 sampai 2000 di masa kepemimpinan presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid.

Masih di masa kepemimpinan Abdurrahman Wahid, Luhut juga sempat menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI, sejak tahun 2000 sampai 2001.

Di tahun 2004, Luhut mulai merintis bisnis di bidang energi dan pertambangan yang bernama PT Toba Sejahtera, yang kini memiliki anak usaha yang bergerak di sektor minyak, gas, perkebunan, dan kelistrikan.

Kemudian, sejak Joko Widodo menjabat sebagai Presiden, Luhut dipercapaya sebagai Kepala Staf Kepresidenan RI selama satu tahun, mulai 2014 sampai 2015.

Setelah itu, sejak 2015 sampai 2016, Luhut diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin dan Luhut Binsar Pandjaitan Bakal ke Bukittinggi 12 April 2022, Ini Agendanya

Lalu, tahun 2016 sampai 2019, Luhut dipercayai Jokowi untuk mengisi jabatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan sejak 2019 sampai saat skerang ini, dia diamanahkan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Berita terbaru dan terkini hari ini: Ma'ruf Amin, Luhut Binsar Pandjaitan dan Sandiaga Uno bakal ke Kota Bukittinggi 12 April 2022.
Wapres Ma'ruf Amin dan Luhut Binsar Pandjaitan Bakal ke Bukittinggi 12 April 2022, Ini Agendanya
Sosialisasi PPDB PPMTI Koto Nan Ampek Disambut Antusias di Lima Puluh Kota
Sosialisasi PPDB PPMTI Koto Nan Ampek Disambut Antusias di Lima Puluh Kota
Tingkatkan Fasilitas Kolam Renang Teratai, Wawako Padang Yakin Bisa Hasilkan PAD Rp2 Miliar per Tahun
Tingkatkan Fasilitas Kolam Renang Teratai, Wawako Padang Yakin Bisa Hasilkan PAD Rp2 Miliar per Tahun
Putra Payakumbuh Djon Afriandi Diangkat jadi Danjen Kopassus
Putra Payakumbuh Djon Afriandi Diangkat jadi Danjen Kopassus
Ekspor CPO Sumbar
Polsek Lembah Melintang Pasbar Amankan 2 Pelaku Pencurian Sawit
Satpol PP Padang Kembali Tertibkan PKL di Lubeg dan Simpang Haru
Satpol PP Padang Kembali Tertibkan PKL di Lubeg dan Simpang Haru