Hari Buruh, Serikat Pekerja Semen Padang Sumbangkan 310 Kantong Darah ke PMI

Hari Buruh, Serikat Pekerja Semen Padang Sumbangkan 310 Kantong Darah ke PMI

Kegiatan donor darah yang digelar Serikat Pekerja Semen Padang. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - Dalam rangka memperingati Hari Buruh atau May Day, dan Hari Palang Merah Internasional, Serikat Pekerja PT Semen Padang (SPSP) menggelar kegiatan donor darah di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, Rabu (8/5/2024) lalu.

Bekerja sama dengan PMI Kota Padang, pada donor darah dengan tema "Sinergi dan Kolaborasi Dalam Kontribusi Kesehatan Negeri" itu, sebanyak 310 kantong darah berhasil terkumpul. Dan, donor darah tersebut diikuti karyawan Semen Padang Group dan keluarga.

Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri mengapresiasi SPSP yang telah menginisiasi kegiatan donor darah. Dia berharap, kegiatan sosial donor darah ini dapat membantu PMI Kota Padang dalam memenuhi kebutuhan stok darah.

"Alhamdulillah, ini donor kedua di tahun 2024 ini. PT Semen Padang setiap tahun berkomitmen menyelenggarakan donor darah sebanyak 6 kali. Tentunya, komitmen ini membuktikan bahwa PT Semen Padang peduli pada kemanusiaan, dalam hal donor darah," katanya dalam keterangan resmi.

Menurutnya, donor darah bagi yang sehat merupakan hal yang sangat mudah. Cukup mendaftar, kemudian diperiksa kesehatannya, dan setelah itu langsung ikut donor darah. "Memang agak sedikit sakit, tapi jauh lebih sakit orang yang membutuhkannya," ujar Oktoweri.

Ketua Umum SPSP Faisal Arif menyebut bahwa donor darah ini digelar dalam rangka memperingati May Day (Hari Buruh), dan juga dalam rangka memperingati Hari Palang Merah Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 Mei.

"Selain itu, donor darah ini juga merupakan program rutin SPSP setiap tahunnya. Alhamdulillah, pada donor darah hari ini kami berhasil menyumbangkan sebanyak 310 kantong darah ke PMI. Jumlah ini melebihi target kami sebanyak 300 kantong darah," katanya.

Ketua Panitia Donor Darah SPSP, Wahyudi menambahkan bahwa pada donor darah ini, SPSP juga berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Koperasi Karyawan Semen Padang (KKSP), Semen Padang Hospital (SPH), BSI, BNI, dan Ajwa Tour.

"Kolaborasi ini dilakukan, sesuai dengan tema donor darah SPSP. Karena, untuk mencapai target kebutuhan darah, diperlukan kolaborasi dan sinergi. Maka dari itulah, kami melibatkan berbagai pihak untuk kegiatan donor darah ini," katanya.

Pada donor darah ini, SPSP juga menyediakan berbagai macam doorprize dan juga voucher belanja. Kemudian, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis bersama SPH, serta pembagian souvenir menarik untuk 200 pendonor pertama, dan juga spesial guest Uda Rio bersama Ajwa Tour.

Kepala Bagian Teknis Labor Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Padang, dr. Diana Ayu Irsanti, mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang, khususnya SPSP. Karena, donor darah adalah aksi sosial yang nyata, dan PMI Kota Padang sangat terbantu dengan adanya kegiatan donor darah yang rutin digelar oleh anak usaha SIG itu.

"Kami berterima kasih kepada Semen Padang dan SPSP. Tanpa dukungannya, tentunya kami akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan stok darah. Apalagi, peningkatan kebutuhan darah itu sangat kontras dengan ketersediaan stok darah yang ada di UDD PMI Kota Padang," katanya.

Saat ini, kata dia, kebutuhan darah di rumah sakit ada sekitar 200 kantong/hari. Sementara stok darah di UDD PMI Kota Padang berada dikisaran kurang dari 1000 kantong. "Jumlah ini tidak aman. Kalau stok aman, minimal itu ada stok darah 1000 kantong/hari," ujarnya.

UDD Kota Padang, tambahnya, saat ini melayani kebutuhan darah untuk 30 rumah sakit di Kota Padang dan sekitarnya, termasuk melayani rumah sakit yang ada di luar Kota Padang. Karena, di Sumbar ini tidak semua daerah yang memiliki layanan UDD.

"Makanya, kami berharap apa yang dilakukan oleh Semen Padang ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan lainnya di Kota Padang. Apalagi, donor darah secara rutin itu sangat banyak sekali manfaatnya bagi pendonor," katanya.

Karyawati PT Semen Padang bernama Yenni Efrita, mengaku sudah 20 kali ikut donor darah, dan semua donor darah itu difasilitasi oleh PT Semen Padang. Bagi dirinya, selain alasan kemanusiaan, donor darah ini juga bermanfaat bagi kesehatannya.

"Berbagai literasi yang saya baca, donor darah ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan pendonor, seperti dapat mencegah penyakit kanker, mencegah penyakit jantung dan juga dapat menurunkan berat badan," katanya ditemui disela-sela kegiatan donor darah SPSP.

Hal yang sama juga disampaikan pendonor lainnya, Afriwan. Karyawan PT Semen Padang ini menyebut bahwa dirinya sudah 17 kali ikut donor darah. Ia mau ikut donor, karena donor darah ini dinilai sebagai kegiatan yang baik serta menyehatkan.

"Selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Bahkan, donor darah juga dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah," pungkas Afriwan.(*/Fs)

Tag:

Baca Juga

65 Anggota DPRD Sumbar berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih tersisa hingga akhir masa jabatan periode 2019-2024 berakhir.
65 Anggota DPRD Sumbar Komitmen Selesaikan Pekerjaan Tersisa hingga Akhir Masa Jabatan
Eks Personil JKT48 Elaine Hartanto Meriahkan Festival Budaya Jepang Bunkasai XXI di UBH
Eks Personil JKT48 Elaine Hartanto Meriahkan Festival Budaya Jepang Bunkasai XXI di UBH
Gubernur Mahyeldi Libatkan Semua Pihak Tangani Bencana Sumbar
Gubernur Mahyeldi Libatkan Semua Pihak Tangani Bencana Sumbar
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
Hebatnya kampus itu ditandai dengan mahasiswanya berprestasi. Dosen dan pimpinan yang hebat, karena mahasiswanya berprestasi.
UIN IB Padang Ciptakan Mahasiswa Berprestasi Lewat Pelatihan Student Literacy Camp 2024
Jalan Pasar Lubuk Buaya Sudah Mulus, Pj Wako: Mari Kita Rawat Bersama
Jalan Pasar Lubuk Buaya Sudah Mulus, Pj Wako: Mari Kita Rawat Bersama