Gubernur Sumbar Terima Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP dari Mendagri

Gubernur Sumbar Terima Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP dari Mendagri

Gubernur Sumbar Mahyeldi menerima penghargaan Karya Bhakti Satpol PP dari Mendagri Tito Karnavian. (Foto: Adp Sumbar)

LanggamInfo -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menjadi Inspektur Upacara (Irup) saat Apel Gelar Pasukan dalam rangka peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional 2024 di Halaman Istana Gubernur Sumbar, Minggu (3/3/2024). Dalam kesempatan itu, Mendagri juga menyerahkan Piagam Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP kepada Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

Mengawali amanatnya, Mendagri Tito mengucapka terima kasih kepada Gubernur Sumbar beserta jajaran, atas kesediaan menjadi tuan rumah peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tingkat Nasional tahun ini. Apresiasi dari Kemendagri selaku pembina dan pengawas pemerintah daerah (Pemda) dan Satpol PP serta Satlinmas seluruh Indonesia, disebut layak diberikan kepada Gubernur Sumbar beserta jajaran di lingkup Pemprov Sumbar.

"Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP yang kita berikan hari ini pada Gubernur Mahyeldi, merupakan apresiasi atas perhatian sebagai kepala daerah, dalam meningkatkan peran serta tanggung jawab memajukan Satpol PP dan Satlinmas. Semoga, budi baik Gubernur Sumbar bernilai pahala yang besar di sisi Allah SWT," ucap Mendagri Tito.

Dalam amanatnya, Mendagri juga menyatakan rasa bangga dan aspresiasinya kepada seluruh Anggota Satpol PP dan Satlinmas di seluruh Indonesia, atas dedikasi dalam pelaksanaan tugas selama ini, termasuk atas terselenggaranya rangkaian peringatan HUT Satpol PP dan Linmas di Sumbar.

Mantan Kapolri itu juga menyampaikan, bahwa Satpol PP dan Satlinmas memiliki peran yang sangat besar dalam memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, perlindungan masyarakat, serta dalam upaya penegakan Peraturan Daerah (Perda). Dedikasi itu menandakan bahwa kedua satuan tersebut termasuk ujung tombak dalam pelaksanaan pemerintahan.

"Bersama unsur-unsur lainnya, Satpol PP dan Satlinmas merupakan komponen penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, melindungi dan mengayomi masyarakat, serta turut menegakkan hukum, khususnya Peraturan Daerah," ucapnya lagi.

Lampiran Gambar

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga menyinggung bahwa selama pelaksanaan Pemilu serentak pada Februari lalu, Satpol PP dan Satlinmas bersama TNI/Polri dan lembaga terkait lainnya, telah membuktikan peran yang sangat besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Sehingga, rangkaian pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar dan kondusif.

"Pemilihan Umum menjadi bagian terpenting dari kehidupan demokrasi dan menjadi penanda bahwa Indonesia adalah negara demokratis, negara yang memiliki kedaulatan rakyat," ujarnya lagi.

Di sisi lain, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menghaturkan rasa syukur dan terima kasih atas dipercayainya Sumbar sebagai tuan peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas untuk kali pertama dalam sejarah. Terlebih, tak kurang dari 3.000 orang peserta hadir di Sumbar, yang sudah tentu memunculkan efek ekonomi yang baik bagi daerah.

"Kami menyadari betapa pentingnya peran dan fungsi Satpol PP sebagai penegak Perda. Salah satu harapan kami, agar Satpol PP yang masih berstatus honor agar bisa bisa dijadikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang sudah tentu akan menambah motivasi dalam pelaksanaan tugas-tugasnya," ujar Mahyeldi.

Gubernur Mahyeldi juga mengucapkan terima kasih kepada Satpol PP dan Satlinmas, yang berada di garis depan bersama TNI/Polri, sehingga pelaksanaan pemilu di Sumbar dapat berlangsung lancar dan kondusif. "Ke depan, kita juga berharap pelaksanaan Pilkada pada 27 November nanti, dapat dipersiapkan dengan baik, sehingga juga menjadi Pilkada yang kondusif dan aman," harap Gubernur.

Sementara itu dalam laporannya, Plh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri, Amran, menyampaikan bahwa rangkaian peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas sebelumnya telah diawali dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional Satpol PP dan Satlinmas pada 2 Februari 2024 di Hotel Truntum Padang.

"Ada pun tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas Tahun 2024 ini adalah 'Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam Menciptakan Trantibumlinmas mendukung Pemilu dan Pilkada 2024'. Pemilihan tema ini bertujuan untuk meningkatkan semangat, profesionalitas, dan integritas Satpol PP dan Satlinmas dalam hal pengamanan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024," ucap Amran. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Jabatan Gusti Chandra sebagai Direktur Kredit dan Syariah merangkap tugas Pjs Direktur Utama (Dirut) dan seluruh Direksi Bank Nagari,
Bank Nagari Klaim Selama Libur Lebaran Layanan Perbankan Berjalan Baik dan Lancar
Amazing Grace Production dan Yayasan Rumah Film Indonesia (YARFI) bekerja sama dengan BNN RI sedang mempromosikan film baru
Film Start Up Never Give Up Segera Tayang di Bioskop, Ricky Yanuarfi: Mantan Pecandu Berpeluang Sukses
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan