Gubernur Mahyeldi Apresiasi Kinerja PT Jamkrida Sumbar, Laba Bersih Rp8,2 Miliar Atau 122 Persen dari Target

Gubernur Mahyeldi Apresiasi Kinerja PT Jamkrida Sumbar, Laba Bersih Rp8,2 Miliar Atau 122 Persen dari Target

RUPS PT Jamkrida Sumbar. (Foto: ist)

Langgam.id - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumatera Barat (Sumbar) berhasil memperoleh capaian target terbaiknya pada 2023.

"Dari hasil capaian peroleh oleh Jamkrida Sumbar tahun 2023 lalu, itu bisa kita katakan memuaskan," kata Asisten Perekonomian dan Pembagunan Pemprov Sumbar, Arry Yuswandi, Selasa (5/3/2024) lalu.

Arry mengungkapkan dari seluruh target yang diterapkan Jamkrida Sumbar, mencapai 100 persen lebih. Pencapaian ini merupakan yang terbaik sejak awal berdiri.

"Diskusi kami dengan direksi juga bahwa perolehan atau capaian didapat 2023 sudah capaian terbaik sepanjang sejak Jamkrida berdiri. Berdiri sejak tahun 2013," ungkapnya.

"Kemudian memang kami berharap terus tumbuh dan berkembang ini," sambung Arry.

Ia menegaskan pemerintah provinsi akan terus berkomitmen untuk mensupport agar Jamkrida Sumbar semakin kuat.

"Maka di tahun 2024 ini kami sedang mengupayakan badan hukumnya menjadi perseroda. Dan kami sedang persiapkan Perda terkait Perseroda ini. Naskah akademis sudah, kami sudah koordinasi Kanwil Kemenkumham agar proses lebih cepat," bebernya.

Terkait penambah modal, lanjut Arry, pemerintah provinsi akan terus berusaha mendorong sesuai dengan kemampuan APBD.

"Ada peluang kita berikan penambahan modal. Pemerintah juga punya PR untuk meningkatkan PAD," ujarnya.

Ia berharap perusahaan penjamin milik BUMD ini terus meningkat. "Banyak usaha, masyarakat terjamin dengan Jamkrida. Mudah-mudahan bisa kita kembangkan lagi bersama Bank Nagari," kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Jamkrida Sumbar, Ibnu Fadhli mengaku sangat bersyukur dengan capaian perusahaan yang dipimpinnya tersebut.

"Alhamdulillah tahun ini luar biasa, ya. Kalau dari sisi bisnis kami hampir semua target di atas 100 persen. Untuk laba 122 persen capaian tahun 2023," kata Ibnu.

Lampiran Gambar

Ia membeberkan, Jamkrida Sumbar telah mencatat sebanyak 115 ribu yang terjamin, naik dibandingkan tahun lalu yakni 131 ribu terjamin.

"Solusi Jamkrida sebagai penyokong pertumbuhan UMKM. Jadi UMKM yang sulit mendapatkan permodalan dari bank, dengan jaminan Jamkrida bank akhirnya ingin memberikan," jelasnya.

Ibnu menambahkan, secara total Jamkrida Sumbar telah menjamin 12 triliun lebih. Untuk target 2024 adalah 3,6 triliun dengan jumlah terjamin sekitar 36 ribu.

"Program unggulan di 2024 ini kami ingin memperluas mitra kerja sama. Selama ini masih Bank Nagari dan BPR, dan alhamdulilah dengan Bank konvensional, BSI dalam proses BNI, BRI dan lainnya. Sehingga cakupan Jamkrida Sumbar luas," pungkasnya. (*/Fs)

Baca Juga

Panitia seleksi mengumumkan hasil uji kelayakan dan kepatutan (UKK) Calon Komisaris Independen PT Jamkrida Sumbar Periode 2024-2027.
5 Calon Komisaris Independen PT Jamkrida Sumbar Bakal Ikuti Tahapan Wawancara
Panitia seleksi mengumumkan hasil uji kelayakan dan kepatutan (UKK) Calon Komisaris Independen PT Jamkrida Sumbar Periode 2024-2027.
5 Bakal Calon Komisaris Independen PT Jamkrida Sumbar Lulus Seleksi Administrasi, Ini Daftarnya
Panitia seleksi mengumumkan hasil uji kelayakan dan kepatutan (UKK) Calon Komisaris Independen PT Jamkrida Sumbar Periode 2024-2027.
Ini 10 Bakal Calon Komisaris Independen PT Jamkrida Sumbar yang Lulus Tahap Awal
Dua pelaku pencurian yang pada medio Maret 2024 lalu berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Payakumbuh pada Senin (15/4/2024) sekitar pukul
Kupak Rumah Warga, Dua Pria Diringkus Polres Payakumbuh
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD Pemprov Sumatra Barat usai libur Lebaran 1445
Pascalibur Lebaran, Tingkat Kehadiran Pegawai Pemprov Sumbar 98 Persen
BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman, memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan di Sumatra Barat akan diwarnai
BMKG Prakirakan Sumbar Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir Sepekan ke Depan