Gubernur Sumbar Minta Semangat Perang Manggopoh Diwariskan Generasi Muda

Gubernur Sumbar Minta Semangat Perang Manggopoh Diwariskan Generasi Muda

Foto: AMC

Langgam.id - Peringatan Perang Manggopoh ke-116 yang digelar di Gelanggang Olah Raga (GOR) Buya Hamka, Pasar Durian Manggopoh, Lubuk Basung, Sabtu (15/6) menjadi momen penting untuk meneguhkan semangat juang dan nilai-nilai kepahlawanan bagi generasi penerus.

Mewakili Gubernur Sumbar, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumbar Erinaldi, menyampaikan pesan penting agar esensi Perang Manggopoh terus dijaga dan diwariskan dari generasi ke generasi.

“Mari kita jadikan ini sebagai titik balik untuk mengukur sejauh mana kita memaknai nilai-nilai dan semangat para pejuang tersebut. Kita jadikan modal dan motivasi untuk menata kehidupan yang lebih baik,” ujar Erinaldi.

Perang Manggopoh, yang terjadi pada 15 Juni 1908, merupakan peristiwa penting dalam sejarah perjuangan bangsa melawan penjajahan Belanda. Semangat pantang menyerah dan pengorbanan para pahlawan pada masa itu patut diteladani dan ditanamkan dalam diri generasi muda.

“Bagi para generasi muda meskipun tidak ikut dalam berperang, namun kami berharap kalian akan menjadi generasi yang berjuang untuk mengangkat dan membanggakan tanah air kita Indonesia,” pesan Erinaldi, dicuplik dari AMC, Minggu (16/6/2024).

Lebih lanjut, Erinaldi mengajak seluruh peserta upacara untuk bersama-sama mendoakan arwah para pahlawan sebagai tanda terima kasih atas perjuangannya.

“Saat ini kita belum bisa memberikan balasan bagi para pahlawan, hanya doa yang dapat kita kirimkan sebagai bentuk ucapan terimakasih dari lubuk hati yang paling dalam. Semoga, semua pengorbananya diterima Allah sebagai amal ibadah,” ucapnya.

Upacara yang berlangsung khidmat ini diakhiri dengan penampilan marching band dari para praja muda IPDN, semakin menyemarakkan momen peringatan Perang Manggopoh ke-116 dan mengantarkan semangat juang para pahlawan kepada generasi penerus.

Peringatan Perang Manggopoh diharapkan dapat menjadi momentum pemersatu bangsa dan membangkitkan semangat juang para generasi muda untuk membangun Indonesia yang lebih gemilang. (*/Yh)

Tag:

Baca Juga

Pj Wali Kota Payakumbuh Suprayitno melepas secara resmi keberangkatan logistik untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD
Lepas Pendistribusian Logistik PSU DPD, Pj Wako Payakumbuh Imbau Warga Gunakan Hak Pilih
Pemko Padang Serahkan Ambulans dan Motor Dukung Mobilitas PMI
Pemko Padang Serahkan Ambulans dan Motor Dukung Mobilitas PMI
PKS dan Partai Gerindra resmi mengusung pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Vasko Ruseimy pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2024.
Deklarasi Pasangan Mahyeldi-Vasko, Ini Penjelasan PKS
Sampaikan KUA-PPAS APBD 2025, Pemko Padang Targetkan Pendapatan Rp2,62 Triliun
Sampaikan KUA-PPAS APBD 2025, Pemko Padang Targetkan Pendapatan Rp2,62 Triliun
Intelektual Muda Kota Solok Selenggarakan Kick Off Gagasan Solok Maju
Intelektual Muda Kota Solok Selenggarakan Kick Off Gagasan Solok Maju
Pj Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra melepas pendistribusian logistik Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD Kantor KPU Padang Panjang
KPU Padang Panjang Distribusikan Logistik PSU DPD RI ke 196 TPS