Haji Ramah Lansia: Fokus Kementerian Agama RI Tahun 2024

Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu. Bagi banyak jemaah, haji merupakan mimpi

Prof Dr Martin Kustati MPd saat mendampingi seorang lansia yang melaksanakan ibadah haji.

Sebagai regulator, Kementerian Agama Republik Indonesia tidak sebatas menyusun berbagai regulasi dan kebijakan yang menitikberatkan pelayanan haji pada jamaah lanjut usia (lansia).

Dengan peran yang proaktif dan komprehensif, Kementerian Agama turut berkontribusi dalam memastikan para lansia dapat menjalani ibadah haji dengan lancar, nyaman, dan aman sesuai dengan prinsip keagamaan dan kemanusiaan.

Atmosfer tersebut begitu terasa ketika mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada 28 Mei 2024. Tampak seluruh petugas haji Indonesia dibawah komando Dandalgas Haji 2024 Bapak Hasan Basri Sagala, dengan sigap dan cekatan melayani kebutuhan para jamaah lansia, baik dalam melaksanakan ibadah maupun kegiatan rutin lainnya.

Sampai berita ini ditulis, kami selaku tim monitoring dan evaluasi pelaksanaan haji tahun 2024 memperoleh informasi dari Kepala Daerah Kerja Bandara King Abdul Aziz, Jeddah Bapak Abddillah menyampaikan belum ada permasalahan yang signifikan dalam pelayanan jamaah lansia.

Hasil monev pada 13 sektor oleh tim 1 yang terdiri dari: Hasan Basri Sagala,M.Si, Dr. H. Ahmad Baheij, S.H., M.Hum., Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd., Prof. Dr. TGH Masnun Tahir, M.Ag, dan Subarja Odih Zakaria di Makkah Sarana dan prasarana yang disediakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, ditambah lagi terdapat sejumlah petugas yang siap melayani para jamaah lansia merupakan sebuah komitmen Gus Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama Republik dalam mewujudkan pelayanan Haji Ramah Lansia.

Monitoring dan evaluasi yang terus dilakukan secara berkesinambungan menjadi poin penting dalam mewujudkan layanan haji lansia.

Di samping itu, dukungan psikologis dari para pendamping pada masing-masing kloter dan para jamaah satu kloter berkoordinasi dengan para petugas merupakan hal yang penting dalam menyukseskan layanan haji lansia.

Harapan kita bersama semoga rangkaian ibadah haji para jamaah lansia ini dapat berjalan dengan lancar dan mengikuti seluruh tahapan dan rangkaian kegiatan dengan baik.

Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd, Rektor Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Tim Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Haji Tahun 2024

Baca Juga

Lembaga Penjamin Mutu Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Pelaksana Mutu Internal
LPM UIN IB Padang Gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Pelaksana Mutu Internal
Sebanyak 20 mahasiswa terpilih ajang Student of Imam Bonjol Academic Community – Smart Internship Program (SIBac-sip) 2024.
20 Mahasiswa UIN IB Padang Lolos SIBac-sip 2024, Bakal Berangkat ke Turki dan Australia
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang mengadakan workshop untuk peningkatan layanan fakultas. Kegiatan ini dibuka oleh
FEBI UIN Imam Bonjol Padang Adakan Workshop Peningkatan Layanan Fakultas
UIN Imam Bonjol Padang menggelar Workshop Peninjauan Standar Mutu yang bertajuk “Memperkuat Standar Mutu melalui Peninjauan Standar Mutu
Tingkatkan Standar Mutu Dosen, UIN IB Padang Gelar Workshop Peninjauan Standar Mutu
Kelompok terbang (kloter) 17 calon jemaah haji (CJH) Embarkasi Padang diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM menuju
Sempat Diguyur Hujan, Kloter Terakhir CJH Embarkasi Padang Diberangkatkan ke Tanah Suci
CJH Kloter 7 Embarkasi Padang diberangkatkan ke Tanah Suci dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia pada Minggu (19/5/2024)
Kloter 13 Calon Jemaah Haji Embarkasi Padang Berangkat ke Tanah Suci