HAB Kemenag: Menteri Agama Minta Jaga Kerukunan Jelang Pemilu 2024

HAB Kemenag: Menteri Agama Minta Jaga Kerukunan Jelang Pemilu 2024

Menteri Agama Yaqut Cholis Qoumas saat peringatan Hari Amal Bakti Kemenag ke-77 tahun 2023. [Foto: Kemenag RI]

Langgam.id - Menteri Agama Yaqut Cholis Qoumas meminta masyarakat Indonesia untuk menjaga kerukunan antar umat beragama menjelang Pemilu 2024. Hal itu disampaikan saat peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-77 tahun 2023.

"Kerukunan sering menguji kita, lebih-lebih menjelang Pemilu 2024. Padahal, sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional," kata Menag dikutip Langgam.id dari situs resmi kemenag.go.id, Rabu (4/1/2023).

Menurutnya, pembangunan membutuhkan stabilitas. Sementara stabilitas dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai.

Karena itu, Kemenag mengusung tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat dalam menyambut HAB ke-77 yang jatuh pada hari Selasa (3/1/20230).

Yaqut Cholis Qoumas menegaskan, tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama dan kerukunan.

"Di tahun politik 2023 ini, potensi terjadi ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda, tetap saja ada," katanya.

Politisasi agama, lanjutnya, makin sering dilakukan untuk meraih efek elektoral. Politisasi tempat ibadah sebagai ajang kampanye, sudah mulai terjadi. Penggunaan politik identitas menjelang Pemilu harus diantisipasi dan dimitigasi agar kerukunan umat tidak ternodai.

"Kita semua mesti belajar pada apa yang terjadi pada pesta demokrasi sebelumnya, di mana masyarakat terbelah yang hingga kini masih bisa dirasakan, terutama di media sosial," tutur Gus Men

Menag pun meminta keluarga besar Kementerian Agama, bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya.

"Semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama. Saya minta tidak ada ASN Kementerian Agama yang partisan, apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan," kata Menag.

Baca Juga: Jadi Irup HAB ke 76, Wagub Sumbar Jelaskan Peran Penting Kemenag Bagi Umat Beragama

ASN Kemenag, tegasnya, harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan. "Dan yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia hebat," katanya.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Kemenag RI: Sejak Ada Sertifikasi, Angka Perceraian Tinggi di Indonesia
Kemenag RI: Sejak Ada Sertifikasi, Angka Perceraian Tinggi di Indonesia
Langgam.id - Kemenag mengingatkan agar JCH asal Indonesia tidak merokok di sembarang tempat selama menunaikan ibadah haji tahun 2022.
Kemenag Ingatkan Jemaah Calon Haji Agar Tak Merokok Sembarangan Selama di Tanah Suci
hasil-sidang-isbat-menag-lebaran-jatuh-pada-senin-2-mei-2022
Hasil Sidang Isbat, Menag: Lebaran Jatuh pada Senin, 2 Mei 2022
Berita terbaru dan terkini hari ini: Kemenag RI menerbitkan SE sebagai panduan atau ketentuan dalam penyelenggaraan ibadah ramadan.
Ini 12 Ketentuan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah Oleh Kemenag RI
Permasalahan baru yang menimpa umat Islam yakni terkait daftar nama-nama ustadz kondang yang terdaftar dalam jaringan radikalisme.
Toa, Keber-Islaman dan Toleransi
Langgam.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berencana mengundang pepimpin umat Katolik, Paus Fransiskus ke Indonesia.
Menag Yaqut Cholil Qoumas Akan Undang Paus Fransiskus ke Indonesia