Harga Cabai Naik Lagi di Kabupaten Agam

Langgam.id - Kenaikan harga BBM turut berdamopak terhadap harga pangan di Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar), salah satunya Cabai Merah.

Pedagang cabai di salah satu pasar di Lubuk Basung, Kabupaten Agam. [Foto: Dok. AmcNews]

Langgam.id - Cabai Merah Keriting kembali mengalami kenaikan harga di Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar), dari harga sebelumnya Rp80 ribu per kilogram menjadi Rp90 ribu per kilogram.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindagkop dan UKM Agam, Nivo Rianto mengatakan, bahwa kenaikan harga cabai itu dipicu pasokan yang mulai menurun.

"Cuaca saat ini tidak menentu, akibatnya berimbas pada jenis sayuran utamanya cabai yang harganya jadi naik serta pasokannya yang menurun," ujarnya, Jumat (2/9/2022).

Meskipun demikian, kata Novico, harga sejumlah sembako lainnya masih stabil. Seperti, gula pasir lokal bertahan di harga Rp14.000 per kilogram.

Lalu, minyak goreng Rp24.000 per kilogram, telur ayam ras Rp2.000 per butir, cabai rawit Rp40.000 per kilogram, bawang merah Rp24.000 per kilogram, dan daging ayam broiler Rp65.000 per kilogram.

Sementara itu, seorang pembeli yang juga memiliki usaha rumah makan di Lubuk Basung, mengaku sangat merugi akibat kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut.

Baca juga: Melambung Saat Lebaran Idul Adha, Harga Cabai di Padang Berangsur Turun

Menurutnya, akibat tren kenaikan cabai, pedagang dan pembeli sama-sama mengurangi porsi penjualan, juga konsumsi mereka. Ia berharap harga cabai bisa kembali stabil, agar bisa memperoleh keuntungan yang maksimal.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Ribuan Pengunjung Banjiri Objek Wisata Agam Selama Libur Lebaran
Ribuan Pengunjung Banjiri Objek Wisata Agam Selama Libur Lebaran
Gudang Kain di Bukittingi Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar
Libur Lebaran di Agam, 3 Peristiwa Kebakaran 1 Orang Meninggal Dunia
Pemkab Agam Gelar Apel Gabungan Pasca Libur Idul Fitri, Pastikan Pelayanan Kembali Optimal
Pemkab Agam Gelar Apel Gabungan Pasca Libur Idul Fitri, Pastikan Pelayanan Kembali Optimal
Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai
Dampak Banjir Lahar Dingin di Agam: Jalan Pertanian Putus hingga Warga Harus Dievakuasi
Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati meninjau lokasi musibah banjir lahar dingin aliran Gunung Marapi di Bukit Batabuah,
Antisipasi Banjir Lahar Dingin, Polres Bukittinggi Koordinasi dengan BPBD Agam