Hari Ini, Ganefri Dilantik Jadi Rektor UNP Periode 2020-2024

Hari Ini, Ganefri Dilantik Jadi Rektor UNP Periode 2020-2024

Rektor UNP Prof. Ganefri. (Foto: dok unp)

Langgam.id - Rektor petahana Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Ph.D akan kembali dilantik untuk memimpin perguruan tinggi tersebut dalam periode kedua, yakni 2020-2024.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dijadwalkan akan melantik Ganefri secara online, Kamis (4/6/2020) pagi ini. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan rektor sendiri akan digelar di Auditorium UNP dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Ganefri telah memenangi proses pemilihan rektor UNP yang diikuti oleh tiga orang calon. Dua lainnya adalah Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dan Dr. Refnaldi dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Ketua Senat UNP Prof. Dr. Z Mawardi Effendi, M.Pd mengatakan proses pemilihan yang diikuti tiga orang calon berjalan itu dengan baik, dengan hasil petahana menang telak dengan mengumpulkan 126 dari total 131 suara, terdiri dari 65 persen suara senat universitas dan 35 persen suara menteri.

“Pemilihan dengan voting dilakukan secara daring, dengan komposisi 65 persen suara senat dan 35 persen suara menteri. Hasilnya Prof Ganefri mengumpulkan 126 suara,” katanya, Kamis (23/4/2020) lalu.

Ia mengatakan hasil pemilihan tersebut, yakni Ganefri meraih 126 suara, sedangkan dua calon lainnya Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd dan Dr. Refnaldi, M.Litt meraih masing-masing tiga dan dua suara.

Pemilihan tersebut juga diikuti perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yakni Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemendikbud Dra. Dyah Damayanti, M.Ed melalui video conference.

Dalam proses pemilihan hanya dua calon rektor yang hadir, yakni Ganefri dan Refnaldi. Kemudian ditunjuk tiga orang sebagai saksi dalam proses pemilihan secara e-voting yakni Prof. Dr. Yasri, MS, Prof. Dr. M Giatman, MSIE, dan Dr. Yuliana, SP. M.Si.

Ganefri adalah putra kelahiran Payakumbuh, 17 Desember 1963. Anak ketiga dari empat bersaudara itu menyelesaikan studi sarjana di Universitas Negeri Padang (UNP) bidang Pendidikan Teknik Elektro, Magister di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bidang Pendidikan Teknik dan Kejuruan, dan doktoral diraihnya dari UKM Malaysia di bidang Pendidikan Teknikal Vokational.

Sebelum menjabat rektor UNP, Ganefri adalah Ketua Kopertis Wilayah X (Sumbar, Riau, Kepri, dan Jambi), dan sebelum itu menjabat Dekan Fakultas Teknik UNP. (HF)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Rektor UNP Prof. Ganefri Jadi Ketua Majelis Rektor PTN
Rektor UNP Prof. Ganefri Jadi Ketua Majelis Rektor PTN
Orasi Ilmiah di Wisuda UNP, Dirut PT Semen Padang Sampaikan Program Industri Hijau
Orasi Ilmiah di Wisuda UNP, Dirut PT Semen Padang Sampaikan Program Industri Hijau
Dibuka Nadiem, 3.079 Atlet Mahasiswa Ikuti Pomnas di Padang Hingga 26 November Ini
Dibuka Nadiem, 3.079 Atlet Mahasiswa Ikuti Pomnas di Padang Hingga 26 November Ini
8 Calon Penerima Beasiswa Luar Negeri SMA Asal Padang Panjang Ikuti Seleksi Tahap Akhir
8 Calon Penerima Beasiswa Luar Negeri SMA Asal Padang Panjang Ikuti Seleksi Tahap Akhir
Langgam.id - Sebanyak 117 mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Agam mendapatkan bantuan biaya hidup dari pemerintah setempat.
117 Mahasiswa di Agam Dapat Biaya Hidup dari Pemerintah, Dibayarkan untuk 4 Tahun
Langgam.id - Kekerasan seksual di lingkungan kampus juga merupakan salah satu hal yang harus diawasi, kasusnya cukup banyak terjadi.
Begini Cara UNP Cegah Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus