Gubernur BI Tunjuk Endang Kurnia Saputra Jadi Kepala BI Sumbar

Gubernur BI Tunjuk Endang Kurnia Saputra Jadi Kepala BI Sumbar

Endang Kurnia Saputra. (Foto: Infopublik)

Langgam.id - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menunjuk dan melantik Endang Kurnia Saputra sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Barat menggantikan Wahyu Purnama A yang kembali bertugas di kantor pusat.

Endang sebelumnya menjabat Deputi Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta. Sebelum itu, ia juga pernah menjabat Kepala Group Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Sulawesi Selatan, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu.

Ia bersama 25 pejabat baru Bank Indonesia lainnya dilantik oleh Gubernur BI pada Rabu (4/1/2023).

Dari 26 pemimpin baru Bank Indonesia itu, terdiri dari tujuh orang Pemimpin Satuan Kerja (Satker) di Kantor Pusat dan 18 Pemimpin Kantor Perwakilan serta satu Staf Ahli Dewan Gubernur.

Perry mengatakan penetapan pemimpin baru di Bank Indonesia merupakan elemen transformasi organisasi dan sumber daya manusia yang dilakukan secara konsisten untuk memperkuat efektivitas organisasi dan pelaksanaan tugas Bank Indonesia.

Menurutnya, ada dua kunci kekuatan kelembagaan, yakni kekuatan kepemimpinan atau sumber daya manusia dan teknologi yang meliputi IT dan digitalisasi. Untuk mewujudkannya, para Pemimpin di Bank Indonesia perlu mengasah kepemimpinan dan memiliki pandangan strategis ke depan (strategic foresight).

"Seluruh jajaran pimpinan perlu menghadapi setiap dinamika yang terjadi di tahun ini, termasuk mengoptimalkan arah kebijakan Bank Indonesia untuk stabilitas dan pertumbuhan," katanya, dikutip langgam, Kamis (5/1/2023).

Informasi yang diterima langgam dari kantor BI perwakilan Sumbar bahwa serah terima jabatan dari kepala sebelumnya Wahyu Purnama A kepada pejabat baru Endang Kurnia Saputra bakal dilakukan pada minggu ketiga atau keempat Januari ini. (*FS)

Baca Juga

Presiden Joko Widodo (Jokowi)) memerintahkan Kementerian PUPR untuk menambah jumlah sabo dam di Sumatra Barat (Sumbar). Hal itu dilakukan untuk mencegah bencana banjir bandang
Butuh 56 Sabo Dam Atasi Banjir Lahar Dingin di Sumbar, Jokowi: Sekarang Baru Ada Dua
Jokowi mengatakan, bahwa akibat bencana banjir bandang yang melanda Sumbar beberap waktu lalu, menyebabkan 625 rumah warga mengalami
159 Rumah Rusak Berat Akibat Banjir di Sumbar, Jokowi: Ada 100-an Sudah Setuju untuk Relokasi
Presiden Jokowi Tiba di Ranah Minang
Presiden Jokowi Tiba di Ranah Minang
3 Ton NaCl Disebar di Langit Kota Padang pada TMC Hari Keempat
3 Ton NaCl Disebar di Langit Kota Padang pada TMC Hari Keempat
Pemkab Tanah Datar merilis data update terkini informasi sementara dampak bencana banjir bandang di kabupaten tersebut.
Total Korban Meninggal Galodo Sumbar Menciut Jadi 61 Orang
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
13 Korban di Kawasan Tanah Datar yang Masih Hilang akan Terus Dicari